Dilatih Erik ten Hag 20 Menit, Pemain Ini Langsung Ingin Hengkang dari Manchester United

Bek Setan Merah ini bersikeras ingin meninggalkan Manchester United setelah menjalani sesi latihan pertamanya di bawah asuhan Erik ten Hag setelah habiskan 12 tahun di Old Trafford.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 04 Okt 2024, 12:00 WIB
Manajer Manchester United, Erik ten Hag, tak mampu menghindarkan anak asuhnya dari kekalahan 0-3 kontra Liverpool di Old Trafford pada laga pekan ketiga Premier League, Minggu (1/9/2024) malam WIB. 

Liputan6.com, Jakarta - Mantan pemain Manchester United mengungkap kejadian "unik" saat dia membela Setan Merah. Dia menyatakan ingin pindah klub, padahal baru beberapa menit mengikuti latihan.

Eks pemain MU itu adalah Phil Jones. Dia bersikeras ingin meninggalkan Manchester United setelah menjalani sesi latihan pertamanya di bawah asuhan Erik ten Hag. Mantan bek Setan Merah itu menghabiskan 12 tahun di Old Trafford, tapi keputusannya untuk pergi dibuat hanya dalam waktu 20 menit.

Jones meninggalkan United tahun lalu, setelah melewatkan seluruh musim debut Ten Hag karena cedera lutut jangka panjang. Ia kemudian bekerja keras untuk mendapatkan bentuk fisik terbaiknya untuk musim 2022/23, tapi ternyata mendapat kejutan tidak menyenangkan.

Setelah turun ke lapangan untuk sesi latihan pertamanya di bawah asuhan Ten Hag, Jones dengan cepat memutuskan bahwa ia tidak lagi ingin bermain untuk MU dan segera meninggalkan klub. Ia beralasan tidak dapat lagi mengatasi tuntutan fisik sepak bola profesional.

"Saya kembali, hari pertama, sangat gembira, Erik ten Hag telah masuk. Awal yang baru. Anda berada di lapangan rumput. Sepatu bot kembali dipakai," kata Jones di acara podcast High Performance.


Phil Jones Ceritakan Kondisi Cederanya

Phil Jones merupakan pemain senior di Manchester United. Ia didatangkan dari Blackburn Rovers pada 2011 silam dengan biaya 19,3 juta euro. Bek 30 tahun tersebut dinilai telah berakhir masa jayanya. Jones juga sering didera cedera di Setan Merah. Musim ini, ia belum pernah diturunkan sama sekali oleh Erik Ten Hag. Pemain Inggris tersebut rencananya bakal dijual pada bursa Januari 2023. (AFP/Paul Ellis)

"Saya merasakan lutut saya tetapi saya pikir itu akan hilang pada suatu saat, itu tidak akan bertahan selamanya. Kami hanya melakukan latihan, seperti sirkuit, mengopernya ke gawang, berlari mengelilingi kerucut, hanya sedikit pemanasan," jelasnya.

"Saya tidak bercanda, saya tidak bisa mengoper bola dengan kaki kanan saya. Saya ingin dunia menelan saya. Saya berpikir: 'Manajer ini akan datang dan saya tidak bisa masuk dari latihan 20 menit setelah sesi dimulai."

"Saya berhasil melewati sesi itu. Saya mengoper bola dengan bagian luar kaki kiri saya. Saya cukup bagus dengan kaki kiri saya, saya secara teknis sangat bagus dengan kaki kiri saya karena saya harus lebih baik," tuturnya.


Jones Tak Lagi Bermain Sepak Bola

Bek Manchester United (MU) Phil Jones berebut bola dengan gelandang Wolverhampton Wanderers Daniel Podencedalam pekan ke-22 Liga Primer Inggris di Old Trafford, Selasa (4/1/2022) dini hari WIB. MU takluk 0-1 saat menjamu Wolves. (AP Photo/Dave Thompson)

"Saya bermain dengan kaki kiri saya sepanjang sesi, tetapi saya ingat saya hanya berbalik dan berlari cepat, dan saya merasakannya [lutut saya]. Saya tidak bisa melanjutkannya," kata Jones.

"Saya datang ke fisioterapis dan kata-kata saya adalah, 'Ini sesi latihan terakhir saya'. Dan sampai hari ini, itu adalah sesi latihan terakhir saya. Saya sudah selesai," ujarnya

Jones tidak bermain sepak bola sejak saat itu, setelah mengonfirmasi awal tahun ini bahwa ia akan mengejar karier sebagai pelatih. Ia juga pernah menjadi komentator dan tampil sebagai analis di Match of the Day akhir pekan lalu.


Jones Pernah Menolak Tawaran 3 Klub Raksasa Liga Inggris

1. Phil Jones - Pria asal Inggris ini menjadi salah satu pemain yang wajahnya paling sering muncul di media sosial. Penyebabnya, bek Manchester United itu kerap memperlihatkan mimik wajah kocak saat beraksi di lapangan. (AFP/Paul Ellis)

Jones, pernah menjadi sasaran kritik fans karena penampilannya dinilai kurang gereget. Padahal, Setan Merah membeli Jones dengan harapan sang pemain bisa menjadi tembok tangguh di sektor pertahanan.

Manchester United tentu tak sembarang memboyong Jones ke Old Trafford. Sang pemain digaet karena dinilai memiliki kualitas apik. Saat itu, bukan hanya MU yang berminat memakai jasa Phil Jones.

Jones mengatakan pada masa lalu pernah menolak tawaran Chelsea, Manchester City, dan Liverpool. Semua dilakukan demi bergabung dengan Setan Merah.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya