Wajah Berminyak? Begini Cara Agar Makeup Tetap On Point Sepanjang Hari

Makeup yang mudah bergeser dan luntur sering menjadi masalah bagi mereka dengan kulit wajah berminyak.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 18 Okt 2024, 19:39 WIB
Ilustrasi pelembab wajah (pexels.com/Sora Shimazaki)

Liputan6.com, Jakarta Kulit berminyak sering kali menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang, terutama ketika harus memastikan riasan wajah tetap segar dan tidak mudah luntur sepanjang hari. Jenis kulit ini memiliki kelebihan produksi sebum yang dapat menyebabkan makeup cepat bergeser dan tampak berkilau, sehingga memerlukan perhatian khusus dalam pemilihan produk dan teknik aplikasi.

Mengetahui cara yang tepat untuk mengatasi kulit berminyak dapat membantu Anda menjaga tampilan wajah tetap on point, terlepas dari aktivitas harian yang padat. Memahami jenis kulit Anda adalah langkah pertama yang krusial dalam perawatan wajah dan pemilihan produk makeup. Bagi mereka yang memiliki kulit berminyak, penting untuk memilih produk yang dirancang khusus untuk mengontrol minyak dan memberikan hasil akhir matte.

Selain itu, teknik aplikasi yang tepat dapat membuat perbedaan besar dalam daya tahan makeup. Dengan tips dan trik yang tepat, Anda dapat mengurangi kilap berlebih dan memastikan riasan tetap menempel dengan baik, memungkinkan Anda tampil percaya diri sepanjang hari, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum'at(18/10/2024).


Make Up untuk Kulit Berminyak

Jaga kelembapan wajah Anda, tidak peduli jenis kulit yang Anda miliki. (Foto: Pexels/Greta Hoffman)

1. Gunakan primer 

Jika Kamu memiliki kulit wajah yang berminyak, biasanya makeup akan cepat luntur di siang hari. Oleh karena itu, sebelum mengaplikasikan foundation,  Kamu dapat menggunakan primer terlebih dahulu. Primer dapat membuat wajah terlihat lebih halus, mengurangi minyak berlebih, dan menjaga makeup agar bertahan lebih lama. Setelah menggunakan pelembap dan sunscreen, Kamu dapat mengaplikasikan primer di seluruh wajah atau hanya di area yang berminyak.

2. Gunakan powder foundation

Dengan kulit wajah yang berminyak,  kamu memerlukan foundation dengan hasil akhir yang matte. Dibandingkan dengan jenis foundation lainnya, powder foundation dapat mencegah tampilan kulit yang terlalu berminyak. Powder foundation memberikan hasil akhir yang matte, tahan terhadap keringat, dan tidak mudah transfer sepanjang hari.


Tips Menggunakan Make Up untuk Kulit Berminyak

Pilih produk makeup berformula tahan lama untuk memastikan makeup tetap awet sepanjang hari. (Foto: Unsplash/Rosa Rafael)

3. Pilih makeup dengan formula yang awet sepanjang hari

Produk makeup dengan formula yang tahan lama sangat cocok bagi Anda yang memiliki kulit wajah berminyak. Kamu bisa mencari foundation yang ringan dengan coverage medium-to-full yang tahan terhadap keringat, air, dan dapat bertahan hingga 24 jam. Produk lainnya seperti blush dan bronzer juga sebaiknya dipilih yang memiliki formula tahan lama. Dengan demikian, riasan akan lebih tahan lama dan kulit tidak akan terlihat terlalu berminyak.

4. Gunakan setting spray

Setelah menggunakan makeup yang diperlukan, jangan lupa untuk menyelesaikannya dengan setting spray. Setting spray berfungsi untuk mengunci riasan wajah Anda agar tetap awet dan tahan lama. Pengaplikasian setting spray bisa dilakukan dengan menyemprotkannya dalam gerakan "X" dan "T" di wajah agar seluruh bagian wajah terkena setting spray. Dengan menggunakan setting spray, makeup anda akan terlihat tidak berminyak dan tetap flawless.

5. Touch up menggunakan kertas minyak wajah

Kertas minyak wajah atau blotting sheets dapat menyerap minyak di wajah tanpa merusak riasan yang sudah ada. Kertas minyak wajah ini sangat praktis karena ukurannya yang kecil, sehingga mudah dimasukkan ke dalam tas. Selain itu, kertas minyak wajah ini juga bisa langsung dibuang setelah digunakan. Dengan menggunakan kertas minyak wajah, wajah Kamu akan tetap terlihat tidak berminyak dan riasan tetap terjaga.

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya