Ingin Sehat dan Ramping? Ini Rekomendasi Menu Diet 7 Hari Penurun Berat Badan

Merencanakan menu diet yang terstruktur dapat membantu kamu mempelajari dan memahami dasar-dasar pola makan seimbang.

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 25 Okt 2024, 14:48 WIB
Ilustrasi program diet (Pphoto created by rawpixel.com on www.freepik.com)

Liputan6.com, Jakarta Makan sehat sebenarnya tidak perlu rumit, tetapi mungkin belum menjadi kebiasaan bagi semua orang. Namun, kamu bisa mempelajarinya, dan setelah terbiasa dengan pola makan seimbang, kamu akan mengenali makanan yang paling bermanfaat bagi kesehatan dan yang mengandung nutrisi penting. Ini penting untuk mendukung energi dan sistem kekebalan tubuh, serta dapat dijadikan program diet untuk menurunkan berat badan.

Jika tujuan kamu adalah menurunkan berat badan, kamu bisa memulainya dengan cara yang sehat dan mengkonsumsi 1.200 kalori setiap hari. Walaupun 1.200 kalori bisa pas untuk beberapa orang, bagi sebagian besar orang jumlah ini mungkin terlalu sedikit. Merencanakan menu diet yang terstruktur dapat membantu kamu mempelajari dan memahami dasar-dasar pola makan seimbang.

Mengikuti rencana makan mungkin lebih mudah dari yang kamu bayangkan. Dengan sedikit perencanaan dan persiapan sebelumnya, kamu bisa mengurangi stres di minggu yang sibuk dan merasa lebih puas.

Berikut adalah rekomendasi menu diet selama 7 hari yang dilansir Liputan6.com dari EatingWell, Jumat (25/10/2024). 


Diet Hari Pertama

Oatmeal pisang dicampur dengan kacang panggang. (Foto: Freepik/naumenkooleksandra)

Kamu dapat menikmati 1 cangkir oatmeal pisang dengan tambahan kacang panggang, serta 1 buah apel dengan ukuran sedang. Sarapan ini mengandung total 271 kalori. Menjelang siang, kamu bisa mengonsumsi jeruk clementin sebagai camilan yang memiliki 35 kalori.

Jika merasa lapar, nikmatilah 1 porsi sandwich sayuran dengan hummus yang totalnya mengandung 325 kalori. Hummus terbuat dari kacang dan wijen yang dihaluskan dan dicampur dengan minyak zaitun, yang bisa digunakan sebagai selai atau saus untuk sandwich.

Di sore hari, kamu dapat mengonsumsi 1 buah pisang berukuran sedang sebagai camilan yang mengandung 105 kalori. Pada malam hari, kamu bisa menikmati 1 porsi ayam fajita dengan ½ mangkuk nasi merah. Porsi makan malam ini memiliki total 468 kalori.


Diet Hari Kedua

Burger sayuran sebagai pilihan makan malam. (Foto: Freepik/KamranAydinov)

Di hari kedua, kamu dapat menikmati sarapan berupa 1 cangkir oatmeal dengan pisang dan kacang panggang, serta 1 apel sedang. Sarapan ini mengandung total 271 kalori. Kemudian, menjelang siang, kamu bisa mengonsumsi 1 ons keju cheddar dan 1 telur rebus dengan total 192 kalori.

Untuk makan siang, pilihlah 1 mangkuk taco kembang kol yang memiliki 344 kalori. Sambil menunggu waktu makan malam, kamu bisa mengonsumsi 1 jeruk clementin yang mengandung 35 kalori. Pada malam hari, Sahabat Fimela dapat menikmati 1 porsi burger sayuran dan chickpea dengan saus tahini ranch. Makan malam ini mengandung 373 kalori.


Diet Hari Ketiga

Jeruk clementin sebagai camilan siang. (Foto: Freepik/azerbaijan_stockers)

Di hari ketiga, kamu dapat menikmati sarapan berupa 1 porsi oatmeal pisang dengan campuran kacang panggang, serta 1 buah apel sedang yang totalnya mengandung 271 kalori. Untuk camilan sebelum makan siang, kamu bisa memakan 2 buah jeruk clementin dengan total 70 kalori.

Saat makan siang, nikmati 1 mangkuk taco kembang kol dengan total 344 kalori. Menjelang malam, kamu dapat mengonsumsi 1 buah pisang sedang yang memiliki 105 kalori. Pada makan malam, nikmati 1 porsi kue salmon dengan 2 cangkir bayam yang totalnya mengandung 401 kalori.


Diet Hari Keempat

Salad ayam sebagai hidangan makan malam. (Foto: Freepik/azerbaijan_stockers)

Di hari keempat, kamu dapat menikmati sereal yang dicampur dengan kacang-kacangan dan buah-buahan kering yang memiliki 287 kalori. Selanjutnya, kamu bisa mengonsumsi satu buah jeruk clementin dengan 35 kalori sebagai camilan. Untuk makan siang, kamu bisa memilih satu mangkuk taco kembang kol yang mengandung 344 kalori.

Sambil menunggu waktu makan malam, kamu bisa ngemil ½ cangkir buah raspberry yang berisi 32 kalori. Saat makan malam, kamu dapat menikmati satu porsi selada ayam dan mentimun dengan saus kacang yang totalnya 521 kalori.


Diet Hari Kelima

Telur rebus sebagai camilan siang. (Foto: Freepik/azerbaijan_stockers)

Di hari kelima, kamu bisa menikmati sereal yang dicampur dengan kacang-kacangan dan buah-buahan kering dengan total 287 kalori. Menjelang siang, kamu bisa mengonsumsi setengah ons keju cheddar dan satu butir telur rebus dengan total 135 kalori.

Untuk makan siang, kamu dapat menyantap satu mangkuk taco kembang kol dengan total 344 kalori. Sedangkan untuk makan malam, kamu bisa menikmati pasta pangsit dengan artichoke panggang dan campuran minyak zaitun yang mengandung 454 kalori.


Diet Hari Keenam

Menu makan siang dengan sandwich sayuran. (Foto: Freepik/EyeEm)

Pada hari keenam, kamu dapat menikmati sereal yang dicampur dengan kacang-kacangan dan buah-buahan kering yang mengandung 287 kalori. Untuk camilan, kamu bisa mengambil 1 buah apel sedang yang memiliki 95 kalori. Di siang hari, nikmatilah 1 porsi sandwich sayuran dengan hummus yang totalnya 325 kalori. Hummus terbuat dari kacang-kacangan dan wijen yang dihaluskan dan dicampur dengan minyak zaitun, yang bisa digunakan sebagai selai atau saus untuk sandwich.

Sambil menunggu waktu makan malam, kamu bisa menikmati 1 butir telur rebus sebagai camilan yang mengandung 77 kalori. Saat makan malam, kamu bisa mengonsumsi 1 porsi kari ubi jalar dan sup kacang, ditambah 1 iris roti baguette dengan total 405 kalori.


Diet Hari Ketujuh

Paprika isi telur cocok untuk sarapan diet sehat. (Foto: Freepik/sunvic)

Untuk sarapan di hari ketujuh, kamu dapat menikmati 1 porsi paprika isi telur dengan saus alpukat yang mengandung 285 kalori. Saat makan siang, kamu bisa memilih 1 porsi kari ubi jalar dan sup kacang dengan total 345 kalori.

Menunggu makan malam, kamu dapat mengonsumsi 1 cangkir raspberry dan 1 ons cokelat hitam yang memiliki 220 kalori. Kemudian, untuk makan malam, nikmati 1 porsi pasta dengan saus bayam dan artichoke panggang yang mengandung 371 kalori.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya