Rahasia Sehat, 4 Resep Jus untuk Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Cobalah 4 resep jus berikut untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh Anda.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 03 Okt 2024, 12:36 WIB
Cara membuat jus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (Foto: Freepik/rrvachov)

Liputan6.com, Jakarta Sistem kekebalan tubuh yang kuat adalah kunci untuk menjaga kesehatan dan melawan berbagai penyakit. Salah satu cara efektif untuk mendukung sistem kekebalan tubuh adalah dengan mengonsumsi jus yang kaya akan nutrisi penting. Jus yang terbuat dari buah-buahan dan sayuran segar dapat memberikan asupan vitamin, mineral, dan antioksidan yang diperlukan oleh tubuh untuk berfungsi secara optimal.

Selain itu, jus juga mudah diserap oleh tubuh sehingga nutrisi bisa langsung dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Resep jus berikut ini sarat dengan nutrisi penting untuk kesehatan sehari-hari atau untuk melawan virus.

Dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan, Anda dapat membuat jus yang tidak hanya lezat tetapi juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  Mulai dari vitamin C yang berlimpah dalam buah jeruk hingga antioksidan kuat dalam sayuran hijau, setiap resep ini dirancang untuk memberikan dorongan kesehatan yang Anda butuhkan, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(3/10/2024).


1. Jeruk, Wortel, dan Apel Hijau

Minuman jus dari kombinasi apel, wortel, dan jeruk. (Foto: Freepik/stockking)

Apel, wortel, dan jeruk merupakan kombinasi optimal untuk membantu tubuh anda dalam melindungi diri serta melawan infeksi. Apel dan jeruk menyediakan vitamin C. Wortel mengandung antioksidan beta karoten dan vitamin A yang juga penting bagi sistem kekebalan tubuh yang sehat. Selain itu, wortel mengandung vitamin B6, yang berperan penting dalam proliferasi sel kekebalan dan produksi antibodi.


2. Tomat

Minuman jus tomat. (Foto: Freepik/azerbaijan_stockers)

Untuk memastikan jus tomat agar tetap segar dan bebas dari bahan tambahan, cara terbaik adalah dengan membuatnya sendiri. Kamu tidak memerlukan pembuat jus atau blender, meskipun bisa menggunakan saringan jika ingin menyaring potongan-potongannya.

Tomat mengandung vitamin B9, atau folat, yang berperan penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh. Selain itu, tomat juga menyediakan sedikit magnesium dan memiliki sifat antiinflamasi.


3. Buah Stroberi dan Mangga

Minuman jus dari kombinasi stroberi dan mangga. (Foto: Feel Good Foodie)

Stroberi dan mangga adalah pilihan sehat untuk memenuhi keinginan makan siang Anda. Resep ini menggunakan buah beku, yang memiliki kandungan nutrisi setara dengan buah segar. Vitamin C dari stroberi dan vitamin E dari mangga memberikan manfaat antioksidan tambahan yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.


4. Mint dan Buah Semangka

Minuman semangka dengan daun mint. (Foto: Freepik)

Semangka mengandung banyak vitamin C dan arginin yang dapat memperkuat sistem imun tubuh anda. Tingginya kandungan air dalam buah ini juga membuatnya mudah diolah menjadi jus. Daun mint mengandung fosfor, kalsium, serta berbagai vitamin seperti C, D, E, dan A yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Anda juga bisa mencampur jus semangka dengan jus buah lainnya, seperti apel atau jeruk, yang mungkin tidak memiliki banyak vitamin A.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya