Tips Membuat Bakwan Renyah, Tahan Lama, dan Sedikit Menyerap Minyak

Bakwan merupakan salah satu gorengan yang sangat digemari di Indonesia karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 23 Okt 2024, 20:24 WIB
Foto: Tiktok @rizkaaprianifitri

Liputan6.com, Jakarta Bakwan merupakan salah satu gorengan yang sangat digemari di Indonesia karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah. Namun, tantangan dalam membuat bakwan adalah menjaga kerenyahannya agar tidak cepat lembek dan tidak terlalu menyerap minyak.

Memahami teknik yang tepat dalam mengolah adonan dan proses penggorengan dapat membantu menghasilkan bakwan yang renyah, tahan lama, dan lebih sehat karena sedikit menyerap minyak. Untuk mencapai hasil yang maksimal, penting untuk memperhatikan beberapa aspek kunci dalam proses pembuatan bakwan.

Mulai dari pemilihan bahan, seperti sayuran segar dan tepung yang tepat, hingga teknik penggorengan yang optimal. Dengan mempelajari dan menerapkan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat menikmati bakwan yang tidak hanya enak dan renyah, tetapi juga lebih awet dan tidak terlalu berminyak, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (23/10/2024).


1. Siapkan Peralatan dan Bumbu Dasar

Tips Praktis Membuat Bakwan Tetap Renyah Sepanjang Hari dan Minim Minyak (Sumber: YouTube/DAPUR RAYYANKA)

Langkah pertama, siapkan peralatan seperti cobek dan ulekan, serta 3 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, dan 1 sendok makan ketumbar. Haluskan bawang dan ketumbar hingga mencapai konsistensi yang merata.

Pemakaian bawang merah yang lebih banyak dibandingkan bawang putih bertujuan untuk menghasilkan cita rasa yang lebih mendalam. Sementara itu, jumlah bawang putih yang lebih sedikit digunakan untuk menghindari aroma yang terlalu menyengat.


2. Tuangkan Air Sedikit

Tips Mudah Membuat Bakwan Tetap Renyah Sepanjang Hari dan Minim Minyak (Sumber: YouTube/DAPUR RAYYANKA)

Setelah bawang diulek sampai halus, siapkan wadah besar untuk menampungnya. Tambahkan sedikit air ke dalam ulekan agar sisa bawang bisa terambil.

Tuangkan air dari ulekan ke dalam mangkuk besar yang sudah berisi bawang ulek tersebut. Air ini akan membantu memberikan tekstur renyah pada bakwan.


3. Tambahkan Tepung dan Bumbu Penyedap

Trik Mudah Membuat Bakwan Tetap Renyah Sepanjang Hari dan Minim Minyak (Sumber: YouTube/DAPUR RAYYANKA)

Campurkan sekitar setengah sendok teh garam dan penyedap rasa ke dalam wadah besar, lalu tambahkan seperempat sendok teh baking powder. Aduk semua bahan hingga merata.

Masukkan 200 gram tepung terigu cair dan 50 gram tepung beras ke dalam campuran tersebut. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan baik. Tepung terigu akan membuat bagian dalam bakwan menjadi lembut, sementara tepung beras memberikan tekstur yang renyah.

Setelah bahan-bahan tercampur, tambahkan 75 mililiter air secara bertahap, dengan menuangkan air dalam tiga tahap ke dalam adonan.


4. Gunakan Mentega

Tips Praktis Membuat Bakwan Tetap Renyah Sepanjang Hari dan Tidak Menyerap Banyak Minyak (Sumber: YouTube/DAPUR RAYYANKA)

Masukkan satu sendok makan margarin leleh ke dalam adonan bakwan, lalu aduk sampai semua bahan tercampur rata.


5. Campurkan Semua Bahan Tambahan

Tips agar bakwan tetap renyah sepanjang hari dan tidak banyak menyerap minyak (Sumber: YouTube/Ghaziya Warita)

Sekarang, Anda bisa mencampur berbagai macam sayuran sesuai selera, seperti wortel, daun bawang, atau seledri dan di aduk hingga rata. Namun, sebaiknya hindari penggunaan kubis karena cenderung menyerap minyak terlalu banyak.


6. Masak dengan Minyak yang Sangat Panas

Tips Mudah Membuat Bakwan Tetap Renyah Sepanjang Hari dengan Sedikit Minyak (Sumber: YouTube/Ghaziya Warita)

Gabungkan adonan bakwan dengan sayuran sampai tercampur rata, lalu ambil satu sendok adonan secara bertahap untuk digoreng. Pastikan minyak yang dipakai sudah cukup panas. Jika tidak, bakwan akan menyerap lebih banyak minyak saat diangkat. Sesuaikan tingkat kematangan dengan selera Anda, tetapi hindari menggoreng terlalu lama.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya