Turunkan Kolesterol dengan Cepat, 5 Manfaat Susu Gandum yang Perlu Anda Ketahui

Salah satu metode untuk menurunkan kolesterol adalah dengan minum susu gandum.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 09 Okt 2024, 20:47 WIB
ilustrasi 5 Keuntungan Susu Gandum dalam Menurunkan Kolesterol dengan Cepat/unsplash

Liputan6.com, Jakarta Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan yang umum dan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung serta komplikasi serius lainnya. Banyak orang mencari cara alami untuk menurunkan kadar kolesterol mereka, dan salah satu solusi yang semakin populer adalah mengonsumsi susu gandum. Susu gandum, yang terbuat dari gandum utuh, dikenal kaya akan serat dan nutrisi penting lainnya yang dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, susu ini juga merupakan alternatif yang baik bagi mereka yang tidak dapat atau memilih untuk tidak mengonsumsi susu sapi. Kaya akan vitamin dan mineral, susu gandum dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan bahkan membantu dalam menjaga berat badan yang sehat.

Dalam beberapa tahun terakhir, susu gandum telah menjadi favorit di kalangan mereka yang mencari gaya hidup sehat dan berkelanjutan. Dengan berbagai manfaat yang ditawarkannya, tidak heran jika susu gandum menjadi pilihan populer bagi mereka yang ingin menurunkan kolesterol secara alami, simak informasi lengkapnya, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(9/10/2024).


Manfaat Susu Gandum

Gambar Manfaat Susu Gandum/Kredit: pexels.com/pixabay

1. Mengandung serat tinggi

Susu gandum kaya akan serat yang sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah kolesterol. Serat ini membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Serat larut dalam susu gandum bekerja dengan cara mengikat kolesterol di usus, sehingga mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

2. Mengandung fitosterol

Fitosterol adalah senyawa alami yang dapat menghambat penyerapan kolesterol di usus. Susu gandum mengandung fitosterol yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dalam tubuh. Dengan rutin mengonsumsi susu gandum, penderita kolesterol dapat mengurangi risiko penumpukan kolesterol di pembuluh darah.

3. Rendah lemak jenuh

Susu gandum biasanya memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih rendah dibandingkan dengan susu sapi biasa. Lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL). Dengan mengganti susu sapi dengan susu gandum, penderita kolesterol dapat mengurangi asupan lemak jenuh dan lebih mudah mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.


Kelebihan Susu Gandum

Ilustrasi Susu Oat | unsplash.com

4. Sumber asam lemak tak jenuh

Susu gandum mengandung asam lemak tak jenuh seperti omega-3 dan omega-6. Asam lemak tak jenuh ini dikenal dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Kolesterol baik berfungsi penting dalam mengangkut kolesterol jahat dari pembuluh darah menuju hati untuk dibuang.

5. Menyediakan nutrisi penting

Selain manfaat khusus bagi penderita kolesterol, susu gandum juga kaya akan nutrisi penting. Susu gandum mengandung vitamin B kompleks, vitamin E, asam folat, dan magnesium. Nutrisi ini membantu menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan dan meredakan peradangan dalam tubuh.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya