Menikmati Akhir Pekan di Taman Wisata Gunung Pancar, Wisata Alam Menarik di Bogor

Taman Wisata Gunung Pancar menjadi destinasi yang populer untuk dikunjungi bagi pencinta alam. Pasalnya tempat ini menyediakan area berkemah hingga jalur trekking untuk dinikmati saat hari libur.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 05 Okt 2024, 05:00 WIB
Taman Wisata Gunung Pancar (gunungpancar.co.id)

Liputan6.com, Bandung - Bogor atau dikenal dengan julukan kota hujan menjadi salah satu daerah yang menawarkan banyak destinasi wisata alam menarik. Bahkan, kota ini juga memiliki salah satu kegiatan populer untuk menikmati alam yaitu dengan berkemah.

Ketika memutuskan untuk berkemah wisatawan tidak hanya menyuguhkan kesempatan menikmati  keindahan alam tetapi juga memberikan manfaat positif bagi kesehatan fisik dan mental.

Selain itu, di Bogor terdapat banyak area perkemahan yang tersebar di kawasan pegunungan dan dataran tinggi terutama tempat dengan suasana yang sejuk dan pemandangan yang menenangkan.

Wisatawan bisa memilih tempat sesuai keinginannya untuk melepaskan penat dari rutinitas harian dan menikmati udara segar di alam terbuka. Bogor juga dekat dengan pusat kota yang padat yaitu Jakarta sehingga banyak orang memilih Bogor sebagai tempat berliburnya.

Sebagai informasi, berkemah di alam terbuka memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan mental karena kegiatan ini memungkinkan seseorang untuk berinteraksi langsung dengan alam dan dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

Menghabiskan waktu di alam terbuka juga membantu tubuh untuk menyerap lebih banyak oksigen bersih, meningkatkan mood, serta menurunkan tekanan darah. Udara segar di pegunungan Bogor juga sangat bermanfaat bagi kesehatan paru-paru dan sistem pernapasan.

Selain manfaat fisik, berkemah juga memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk lebih terhubung dengan diri sendiri dan orang lain. Salah satu tempat berkemah yang populer di Bogor adalah Taman Wisata Alam Gunung Pancar.


Mengenal Taman Wisata Gunung Pancar

Hutan Pinus Gunung Pancar Bogor (dok.Instagram@vi_viaaaaa/https://www.instagram.com/p/BzIlWggg6Bx//Devita

Wisata Alam Gunung Pancar dikenal sebagai tempat wisata dan cagar alam menarik yang menyediakan bumi perkemahan, jalur mendaki atau trekking, dan aktivitas alam yang menarik serta terkelola dengan baik.

Berdasarkan informasi dari situs resminya tempat wisata ini berlokasi di kawasan Gunung Pancar yang berlokasi di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat atau familiar juga dengan sebutan Sentul.

Tempat wisata ini bisa ditempuh dengan mudah dan berada di kawasan ketinggian sekitar 300 hingga 800 mdpl. Suhu di tempat ini mempunyai suhu yang sama seperti kota Bogor dan memiliki pemandangan hutan pinus yang cantik.

Di sekitar hutan pinus Gunung Pancar juga sering kali bisa ditemukan sejumlah pohon seperti tumbuhan Rasamala, Puspa, Beringin, dan lain-lain. Tempat ini sudah sering jadi destinasi berlibur terutama untuk warga Bogor dan Kota Jakarta.


Daya Tarik Taman Wisata Gunung Pancar

Glamping di Gunung Pancar, Bogor (sumber,

Melansir dari situs resminya, tempat wisata ini menyimpan sejumlah daya tarik yang membuatnya populer dikunjungi wisatawan. Tentunya daya tarik utama adalah menawarkan area berkemah yang menyenangkan.

Diketahui, area kemah di tempat ini menawarkan wisatawan untuk menikmati alam khususnya menginap di hutan pinus yang rindang dan terawat. Selain itu wisatawan juga bisa menikmati berkemah dengan fasilitas lebih lengkap dengan memilih glamping.

Kemudian keindahan alamnya juga menjadikan tempat ini populer sebagai spot melakukan kegiatan prewedding. Tidak jarang banyak pasangan memilih hutan pinus di tempat ini sebagai latar belakang sesi pemotretan mereka.

Sementara itu, bagi wisatawan yang gemar melakukan aktivitas trekking tempat ini juga memiliki jalur trekking yang bisa dilakukan. Terdapat jalur trekking untuk menjelajahi hutan pinus yang tentunya harus dipandu oleh tim dari Taman Wisata Gunung Pancar.

Adapun tempat ini juga populer dijadikan destinasi melakukan kegiatan outbound untuk kelompok besar. Terdapat fasilitas yang bisa dipilih untuk menyediakan berbagai game menyenangkan untuk membangun kerja sama tim atau acara outing lebih menarik.


Harga Tiket dan Lokasi ke Taman Wisata Gunung Pancar

foto: flickr.com

Melansir dari media sosial resminya, harga tiket masuk ke tempat ini berbeda-beda misalnya pada hari kerja atau hari biasa sekitar Rp 5 ribu per orang, Rp 5 ribu per motor, Rp 10 ribu per mobil, dan Rp 100 ribu untuk wisatawan asing.

Kemudian pada akhir pekan atau hari libur nasional tiket ke tempat ini dibanderol dengan harga Rp 7.500 per orang, Rp 7.500 per motor, Rp 15 ribu per mobil, dan Rp 150 ribu untuk wisatawan asing.

Sebagai informasi, untuk pengunjung yang ingin melakukan prewedding bisa membayar sekitar Rp 750 ribu per sesi dan belum termasuk tiket masuk per orang serta kendaran. Adapun untuk keperluan shooting bisa menghubungi langsung pihak pengelola tempatnya.

Lokasi Taman Wisata Alam Gunung Pancar berada di Kampung Ciburial, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tempat wisata ini buka setiap hari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Pengunjung yang datang dari pusat kota Bogor bisa menempuh jarak sekitar 20,3 km atau 35 menit perjalanan. Sementara pengunjung yang datang dari pusat kota Jakarta bisa menempuh jarak 60,6 km atau 1 jam 24 menit perjalanan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya