Trik Efektif Mengurangi Rasa Asin Pada Ikan Asin, Solusi Tanpa Koran

Rasa asin pada ikan asin akan berkurang drastis meski tidak dibungkus koran. Ini solusinya.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 25 Okt 2024, 20:19 WIB
Ikan hasil tangkapan nelayan dimasukkan ke dalam keranjang bambu di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Palangpang, Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat, (23/9). Pembeli dapat langsung membeli ikan di pinggir pantai dengan harga yang murah. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta Ikan asin adalah salah satu hidangan yang digemari banyak orang karena cita rasanya yang khas dan gurih. Namun, terkadang rasa asin yang terlalu kuat dapat mengurangi kenikmatan saat menyantapnya.

Banyak orang mencari cara untuk mengurangi kadar asin pada ikan asin agar lebih seimbang dan sesuai selera. Salah satu metode yang cukup populer adalah dengan membungkus ikan asin dengan koran, namun cara ini bisa jadi kurang praktis atau tidak selalu tersedia. Beruntungnya, ada trik lain yang lebih sederhana dan efektif untuk mengurangi rasa asin pada ikan asin tanpa perlu menggunakan koran.

Trik ini dibagikan oleh seorang pengguna Instagram, @luthfianisahan, yang menawarkan solusi praktis dan mudah diikuti. Dengan metode ini, Anda dapat menikmati ikan asin dengan rasa yang lebih lembut dan tetap menjaga kelezatan hidangan tersebut, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum'at (25/10/2024).


1. Hindari Membungkus dengan Koran

Hindari Membungkus dengan Koran, Begini Cara Praktis Kurangi Rasa Asin pada Ikan Asin (Instagram/@luthfianisahan)

Warganet di Instagram dengan tegas menyarankan untuk tidak memakai koran sebagai pembungkus ikan asin. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan ikan asin membuat koran basah, yang dapat menyebabkan tinta koran luntur dan berpotensi menimbulkan risiko kanker.


2. Rendam dalam Air Panas dan Garam

Hindari Membungkus dengan Koran, Begini Cara Sederhana Mengurangi Rasa Asin pada Ikan Asin (Instagram/@luthfianisahan)

Anda bisa mencoba cara lain dengan merendam ikan asin dalam air panas. Tambahkan sekitar 3 sendok teh garam ke dalam air rendaman, lalu aduk perlahan. Biarkan ikan terendam dalam air tersebut selama 15 menit tanpa ditutup.


3. Cuci Ikan Asin

Jangan Gunakan Koran, Ini Cara Sederhana Mengurangi Rasa Asin pada Ikan Asin (Instagram/@luthfianisahan)

Setelah direndam selama 15 menit, air rendaman akan menjadi sedikit keruh. Pada tahap ini, ikan asin bisa langsung dibilas dengan air bersih. Untuk memastikan kebersihannya, ikan asin dapat dibilas hingga 2-3 kali.


4. Keringkan Ikan Asin

Hindari membungkus dengan koran, begini cara mudah mengurangi rasa asin pada ikan asin (Instagram/@luthfianisahan)

Setelah dicuci, ikan asin bisa langsung ditiriskan. Kini, kadar garam pada ikan sudah berkurang secara signifikan. Oleh sebab itu, ikan asin siap untuk dimasak dengan berbagai bumbu dan tumisan.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya