Top 3 News: Sultan B Najamudin Terpilih sebagai Ketua DPD RI Periode 2024-2029

Sultan B Najamudin resmi terpilih sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) periode 2024-2029. Itulah top 3 news hari ini.

oleh Devira PrastiwiDelvira HutabaratMuhammad Radityo PriyasmoroLizsa Egeham diperbarui 03 Okt 2024, 08:45 WIB
Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin/Istimewa.

Liputan6.com, Jakarta - Sultan B Najamudin resmi terpilih sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) periode 2024-2029. Itulah top 3 news hari ini.

Pemilihan tersebut diputuskan melalui voting dalam Sidang Paripurna DPD RI yang digelar di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, pada Rabu 2 Oktober 2024.

Sultan B Najamudin, yang merupakan calon pimpinan DPD RI dari paket dua, meraih 95 suara, mengungguli rivalnya La Nyalla Mattalitti yang memperoleh 56 suara.

Sementara itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya seniman sekaligus politikus, Marissa Haque pada Rabu dini hari 2 Oktober 2024.

Anies mengatakan Marissa Haque merupakan sosok yang menginsipirasi karena berani dan gigih dalam memperjuangkan isu-isu penting di Indonesia. Mantan calon presiden 2024 itu turut mengunggah foto dirinya saat sedang melayat ke rumah duka Marissa Haque di akun media sosialnya.

Dalam postingannya, Anies menyebut almarhumah Marissa Haque merupakan seniman, politisi, serta akademisi yang cemerlang dan menginspirasi.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait sejumlah artis lolos menjadi anggota DPR RI menuai sorotan. Dari total 580 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI terpilih periode 2024-2029, terdapat 23 artis yang juga terpilih.

Salah satu di antaranya adalah Surya Utama alias Uya Kuya dari Partai Amanat Nasional (PAN). Uya mengakui, masuknya artis ke ranah politik menuai banyak prasangka dari publik, terutama terkait kapasitas.

Meski demikian, Uya berharap para artis diberi kesempatan menunjukkan kapasitas dan berkontribusi di Parlemen.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu 2 Oktober 2024:


1. Sultan Najamudin Terpilih sebagai Ketua DPD RI Periode 2024-2029

Wakil Ketua DPD RI, Sultan B Najamudin.

Sultan B Najamudin resmi terpilih sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2024-2029.

Pemilihan tersebut diputuskan melalui voting dalam Sidang Paripurna DPD yang digelar di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, pada Rabu 2 Oktober 2024.

Sultan Najamudin, yang merupakan calon pimpinan DPD RI dari paket dua, meraih 95 suara, mengungguli rivalnya La Nyalla Mattalitti yang memperoleh 56 suara.

"Berdasarkan perolehan suara tersebut sesuai ketentuan pasal 93 ayat 1 huruf b, bahwa calon paket pimpinan DPD yang memperoleh paling sedikit 50 persen ditambah satu dari jumlah seluruh anggota yang hadir dan menandatangani daftar hadir dalam sidang paripurna DPD, ditetapkan sebagai calon paket pimpinan DPD terpilih," ujar Wakil Pimpinan Sementara DPD RI Larasati Moriska di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Jakarta.

"Dengan demikian, maka calon paket pimpinan DPD RI terpilih periode 2024-2029 adalah satu Ketua Sultan Najamudin, dua Wakil Ketua GKR Hemas, tiga Wakil Ketua Yorrys Raweyai, empat Wakil Ketua Tamsil Linrung," kata dia.

 

Selengkapnya...


2. Kenang Marissa Haque, Anies: Dia Sosok Seniman dan Politisi yang Menginspirasi

Ikang Fawzi di pemakaman Marissa Haque.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswesan menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya seniman sekaligus politikus, Marissa Haque pada Rabu dini hari 2 Oktober 2024. 

Anies mengatakan Marissa Haque merupakan sosok yang menginsipirasi karena berani dan gigih dalam memperjuangkan isu-isu penting di Indonesia.

"Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Terkejut dan berduka mendalam mendengar berpulangnya Mbak Marissa Haque dini hari tadi. Kepedulian, keberanian dan kegigihannya dalam memperjuangkan berbagai isu penting bagi bangsa selalu menjadi inspirasi," kata Anies melalui akun Instgramnya @aniesbaswedan, Rabu 2 Oktober 2024.

Mantan calon presiden 2024 itu turut mengunggah foto dirinya saat sedang melayat ke rumah duka Marissa Haque di akun media sosialnya.

 

Selengkapnya...


3. Uya Kuya: Beri Kesempatan Artis untuk Buktikan Kerja di DPR

Selebriti, Uya Kuya saat rapat paripurna pelantikan anggota DPR Republik Indonesia terpilih periode 2024-2029 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024). Uya Kuya terpilih dari Partai Amanat Nasional (PAN) daerah pemilihan DKI Jakarta II dengan perolehan suara sebanyak 81.463. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah artis lolos menjadi anggota DPR RI menuai sorotan. Dari total 580 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI terpilih periode 2024-2029, terdapat 23 artis yang juga terpilih.

Salah satu di antaranya adalah Surya Utama alias Uya Kuya dari Partai Amanat Nasional (PAN). Uya mengakui, masuknya artis ke ranah politik menuai banyak prasangka dari publik, terutama terkait kapasitas.

"Saya juga menyadari banyak orang skeptis sama artis untuk jadi DPR karena kan bisa apa sih kapabel apa nggak," kata Uya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu 2 Oktober 2024.

Meski demikian, Uya berharap para artis diberi kesempatan menunjukkan kapasitas dan berkontribusi di Parlemen.

"Tapi marilah beri kesempatan untuk artis-artis ini untuk membuktikan kerjanya dulu," kata dia.

 

Selengkapnya...

Infografis Anggota DPR, DPD, MPR 2024-2029 Termuda hingga Tertua. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya