Ziarah ke Makam Zainuddin MZ, Pramono Anung Kenang Andilnya Dirikan Bamusi PDIP

Pramono Anung mengaku mempunyai hubungan yang panjang dengan KH Zainuddin MZ. Dia pun mengenang ciri khas Zainuddin MZ yakni suara dan gaya bicaranya yang banyak ditirukan orang pada zamannya.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 02 Okt 2024, 17:04 WIB
Cagub Jakarta nomor urut 3 Pramono Anung berziarah ke makam dai kondang KH Zainuddin MZ. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur Daerah Khusus Jakarta nomor urut 3 Pramono Anung mengenang kembali sosok dai kondang KH Zainuddin Hamidi atau lebih dikenal dengan panggilan KH Zainuddin MZ.

Dia mengatakan, salah satu jasa beliau yang tak banyak diketahui orang. Pramono ungkap, Zainuddin MZ turut andil dalam mendirikan Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) PDI Perjuangan (PDIP).

Hal itu disampaikan Pramono Anung usai berziarah ke makam Kiyai H Zainuddin MZ di Masjid Fajrul Islam, Jakarta Selatan, pada Rabu (2/10/2024).

"Beliau meninggalkan sesuatu yang sebenarnya untuk keluarganya pun mungkin tidak diketahui. Beliau ini adalah pendiri Baitul Muslimin, organisasi keagamaan yang ada di PDI Perjuangan yang sampai sekarang masih ada dan kuat sekali," kata Pramono.

Pramono mengatakan, pendiri Baitul Muslimin PDIP ada lima orang. Pramono menyebut, selain dirinya, ada sosok KH Zainuddin MZ, KH Said Aqil Siradj, Din Syamsuddin, dan Taufiq Kiemas.

Karena itu, secara pribadi Pramono mengaku mempunyai hubungan yang panjang dengan Zainuddin MZ. Pramono sendiri mengaku mengagumi kepribadian Kiai Zainuddin MZ, terutama pada saat menyampaikan dakwah.

"Sebagai ulama besar, berdakwah tetapi dengan riang gembira. Bahkan pernah suatu hari ketika beliau sudah sangat terkenal, banyak orang yang suaranya meniru beliau, untuk seakan-akan mirip Kiai Haji Zainuddin MZ. Ada anak kecil yang di Jawa Barat, di Bandung, tapi ada juga yang di Jakarta pada waktu itu yang sangat terkenal, saya mohon maaf lupa namanya," ucap dia.

 


Kenang Suara Khas Zainuddin MZ yang Banyak Ditiru Orang

Cagub Jakarta nomor urut 3 Pramono Anung berziarah ke makam dai kondang KH Zainuddin MZ. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Pramono mengenang suara khas Zainuddin MZ saat berdakwah. Bahkan saking populernya kala itu, tak sedikit masyarakat yang menirukan gaya bicara KH Zainuddin MZ.

"Secara langsung saya tanya kepada beliau, Pak Kiai, Pak Kiai suaranya ini kan sering ditiru banyak sekali. Bahkan seakan-akan ketika peristiwa jatuhnya Pak Harto di gedung MPR, ada yang seakan-akan mirip Kiai Haji Zainuddin MZ, saya tanya langsung kepada beliau. 'Pak Kiai gimana?'l'. 'Saya bersyukur karena suara saya saja bisa membuat orang mencari nafkah'. Jadi itulah salah satu hal kebesaran yang diberikan contoh oleh beliau," ujar Pramono.

Dalam kesempatan itu, Sahabat Dai Jakarta yang digawangi KH Zaki MZ mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Pramono Anung-Rano Karno untuk di Pilkada Jakarta.

Infografis Sinyal PDIP Gabung ke Kabinet Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya