Jadi Wakil Ketua MPR RI, Ibas Bakal Perkuat Peran Parlemen Sebagai Rumah Kebangsaan

Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) resmi dilantik sebagai salah satu Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 03 Okt 2024, 15:30 WIB
Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) resmi dilantik sebagai salah satu Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI. (

Liputan6.com, Jakarta Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) resmi dilantik sebagai salah satu Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI.

Menurut Ibas, amanah tersebut adalah menjadi sebuah tanggung jawab kebangsaan demi memperkuat peran partainya di Parlemen dan tatanan politik di Indonesia.

"Saya tentu bersyukur, Alhamdulillah, terima kasih dan memohon doa restu. Semoga proses yang akan kita lakukan hari ini, pagi hingga siang ini, berjalan dengan lancar, tertib, dan khidmat," kata Ibas kepada awak media, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (3/10/2024).

Dia menegaskan, MPR RI adalah rumah kebangsaan serta tempat bertemunya ide-ide kebangsaan yang luhur dan bekerja untuk kepentingan seluruh masyarakat Indonesia. 

Ibas menggarisbawahi apa yang disampaikan oleh sang kakak Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang berpesan, MPR RI adalah rumah bersama bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Pesan Mas AHY, MPR RI rumah kebangsaan kita, wadah kebangsaan kita. Semoga kita sebagai anggota MPR RI dan seluruh masyarakat di Indonesia dapat memperkuat dan memperkokoh idealisme kebangsaan," kata Ibas.

Dalam menjalankan perannya sebagai salah satu Wakil Ketua MPR RI, Ibas menegaskan komitmen untuk tidak hanya menjaga nilai-nilai kebangsaan, tetapi juga memastikan bahwa kesejahteraan dan keadilan dapat dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia. 

"Kami harus aktif dan bekerja keras memastikan kesejahteraan, keadilan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat di tanah air. Kami berkeinginan agar kolaborasi antara MPR dan pemerintahan dapat benar-benar tercipta untuk Indonesia yang lebih demokratis, aman, dan adil," harap Ibas.

 


Ucapan dari AHY

Senada dengan itu, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), turut menyampaikan dukungannya atas pelantikan Ibas sebagai Wakil Ketua MPR RI.

AHY menyatakan kebahagiaannya bisa kembali hadir di Gedung MPR RI untuk mendampingi prosesi pelantikan ini. 

"Saya dan keluarga besar Partai Demokrat berbahagia, kembali hari ini ke Gedung MPR RI untuk menghadiri acara pelantikan/penetapan pimpinan MPR RI, setelah dua hari yang lalu kita sama-sama menyaksikan pelantikan/pengambilan sumpah bagi anggota DPR, MPR, & DPD RI yang baru untuk periode 2024-2029," ujar AHY.

AHY meyakini, rekam jejak serta pengalaman politik sang adik di parlemen tidak perlu diragukan. Dia yakin, Ibas mampu mengemban amanah sebagai Wakil Ketua MPR RI dengan baik. 

"Sepak terjang, rekam jejak, dan pengalaman politik di parlemen selama ini, menurut kami, Mas Ibas bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, mengawal isu-isu kebangsaan yang selama ini dikelola oleh MPR RI," jelas AHY.

 


Pentingnya Soliditas

Sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia, AHY mendorong pentingnya soliditas antara eksekutif dan legislatif dalam mengawal agenda-agenda kebangsaan selama lima tahun mendatang, di bawah kepemimpinan pemerintahan baru. 

"Kita harap dapat memperkuat kolaborasi antara MPR RI dan pemerintah, serta bersama-sama membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik, dengan mengedepankan keadilan, kesejahteraan, dan nilai-nilai demokrasi yang kuat,” AHY menandasi.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya