5 Perampok Truk Kontainer Bermuatan Pakaian Rp1,8 M di Pantura Pemalang Ditangkap

Tersangka AMY bersama DPO lainnya membawa truk kontainer berisi pakaian ke lokasi bongkar muat yang sudah disiapkan tersangka SS

oleh Muhamad Ridlo diperbarui 02 Okt 2024, 21:06 WIB
Polisi menangkap 5 dari 11 terduga pelaku perampokan truk kontainer bermuatan pakaian senilai Rp1,8 miliar di Pantura Pemalang. (Foto: Liputan6.com/Polres Pemalang)

Liputan6.com, Pemalang - Kasus perampokan truk kontainer muatan pakaian garmen kualitas ekspor senilai Rp1,8 miliar di jalan lingkar utara Pantura Kabupaten Pemalang pada Kamis (26/9/2024) lalu terungkap. Sebanyak lima orang ditangkan dan kini telah menjadi tersangka.

“Satreskrim Polres Pemalang telah mengamankan lima orang tersangka berinisial AS (53), AMY (45), SS (44), M (45) dan F (39), sedangkan 6 tersangka lainnya masuk daftar pencarian orang atau DPO,” kata Kapolres Pemalang AKBP Eko Sunaryo dalam konferensi pers yang digelar di Aula Tribrata Polres Pemalang, Rabu (2/9/2024).

Eko mengatakan, masing-masing tersangka mempunyai peran, mulai dari eksekusi di lapangan, menyiapkan lokasi dan armada bongkar muat, serta membeli dan menjual barang hasil kejahatan.

“Dalam melakukan aksinya, tersangka AS dan AMY bersama 6 DPO lainnya menggunakan dua kendaraan roda empat untuk menghentikan laju truk kontainer,” ujarnya.

Menurut dia, setelah menghentikan sebuah truk kontainer yang membawa muatan pakaian garmen, salah seorang DPO berpura-pura memeriksa dokumen dan meminta supir dan kernet truk untuk turun.

“Namun setelah turun dari truk, tersangka AS bersama DPO lainnya memasukkan supir dan kernet ke dalam salah satu mobil, lalu mengikat tangan dan kaki juga menutup mulut dan kedua mata mereka dengan menggunakan lakban,” jelasnya.

Setelah itu, tersangka AMY bersama DPO lainnya membawa truk kontainer ke lokasi bongkar muat yang sudah disiapkan tersangka SS.

”Setelah bongkar muat dan muatan kosong, tersangka AMY bersama DPO lainnya membawa truk container ke daerah Indramayu untuk ditinggalkan di pinggir jalan,” kata Kapolres Pemalang

“Begitu juga dengan supir dan kernet yang dibawa tersangka AS dan DPO lainnya, mereka diturunkan dari mobil di pinggir jalan dekat KBM truk container,” imbuh Kapolres Pemalang.

 

Simak Video Pilihan Ini:


Ada Penadah

Kapolres Pemalang mengatakan, para tersangka kemudian membawa muatan dengan dua kendaraan truk ke gudang milik tersangka M selaku pembeli, yang sebelumnya sudah berkomunikasi dengan tersangka AS.

“Dari hasil kesepakatan, M membeli barang hasil kejahatan sebanyak kurang lebih 17 ribu potong, dengan harga Rp 14 ribu per potong,” kata Kapolres Pemalang.

Kemudian, Kapolres Pemalang mengatakan, tersangka M menjual sebanyak kurang lebih 1.000 potong barang hasil kejahatan tersebut kepada tersangka F, dengan harga Rp30 ribu per potong.

“Akibat perbuatannya, tersangka AS dan AMY dikenakan pasal 365 ayat 2 ke 2e KUHP dengan ancaman hukuman pidana maksimal 12 tahun penjara,” kata Kapolres Pemalang.

Kapolres Pemalang mengatakan, tersangka SS yang diduga mencarikan lokasi bongkar muat dan mencari armada untuk mengangkut hasil kejahatan dikenakan pasal 365 KUHP Jo Pasal 55 KUHP, dengan ancaman hukuman pidana maksimal 12 tahun penjara.

“Selanjutnya tersangka M dan F dijerat pasal 480 ke 1e KUHP, dengan ancaman hukuman selama-lamanya empat tahun penjara,” kata Kapolres Pemalang.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya