Anthony Joshua Terkena Larangan Bertanding usai Kalah KO dari Daniel Dubois

Petinju kelas berat Anthony Joshua mendapat larangan bertanding dari British Boxing Board of Control (BBBofC) usai kalah dari Daniel Dubois. Sanksi tersebut diberikan usai AJ kalah melalui knockout (KO) pada laga tersebut.

oleh Michael Ludovico Palma De Manggut diperbarui 02 Okt 2024, 21:30 WIB
Petinju Anthony Joshua. (Bryan R. Smith/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Petinju kelas berat Anthony Joshua mendapat larangan bertanding dari British Boxing Board of Control (BBBofC) usai kalah dari Daniel Dubois. Sanksi tersebut diberikan usai AJ kalah melalui knockout (KO) pada laga tersebut.

Dilansir dari World Boxing News, petinju asal Inggris omo diminta untuk tidak bertanding dalam jangka waktu 28 hingga 45 hari. Situasi tersebut juga sesuai dengan aturan dari BBBofC 5.8 bagian C.

“Setiap pertandingan (dimanapun itu dilaksanakan) yang diberhentikan oleh wasit (dengan alasan tertentu selain diskualifikasi); atau petinju yang pensiun; atau petinju yang tidak mampu melewati hitungan wasit; maka lisesnsi petinju tersebut secara otomatis akan diberhentikan untuk periode waktu selama 28 hingga 48 hari,” tulis aturan tersebut.

AJ kalah dari Dubois pada ronde kelima pada pertarungan yang berlangsung 21 September lalu di Stadion Wembley, Inggris.


Anthony Joshua Dikabarkan Akan Menepi Hingga 2025

Petinju Anthony Joshua. (Nick Potts/PA via AP)

Apabila merujuk pada aturan dari BBBofC mengenai larangan bermain, sebenarnya AJ bisa saja kembali dalam waktu dekat. Ini juga dapat diakukan jika AJ mendapat izin dari dokter yang telah ditunjuk.

“Pada saat seorang petinju telah menyelesaikan masa larangannya bertanding, ia tidak dapat langsung masuk ke dalam ring hingga dinyataakan sehat oleh dokter yang telah ditunjuk oleh dewan organisasi,” tulis aturan BBBofC.

Akan tetapi, AJ dikabarkan akan mengambil waktu jangka panjang untuk beristirahat. Sampai musim semi 2025, ia dilaporkan tidak akan naik ring.

Pada saat AJ kembali nanti, ia memiliki dua pilihan. Pertama, ia dapat menantang salah satu bintang kelas berat, yakni Tyson Fury. Kedua, ia dapat melakukan tanding ulang dengan Daniel Dubois. 


AJ Tumbang Setelah Berkali-kali Dijatuhkan

Petinju Inggris Anthony Joshua (kiri) memberi isyarat saat penimbangan di King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi, 19 Agustus 2022. Joshua dijadwalkan melawan juara bertahan Usyk dalam pertandingan ulang tinju kelas berat di Jeddah pada 20 Agustus. (AP Photo/Hassan Ammar)

Pada laga melawan Dubois, AJ beberapa kali dipukul jatuh. Pada ronde pertama, hook kanan dari Dubois berhasil membuat AJ tersungkur. Akan tetapi, AJ bangkit dan melanjutkan pertarungan.

Kemudian, memasuki akhir ronde kedua, Dubois berhasil mendaratkan pukulan hook kiri yang membuat AJ hampir roboh. Walaupun AJ akhirnya tersungkur, pertandingan tetap dilanjutkan karena roboh pada saat ronde kedua berakhir.

Lalu, di ronde keempat, lagi-lagi hook kiri Dubois mendarat tepat di dagu AJ. Hanya saja, AJ masih dapat bangun. Pertandingan dilanjutkan sampai AJ jatuh di ronde kelima usai mendapat pukulan straight dari Dubois.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya