Cara Pintar Menjalani Diet, Nikmati Makanan Sehat Tanpa Rasa Lapar

Mari bersama ketahui jenis-jenis makanan yang mengenyangkan namun tetap rendah kalori!

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 15 Okt 2024, 15:39 WIB
Menu diet dirancang dengan menekankan pada makanan bergizi tinggi, sehingga dapat memberikan rasa kenyang. (Foto: Pexels/Mikhail Nilov)

Liputan6.com, Jakarta Menu diet sering kali diasosiasikan dengan porsi yang kecil dan tampak tidak cukup mengenyangkan. Banyak orang yang ragu untuk mencoba menu diet karena beranggapan bahwa mereka tidak akan merasa kenyang atau mendapatkan nutrisi yang cukup untuk kebutuhan tubuh mereka.

Padahal, menu diet bisa diatur sedemikian rupa agar tetap mengenyangkan meskipun rendah kalori dan lemak. Jika ingin mengonsumsi makanan diet yang rendah lemak, Kamu dapat memusatkan perhatian pada jenis-jenis makanan yang rendah kalori namun tetap mengenyangkan.

Dengan memilih jenis makanan tersebut, Kamu tidak perlu khawatir akan merasa lapar sepanjang hari. Menurut Mayo Clinic, berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa diprioritaskan agar tetap kenyang meskipun menjalani menu diet rendah lemak, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(15/10/2024).


1. Sayuran

Sayuran mengandung serat tinggi dan kalori rendah, membuat perut kenyang tanpa khawatir. (Foto: Pexels/ROMAN ODINTSOV)

Kebanyakan sayuran memiliki kalori yang rendah, tetapi mereka sangat padat. Sayuran mengandung air dan serat yang akan membuat perut merasa kenyang tanpa menambah kalori. Kamu bisa menikmati salad sayuran hijau, asparagus, wortel, tomat, brokoli, atau zucchini.

Kamu bisa menambahkan lebih banyak sayuran ke dalam menu diet rendah lemak, seperti menggunakan sayuran sebagai topping untuk pasta tomat. Kamu juga bisa menjadikan sayuran sebagai camilan atau membuat sandwich yang penuh dengan sayuran. Kurangi konsumsi daging merah dan usahakan untuk menambah porsi sayuran.

 


2. Karbohidrat

Pilihlah karbohidrat dari biji-bijian utuh atau produk olahan biji-bijian utuh untuk mempertahankan rasa kenyang lebih lama. (Foto: Pexels/Magda Ehlers)

Berbagai jenis karbohidrat tersedia dalam bentuk biji-bijian atau produk yang terbuat dari biji-bijian, seperti sereal, nasi, roti, dan pasta. Pilihan terbaik adalah biji-bijian utuh karena kaya akan serat dan berbagai nutrisi penting lainnya. Kamu dapat memilih produk-produk yang terbuat dari biji-bijian utuh.

Kamu bisa mengonsumsi roti gandum utuh, pasta gandum, oatmeal, brown rice, atau sereal dengan biji-bijian utuh. Makanan yang mengandung karbohidrat cenderung membuat tubuh cepat kenyang, jadi perhatikan porsi yang akan dikonsumsi.


3. Buah-buahan

Ilustrasi mangkok penuh dengan buah-buahan. (Foto: Unsplash/Brenda Godinez)

Hampir semua jenis buah-buahan cocok untuk menu diet rendah lemak. Namun, ada beberapa jenis buah yang lebih rendah lemak dibandingkan yang lain. Buah-buahan segar atau beku adalah pilihan yang lebih baik dibandingkan jus buah atau buah kering. Jus buah dan buah kering mengandung lebih banyak kalori, tetapi tidak memberikan rasa kenyang yang sama.

Kamu bisa menambahkan buah-buahan ke dalam menu sarapan, seperti memadukannya dengan oatmeal atau sereal. Cobalah menambahkan potongan buah mangga atau persik di atas roti panggang dengan sedikit selai kacang. Kamu juga bisa menambahkan jeruk ke dalam salad.


4. Protein dan Produk Susu

Ilustrasi Susu Putih (iStockphoto)

Makanan yang mengandung protein dan produk olahan susu bisa berasal dari hewani maupun nabati. Ada beberapa pilihan yang rendah lemak dan kalori, tetapi tetap mengenyangkan. Kamu dapat memilih kacang polong yang kaya akan serat, ikan, produk-produk susu rendah lemak, seperti susu rendah lemak, yogurt, dan keju, serta juga bisa mengonsumsi putih telur.

Dengan mengonsumsi lebih banyak jenis makanan di atas, Kamu akan merasa lebih kenyang meskipun menjalani diet rendah lemak. Tidak perlu berjuang melawan rasa lapar, proses diet akan terasa lebih menyenangkan dan memuaskan!

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya