Mengenal 7 Jenis Saus Salad yang Baik untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Jenis saus salad yang dipilih bisa memengaruhi kadar kolesterol tubuh.

oleh Miranti diperbarui 23 Okt 2024, 17:19 WIB
Ilustrasi salad sayur (dok JillWellington/pixabay.com)

Liputan6.com, Jakarta Salad adalah makanan yang segar dan bisa menjadi alternatif yang sehat. Salad dipercaya mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Namun, jenis saus yang digunakan untuk salad dapat mempengaruhi kadar kolesterol tersebut.

Ketika memilih saus salad, sangat penting untuk membaca label dengan seksama dan menghindari saus yang memiliki kandungan lemak jenuh, gula, dan sodium yang tinggi. Sebaiknya pilih saus salad yang terbuat dari bahan-bahan alami dan minim bahan kimia tambahan. Berhati-hatilah dengan saus salad instan, karena biasanya mengandung gula yang tinggi.

Perhatikan juga saat menyiapkan salad sayur atau buah. Pastikan untuk memilih sayuran dan buah-buahan yang masih segar dan rendah gula. Berikut adalah pilihan saus salad yang baik untuk menurunkan kolesterol, sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Rabu (23/10/2024):


Saus Salad yang Baik Untuk Menurunkan Kolesterol

gambar 5 Dressing Salad yang Bagus Untuk Menurunkan Kolesterol/credit: daniel/fimela.com

1. Saus salad dengan bahan utama minyak zaitun

Minyak zaitun adalah sumber lemak sehat yang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol LDL, atau kolesterol jahat, di dalam tubuh. Pilihlah saus salad yang menjadikan minyak zaitun sebagai bahan utamanya. Selain itu, minyak zaitun kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

2. Saus salad berbahan dasar yoghurt rendah lemak

Alternatif lain untuk saus salad adalah yang menggunakan yoghurt rendah lemak sebagai bahan dasarnya. Yoghurt ini mengandung probiotik dan kalsium, yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan dan tulang. Selain itu, yoghurt rendah lemak juga dikenal dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dalam tubuh.

3. Saus salad dengan tambahan bawang putih

Bawang putih dikenal sejak lama memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Pilih saus salad yang menambahkan bawang putih sebagai salah satu bahan tambahannya. Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.


Pilihan Saus Salad yang Baik Untuk Menurunkan Kolesterol

Ilustrasi salad | Jer Chung Jer Chung

4. Saus salad dengan campuran rempah-rempah seperti jintan dan kunyit

Memanfaatkan rempah-rempah seperti jintan dan kunyit bisa menjadi cara efektif untuk menurunkan kolesterol. Saus salad yang menggabungkan rempah-rempah ini tidak hanya menawarkan cita rasa yang nikmat tetapi juga manfaat kesehatan yang signifikan. Jintan dan kunyit dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh.

5. Saus salad dengan perasan lemon atau jeruk nipis

Lemon atau jeruk nipis adalah sumber vitamin C yang sangat baik bagi kesehatan. Menambahkan lemon atau jeruk nipis ke dalam saus salad dapat memberikan rasa yang menyegarkan sekaligus meningkatkan manfaat kesehatan. Kandungan vitamin C dalam lemon atau jeruk nipis dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh.

 


Pilihan Saus Salad yang Baik Untuk Turunkan Kolesterol

Ilustrasi Salad Buah Yogurt Credit: pexels.com/Wendy

6. Saus salad dengan campuran Mustard dan Madu

Kombinasi mustard dan madu menghasilkan saus yang manis dan pedas. Mustard mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi kolesterol, sementara madu memberikan rasa manis alami tanpa menambah banyak kalori. Pastikan untuk menggunakan mustard yang rendah sodium.

7. Saus Tahini

Saus berbasis tahini, yang terbuat dari biji wijen, kaya akan lemak sehat, serat, dan protein. Tahini membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi kolesterol. Campurkan dengan air, lemon, dan bawang putih untuk saus yang lezat dan bergizi.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya