Bambang Pacul Ditunjuk Jadi Wakil Ketua MPR dari PDIP

Basarah menyebut dirinya sudah dua periode menjabat sebagai pimpinan MPR, sehingga perlu adanya pergantian.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 02 Okt 2024, 22:02 WIB
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PDIP Bambang Wuryanto atau dikenal dengan panggilan Bambang Pacul mengatakan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masih kader partainya. (Foto: Delvira Hutabarat/Liputan6.com).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Fraksi PDIP MPR RI Ahmad Basarah menyatakan, DPP PDIP telah memutuskan bahwa Wakil Ketua MPR 2024-2029 dari PDIP akan dijabat oleh Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul.

“Dalam rangka tour of duty maka yang akan melanjutkan pimpinan MPR berikutnya dari fraksi PDIP adalah senior partai yang sudah cukup lama  berdialetika di DPR, sudah lebih 20 tahun dan saatnya beliau hijrah menjadi wakil ketua MPR, nama tokoh senior partai tersebut Ir.Bambang Wuryanto,“ kata Basarah di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Basarah menyebut dirinya sudah dua periode menjabat sebagai pimpinan MPR, sehingga perlu adanya pergantian.

“DPP PDIP sudah memutuskan setelah menugaskan saya sebagai wakil ketua MPR RI selama 2 periode berturut-turut, wakil ketua MPR 2014-2019 dan 2029-2024 maka saatnya berlaku asas bergliran,” kata dia. 

Sebelumnya, Rapat gabungan pimpinan MPR dari fraksi-fraksi kelompok DPD dan fraksi MPR, telah menyepakati Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani sebagai Ketua MPR Periode 2024-2029.

“Secara musyawarah mufakat bahwa calon ketua MPR yang telah disepakati dalam rapat gabungan ini, adalah Calon yang diusulkan dari Fraksi Partai Gerindra, namanya adalah sahabat saya kolega saya di pimpinan MPR periode yang kemarin, namanya Bapak H. Ahmad Muzani,” kata Basarah usai rapat gabungan pimpinan MPR, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Dengan keputusan tersebut, Basarah menyebut penetapan dan pelantikan pimpinan MPR akan dilakukan pada dapat paripurna penetapan pimpinan MPR pada Kamis (3/10/2024) besok. 

“Dengan demikian, rapat paripurna tanggal 3 Oktober 2024 pukul 10 pagi besok tinggal menetapkan susunan pimpinan MPR yang baru,” kata Basarah.


Pelantikan Pimpinan Kamis

Penetapan dan pelantikan pimpinan MPR besok, lanjut  Basarah, terdiri dari Ketua dan 8 wakil Ketua dari tiap fraksi.

“Dipimpin oleh H Ahmad Muzani didampingi oleh 8 wakil ketua MPR RI dari fraksi-fraksi partai politik dan kelompok DPD RI yang akan ditetapkan besok,” kata Basarah.

Infografis Sinyal PDIP Gabung ke Kabinet Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya