Jennie BLACKPINK Diduga Jadi Korban Rasis Margaret Qualley Saat Menghadiri Paris Fashion Week

Rekaman Margaret Qualley mempertanyakan warna rambut Jennie BLACKPINK diduga sebagai tindakan rasisme.

oleh Asnida Riani diperbarui 03 Okt 2024, 10:00 WIB
Jennie BLACKPINK di Paris Fashion Week Spring/Summer 2025. (dok. Instagram @jennierubyjane/https://www.instagram.com/p/DAlbX3IMm9O/)

Liputan6.com, Jakarta - Jennie BLACKPINK diduga mengalami rasisme saat menghadiri agenda Paris Fashion Week Spring/Summer 2025. Pelantun lagu "You & Me" ini hadir sebagai duta merek Chanel di acara yang berlangsung Selasa, 1 Oktober 2024, waktu Paris.

Melansir allkpop, Kamis (3/10/2024), Jennie menarik perhatian dengan rambut pirangnya saat menyapa banyak bintang dunia, baik sebelum maupun sesudah acara. Secara khusus, video interaksi idol berusia 28 tahun itu dengan aktris Amerika Margaret Qualley menyedot atensi warga dunia maya.

Di rekaman, Qualley terlihat menyentuh rambut pirang Jennie setelah memeluknya. Ia kedapatan bertanya, "Apakah rambutmu asli?" Jennie menjawab bahwa itu tidak asli, dan Margaret menjawab, "Itu terlihat asli."

Mendapati itu, banyak BLINK, sebutan penggemar BLACKPINK, mengkritik perilaku Qualley sebagai "rasis." Mereka berpendapat bahwa menanyakan keaslian rambut pirang pada orang Asia, seperti Jennie adalah bentuk diskriminasi rasial. Pasalnya, itu sesuatu yang tidak umum di antara orang Asia Timur.

Selain diduga jadi korban rasisme, kontroversi lain datang dari sebuah video online memperlihatkan Jennie menyempatkan diri berswafoto bersama sejumlah penggemar di Paris. Gambar-gambar tersebut dipublikasikan "para penggemar" itu sendiri, yang menarik perhatian besar di media sosial, lapor KBIZoom.

Namun, cerita di balik swafoto ini tidak terlalu menggembirakan, seperti yang terungkap dalam unggahan lain dari "para penggemar" tersebut. Pasalnya, mereka diduga menguntit personel BLACKPINK tersebut di luar jadwal publiknya.


Dihadang Penggemar

Jennie BLACKPINK menghadiri Paris Fashion Week. [Instagram @jennirubyjane/].

Khususnya, salah satu orang dalam foto mengunggah video di TikTok yang memperlihatkan bagaimana mereka menghadang Jennie saat keluar dari toko pakaian. Di latar belakang klip, grup itu terdengar melontarkan komentar kasar pada bos Odd Atelier tersebut ketika ia mencoba masuk ke mobilnya.

Itu membuat Jennie sepertinya merasa bersalah, karena gerombolan itu berkata, "Apa kamu serius? Apa kamu membenci kami?" hingga ia setuju untuk difoto. Satu orang di antara kelompok tersebut bahkan sampai menyebut Jennie "ja**ng" ketika rapper itu awalnya menolak berfoto bersama.

Seolah ini belum cukup, gerombolan "penggemar" yang berfoto dengan Jennie kemudian terungkap telah menguntit idola wanita itu di sekitar Paris dengan skuter. Saat ini, kelompok "penggemar" tersebut telah memprivat akun media sosial mereka dan menghapus video saat mereka menghina Jennie.

"Kami sungguh berharap perilaku ini tidak akan terulang di masa mendatang," kata seorang penggemar yang marah di X, dulunya Twitter. "Jika kalian berkesempatan bertemu JENNIE, mohon jangan memaksanya melakukan apapun yang kalian inginkan."


Penampilan Jennie di Paris Fashion Week

Jennie BLACKPINK di Paris Fashion Week 2024. (dok. GEOFFROY VAN DER HASSELT / AFP)

Mengutip Koreaboo, Selasa, 1 Oktober 2024, Jennie berangkat dari Seoul ke Paris pada Minggu, 29 September 2024. Menyadari bahwa kedatangannya sudah dinanti, idola itu sempat mengungkap rencana kehadirannya di show Chanel lewat Instagram Story. Ia memperlihatkan tas tangan hitam yang ditentengnya di acara tersebut.

Jika tahun lalu Jennie tampil manis dengan gaun hitam mini bertali spageti, pada Selasa, 1 Oktober 2024, ia muncul dengan busana biru terang. Ia mengenakan atasan rajut berkerah bulat lengan panjang yang dihiasi kalung mutiara bertumpuk. Pada atasannya, menempel detail ikat pinggang, mempertegas siluet dan pinggang mungilnya.

Namun, pilihan bawahannya tidak lazim. Jennie mengenakan celana super pendek bertekstur warna biru tosca, memberi ilusi tampilan "tanpa celana," mengacu pada tren fesyen 'no pants' yang marak di berbagai runway.

Celana super pendek itu terkesan membuat Jennie tidak nyaman. Ia sempat terekam kamera saat terus berusaha menurunkannya. Penampilan keseluruhannya dilengkapi stoking hitam yang berusaha menutupi bagian bawah tubuhnya. 


Single Terbaru Jennie BLACKPINK

Jennie BLACKPINK mewarnai rambutnya dengan warna pink. (dok. Instagram @jennierubyjane/https://www.instagram.com/p/DAjlEBHspiE/Dinny Mutiah)

Sebelumnya, Jennie menuai perhatian setelah tampil dengan rambut merah muda dalam video promosi single terbarunya, "Mantra." "10/11," tulis personel BLACKPINK itu di unggahan Instagram, membocorkan tanggal perilisan lagu pada 11 Oktober 2024.

Itu pertama kalinya Jennie tampil dengan rambut pink. Di awal kariernya bersama grup asuhan YG Entertainment tersebut, ia sering gonta-ganti warna rambut, terutama saat hendak meluncurkan album maupun single terbaru.

Pada 2022, ia tampil dengan warna rambut oranye. Beberapa penggemar mengatakan, penampilan Jennie kian cerah dan berseri, karena warna rambut tersebut. Tapi, tidak sedikit juga yang menyebut warna oranye tidak cocok dengan kulit Jennie. Meski begitu, ia tetap tampil memesona dan percaya diri.

Jennie juga sempat mengecat rambutnya dalam dua warna jelang peluncuran video klip single "How You Like That" pada Juni 2020. Tampilan rambut dua warna yang banyak dikagumi BLINK itu sekilas mengingatkan pada karakter Cruella de Vil, sosok antagonis dalam film 101 Dalmatians.

Infografis Tips Perawatan Rambut di Masa Pandemi (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya