Ahli Jantung Ungkap Hal Buruk yang Kerap Dilakukan Penderita Hipertensi

Pentingnya memantau tekanan darah Anda terletak pada potensi kondisi tersebut untuk secara signifikan meningkatkan risiko masalah kesehatan yang serius

oleh Sulung Lahitani diperbarui 02 Okt 2024, 16:05 WIB
Ilustrasi Pemeriksaan pada Lansia Credit: pexels.com/Gunjan

Liputan6.com, Jakarta Tekanan darah tinggi berarti tekanan darah Anda secara konsisten terlalu tinggi, memaksa jantung Anda bekerja lebih keras dari yang seharusnya.

Menurut Blood Pressure UK, sekitar satu dari tiga orang dewasa di Inggris menderita kondisi ini. Ahli jantung Dr. Ernst von Schwarz, penulis The Secrets of Immortality, memperingatkan dalam sebuah wawancara dengan Parade: "Hal terburuk yang dapat dilakukan seseorang jika mereka memiliki tekanan darah tinggi adalah tidak menganggap tekanan darah tinggi cukup serius."

"Orang mungkin berkata, 'Tidak sakit, jadi mengapa saya harus peduli?'" Akibatnya, ia menyebutnya sebagai 'pembunuh diam-diam', karena merusak semua pembuluh darah, jantung, otak, dan ginjal kita jika tidak diobati. 

Dr. Cheng-Han Chen, seorang ahli jantung intervensional, yang juga berbicara dengan Parade menyuarakan sentimen ini.

"Hal terburuk yang dapat dilakukan seseorang dengan tekanan darah tinggi adalah tidak memantaunya secara teratur," saran dokter tersebut. Baik Anda membeli manset tekanan darah di rumah atau mengukur tekanan darah Anda di kantor dokter umum, sangat penting untuk memantau kadar tekanan darah Anda jika Anda menderita hipertensi.

Dr Chen menjelaskan bahwa hal ini dapat memberikan kesempatan untuk mengambil pendekatan proaktif guna memantau bagaimana pilihan gaya hidup Anda, seperti olahraga dan diet, memengaruhi hasil tekanan darah Anda. Memantau tekanan darah Anda secara teratur dapat membantu dokter Anda dalam memutuskan apakah dan kapan harus menyesuaikan pengobatan Anda, lapor Express.

Pentingnya memantau tekanan darah Anda terletak pada potensi kondisi tersebut untuk secara signifikan meningkatkan risiko masalah kesehatan yang serius, termasuk serangan jantung dan stroke. Seiring waktu, tekanan yang diberikan oleh tekanan darah tinggi pada pembuluh darah dan jantung Anda dapat menyebabkan otot jantung melemah dan menjadi kurang efisien.

Yang mengkhawatirkan, proses ini tidak memicu tanda-tanda peringatan apa pun, membuat Anda sama sekali tidak menyadari terjadinya hal tersebut. Dr Chen memperingatkan bahwa hipertensi bukan hanya ancaman bagi kesehatan kardiovaskular Anda. 

 


Penting untuk menjaga tekanan darah dalam kisaran yang sehat

Ilustrasi kontrol tekanan darah. Credits: pexels.com by Pavel Danilyuk

Dokter tersebut menyatakan: "[Hipertensi] juga dapat menyebabkan masalah di seluruh tubuh seperti gagal ginjal, kehilangan penglihatan, gangguan kognitif, demensia, dan disfungsi seksual." 

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga tekanan darah Anda dalam kisaran yang sehat. Modifikasi gaya hidup untuk mengurangi tekanan darah tinggi meliputi penerapan pola makan sehat dan olahraga teratur, yang dapat membantu menjaga tekanan darah Anda tetap terkendali.

NHS menyarankan untuk mengikuti pola makan rendah lemak, tinggi serat, dan kaya buah serta sayuran segar. Namun, Anda juga harus membatasi asupan garam tidak lebih dari enam gram per hari, karena bumbu dapur umum ini dianggap sebagai "penyebab terbesar" tekanan darah tinggi, menurut Blood Pressure UK.

Meskipun olahraga dapat meningkatkan tekanan darah Anda untuk sementara, aktivitas fisik teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda, kata layanan kesehatan tersebut. Menghentikan kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol serta kafein dalam jumlah sedang juga dapat bermanfaat.


5 Cara Alami Atasi Asam Urat, Ampuh Hilangkan Bengkak dan Rasa Nyeri

Ilustrasi Penyakit Asam Urat Pada Kaki Credit: unsplash.com/Kris

Asam urat adalah penyakit peradangan yang menyebabkan sendi dan sekitarnya menjadi bengkak dan terasa panas. Asam urat dapat menyerang sendi kaki, lutut, bahkan tangan Anda.

Mereka yang punya riwayat asam urat ketika menyerang akan terasa seperti sakit dan sulit untuk digerakan. Hal ini menyebabkan aktivitas menjadi terhambat.

Kadar normal asam urat dalam tubuh memiliki ukuran masih-masih bagi pria dan wanita. Kadar normal untuk pria yaitu kisaran antara 3,4 hingga 7,0 miligram per desiliter. Sementara itu, untuk perempuan kisaran kadar normalnya sekitar 2,4 hingga 6,0 miligram per desiliter.

Jika kadar asam urat Anda di luar dari ukuran tersebut artinya Anda memiliki riwayat penyakit asam urat. Asam urat dapat diatasi dengan berbagai cara seperti yang dilansir dari Rupa Health, Senin (30/09/20240) berikut ini.

Selengkapnya...


5 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan, Cegah Kanker Hingga Atasi Sembelit

ilustrasi lemon/copyright unsplash/Caroline Attwood

Buah lemon dikenal dengan rasa asamnya yang menyegarkan. Meskipun jarang dikonsumsi secara langsung, lemon sering digunakan sebagai pelengkap dan penyedap dalam berbagai hidangan.

Tak jarang, lemon juga dijadikan hiasan yang akhirnya hanya dibuang. Namun, tahukah Anda bahwa mengonsumsi lemon secara rutin dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan?

Lemon kaya akan vitamin dan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi risiko penyakit berbahaya. Salah satu manfaat utamanya adalah kemampuannya dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan rutin mengonsumsi lemon, Anda dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Selain itu, lemon juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam lemon dapat membantu mencerahkan kulit, mengencangkan, dan mencegah tanda-tanda penuaan.

Oleh karena itu, ketahui manfaat lemon bagi kesehatan tubuh, seperti dilansir dari Kennedy Club, Selasa (1/10/2024):

Selengkapnya...

Infografis jantung kemkes

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya