Dirjen Bina Pemdes Kemendagri akan Endorse Sumedang untuk Pembinaan Desa di Indonesia

Menurutnya, berbagai kemajuan dan prestasi yang diraih Sumedang bisa menjadi benchmarking untuk desa-desa lain di Indonesia.

oleh Tim News diperbarui 02 Okt 2024, 09:23 WIB
Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri La Ode Ahmad P. Bolombo ketika berkunjung ke Kabupaten Sumedang, Selasa (1/10/2024). (Ist).

Liputan6.com, Jakarta - Sumedang akan menjadi bagian dari pembinaan Kementerian Dalam Negeri kepada seluruh desa di Indonesia yakni sebagai role model. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri La Ode Ahmad P. Bolombo ketika berkunjung ke Kabupaten Sumedang, Selasa (1/10/2024).

"Kami akan endorse kemajuan pemerintahan desa di Kabupaten Sumedang ke seluruh Indonesia," ujarnya di hadapan Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat diterima di Ruang Cakrabuana, Lantai 2 Setda, PPS.

Ia mengaku mendapat masukan tentang Kabupaten Sumedang yang dapat ditularkan ke desa di seluruh Indonesia.

"Tentu dari beberapa sumber yang valid banyak prestasi yang ditorehkan Kabupaten Sumedang. Kami pengampu desa ini ingin melihat lebih dekat dan mendapat masukan langsung dari Pak Bupati," kata Laode.

Menurutnya, berbagai kemajuan dan prestasi yang diraih Sumedang bisa menjadi benchmarking untuk desa-desa lain di Indonesia.

"Contoh tadi ada di Sumedang ini penataan batas desa. Itu sudah seratus persen. Itu capaian sangat luar biasa. Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) juga sudah seratus persen mereka sudah menggunakan aplikasi berbasis digital," tuturnya.

Laode berharap kesiapan sistem yang sudah terbangun di bawah kepemimpinan Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli dan seluruh jajaran bisa terus dipertahankan.

"Karena kemajuan Sumedang ini akan memberi warna kemajuan bagi seluruh Indonesia. Tagline kami 'Desa Bahagia dan Perangkat, 'Dari Sumedang untuk Indonesia'. Jadi 'Desa Bahagia, Jabar Juara, Indonesia Maju'," ujarnya.

Sementara itu, Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli mengucapkan rasa terima kasih atas kepercayaan Dirjen Bina Pemerintahan Desa kepada Kabupaten Sumedang.

"Kami bersyukur kedatangan Pak Dirjen Bina Pemdes Kemendagri. Ini sangat bermanfaat. Mudah-mudahan kalau ini memang akan berjalan. Ini bagian dari prestasi Kabupaten Sumedang. Semoga raihan-raihan desa di Kabupaten Sumedang ini bisa ditularkan ke desa di seluruh Indonesia" kata Yudia.

 


Terus Berupaya Majukan Daerah Indonesia

Menurutnya, sejatinya Kementerian Dalam Negeri sebagai pembina pemerintah daerah, tentu akan terus berupaya memajukan seluruh daerah di Indonesia, termasuk desanya.

"Ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari tata kelola pemerintahan Kabupaten Sumedang yang kolaboratif," ucap Yudia.

Infografis 6 Desa Wisata yang Wajib Dikunjungi (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya