Raja Charles III Buka Restoran Fine Dining di Istana Balmoral, Paketnya Rp5 Juta per Orang Termasuk Tur

Raja Charles III akan meraup 250 poundsterling atau sekitar Rp5 juta per orang yang makan di restoran fine dining yang berlokasi di kastil Balmoral.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 02 Okt 2024, 15:00 WIB
Raja Charles III. (Hollie Adams/Pool Photo via AP, File)

Liputan6.com, Jakarta - Raja Charles III meluncurkan bisnis sampingan baru. Pemimpin tertinggi Inggris itu akan membuka restoran fine dining di kastil Balmoral.

Mengutip dari laman The Sun, Rabu (2/10/2024), ini akan menjadi pertama kalinya warga Inggris dapat merasakan pengalaman bersantap seperti Keluarga Kerajaan di rumah Skotlandia. Raja berusia 75 tahun itu memberi warga Inggris kesempatan untuk bersantap seperti seorang Raja.

Anda dapat merasakan pengalaman bersantap mewah seharga 250 pounsterling atau setara Rp5 juta di Kastil Balmoral. Paket ini juga akan mencakup tur langka ke tempat peristirahatan Yang Mulia di Skotlandia diikuti dengan hidangan tujuh hidangan dengan anggur dan musik live.

Hidangan yang "dikurasi secara khusus" disebutkan terinspirasi oleh masing-masing dari tujuh ruangan yang akan dikunjungi tamu dalam tur kastil. Pengunjung juga akan disambut oleh pemain seruling tradisional saat mereka tiba untuk pengalaman tersebut, yang diumumkan oleh pihak istana kemarin.

Kastil Balmoral dibuka untuk pertama kalinya awal tahun ini, tetapi tidak termasuk makan malam. Tiket pada musim panas seharga 100 pounsterling yang setara Rp2 jutaan hanya untuk tur, atau 150 poundsterling yang setara Rp3 juta termasuk teh sore.

Pengalaman 'Malam di Balmoral' akan tersedia setiap tanggal tujuh sepanjang November dan Desember, dengan sepuluh tempat per malam. Pihak perkebunan yang mengelola menyebutnya tamu yang memesan tempat akan merasakan "pengalaman yang intim dan unik". 


Restoran Baru Didesain Ulang

Raja Charles III dan Ratu Camilla sesaat meninggalkan Clarence House setelah menemui Pangeran Harry seusai ia didiagnosis kanker. (dok. HENRY NICHOLLS / AFP)

Disebutkan, "Bergabunglah dengan kami untuk 'Malam di Balmoral' yang istimewa musim dingin ini. "Saat tiba, Anda akan disambut oleh pemain seruling tradisional sebelum mengikuti Tur Interior Kastil yang eksklusif.

"Setelah tur, Anda kemudian dapat menikmati pengalaman bersantap mewah tujuh hidangan yang dikurasi secara khusus, yang terinspirasi oleh tujuh ruangan yang Anda kunjungi di Tur Interior Kastil," keterangan dalam sebuah promosi. 

Hidangan fine dining juga akan dilengkapi dengan anggur dan musik live. Disebutkan bahwa restoran tersebut baru saja didesain ulang agar bisa menciptakan pengalaman yang berkesan bagi tamunya. 

Sebelumnya, Raja Charles III juga meluncurkan Madu Highgrove Royal Estate, yaitu madu organik yang dikemas dalam toples dari peternakan lebah Kerajaan Inggris. Madu organik itu dijual seharga 25 poundsterling atau setara Rp520 ribu per toples. 

Mengutip The Sun, Rabu, 3 Juli 2024, madu tersebut akan dijual dalam toples ukuran 350 gram. Diketahui mantan kapten Inggris David Beckham yang juga memelihara lebah, sempat memberi Raja Charles sebotol madu miliknya di sebuah acara tahun lalu.


Raja Charles III Jual Madu Organik

Salah satu tugasnya, adalah memegang ujung jubah kebesaran Raja Charles III. (Jamie Lorriman/Pool Photo via AP) 3

 

Mereka bertemu lagi bulan lalu di Highgrove Estate di Cotswolds sebelum Beckham menjadi duta The King’s Foundation. Beckham (49) saat itu mengatakan, "Sangat menginspirasi mendengar dari Raja tentang pekerjaan Yayasan Yang Mulia selama kunjungan saya baru-baru ini ke Highgrove Gardens dan membagikan bagaimana tips beternak lebah."

Sebelumnya diberitakan, mantan bintang sepak bola ini pernah membahas kecintaannya terhadap peternakan lebah di depan umum. Serial dokumenter Netflix pada 2023 "Beckham" dimulai dengan tayangan ketika dia memanen madu ke dalam stoples selai tua.

Highgrove dalam tayangan iklannya menyebut, "Madu Royal Estate Organik Highgrove yang sangat lembut ini sangat ideal untuk roti panggang dan suguhan sarapan."

Madu itu dihasilkan dari serbuk sari yang dikumpulkan oleh banyak sekali lebah yang semuanya tinggal di sarang lebah tradisional Inggris. Madunya dipesan secara eksklusif di perkebunan, dengan setiap sarang memiliki desain spesifiknya sendiri dan membutuhkan waktu hampir satu tahun untuk menghasilkan madu tersebut. 


Jadi Wisata Kerajaan

Raja Charles dan David Beckham dalam sebuah acara. (Dok: Kirsty Wigglesworth / POOL / AFP)

Disebutkan bahwa lebah di musim semi bekerja di pagar tanaman Highgrove Gardens dan pada akhir Juni sampai awal Juli, mencari makan di antara kebun yang dipenuhi pohon jeruk nipis. "Madu organik yang lembut dapat menjadi hadiah gourmet yang luar biasa bagi pecinta makanan dengan rasa jeruk nipisnya yang khas," keterangan promosi dari Madu King Charles Highgrove Royal Estate.

Dari laman resminya, Rabu, 3 Juli 2024, Highgrove Garden merupakan kediaman pribadi Yang Mulia Raja Charles III dan Ratu Camilla, lokasinya berada dekat Tetbury di Gloucestershire. Sejak tahun 1980, ketika Yang Mulia Raja pertama kali tiba di Highgrove, dia telah mencurahkan banyak energi untuk mengubah taman di sekitar rumah yang terkenal sebagai salah satu taman paling inspiratif dan inovatif di Inggris. 

Taman ini dibuka umum, sejak bulan Maret hingga Oktober setiap tahunnya. Raja Charles dan Ratu Camilla menyambut publik untuk bergabung dengan salah satu pemandu ahli Highgrove dalam tur untuk menemukan sejarah, inspirasi, dan pengelolaan organik unik di balik rangkaian taman yang luar biasa di Highgrove.

Infografis Raja Charles III Didiagnosis Idap Kanker. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya