5 Kebiasaan Sehari-hari untuk Mendorong Kesuksesan dan Produktivitas

Berikut kebiasaan produktif yang bisa membuatmu menjadi pencapai tinggi

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 04 Okt 2024, 13:17 WIB
Berikut adalah tips untuk melacak resolusi Anda agar dapat mencapainya. (Foto: Pexels.com/Thirdman)

Liputan6.com, Jakarta Kesuksesan dan produktivitas sering kali tidak datang secara kebetulan, melainkan hasil dari kebiasaan sehari-hari yang konsisten dan terencana. Banyak orang berprestasi tinggi yang telah menemukan formula mereka sendiri untuk mencapai tujuan, dan salah satu rahasia mereka terletak pada kebiasaan produktif yang mereka terapkan.

Kebiasaan ini tidak hanya membantu mereka mengatur waktu dan energi dengan lebih baik, tetapi juga memungkinkan mereka untuk tetap fokus pada tujuan jangka panjang, meskipun dihadapkan pada berbagai tantangan dan gangguan. Mungkin anda sering bertanya-tanya, apa saja kebiasaan yang dilakukan oleh mereka yang sukses dalam karier dan kehidupan pribadi?

Dengan mengadopsi kebiasaan-kebiasaan ini, akan bisa meningkatkan peluang untuk mencapai hasil yang lebih baik dalam berbagai aspek kehidupan anda. Mari bersama telusuri lebih lanjut lima kebiasaan sehari-hari yang dapat membantu mendorong kesuksesan dan produktivitas, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum'at(4/10/2024).


Kebiasaan yang Wajib Dilakukan

Gambar wanita aktif. Sumber: pexels.com/pixabay

1. Menetapkan Tema Mingguan

Kebiasaan ini diterapkan oleh Jack Dorsey, CEO Square Inc. dan pendiri Twitter Inc., untuk menjalankan strategi perusahaannya. Misalnya, Senin mungkin didedikasikan untuk manajemen dan operasi, Selasa untuk pengembangan dan pengiriman produk, Rabu untuk penjualan dan pemasaran, dan seterusnya.

Menetapkan tema mingguan membantu mempersempit fokus bisnis pada hari tersebut dan meminimalkan aktivitas yang tidak diperlukan sepanjang hari, yang pada akhirnya meningkatkan produktivitas.

 2. Konsentrasi pada Beberapa Aspek

Steve Jobs, salah satu pendiri Apple Inc, mencapai kesuksesan besar dengan berfokus hanya pada beberapa produk. Multitasking terbukti menurunkan produktivitas dan mengurangi konsentrasi. Ada pepatah yang mengatakan, "Multitasking lebih buruk daripada kebohongan." Penelitian juga menunjukkan bahwa otak anda tidak dapat menangani banyak tugas sekaligus dengan baik. Mempersempit fokus dapat menjadi salah satu langkah terbaik untuk meningkatkan produktivitas Anda.

3. Kurangi Penggunaan Kertas

Dalam dekade terakhir, teknologi baru seperti ponsel pintar, tablet, dan aplikasi seluler telah mempermudah pengurangan ketergantungan pada kertas dalam aktivitas bisnis sehari-hari. Sistem tanpa kertas memudahkan penyimpanan dokumen atau file, menyederhanakan proses, dan mengurangi kekacauan serta kebutuhan ruang penyimpanan.


Apa saja Kebiasaan Baik

Rutinitas tidur yang konsisten dan menghindari penggunaan gadget sebelum tidur dapat memberikan tubuh dan pikiran waktu untuk memulihkan diri (Freepik.com)

4. Rehat Sejenak

Penelitian semakin banyak menunjukkan manfaat dari tidur siang singkat setiap hari. Tidur siang singkat selama 20-30 menit adalah cara yang efektif untuk memulihkan energi, menyegarkan pikiran, dan meningkatkan fokus. Ini akan membantu meningkatkan produktivitas, dan beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa tidur siang singkat juga dapat membantu mencegah serangan jantung.

5. Olahraga Secara Teratur

Ini bukanlah konsep baru atau inovatif. Menjaga gaya hidup fisik yang sehat memberikan banyak manfaat. Mempertahankan kebiasaan fisik yang sehat akan menjaga tingkat energi Anda tetap tinggi, meningkatkan kemampuan konsentrasi dan fokus Anda, serta dapat membuat Anda lebih bahagia dan lebih cerdas.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya