Resep Rice Puding Sutlac Khas Turki, Pas Jadi Menu Sarapan yang Sehat dan Lezat

Sutlac dan rice pudding adalah hidangan penutup berbahan dasar nasi yang berasal dari Turki, yang secara harfiah berarti "makanan dengan susu."

oleh Miranti diperbarui 16 Okt 2024, 20:38 WIB
ilustrasi puding susu (sumber: pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Di dunia ini banyak sekali ragam makanan enak yang patut dicoba, salah satunya yang simple dan enak adalah sutlac atau rice pudding. Sutlac dan rice pudding adalah hidangan penutup berbahan dasar nasi yang berasal dari Turki, yang secara harfiah berarti "makanan dengan susu."

Sutlac memiliki tekstur lembut mirip bubur karena memasak nasi hingga lembut dan lunak di dalam susu. Rice pudding ini dapat disajikan dingin atau hangat, terkadang ditaburi dengan kayu manis atau kacang cincang. Cocok sekali dijadikan menu sarapan untuk keluarga dan anak-anak.

Cara membuat Rice Puding Sutlac khas Turki juga mudah. Berikut ini adalah resep rice puding atau sutlac ala Turki sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Rabu (16/10/2024):


1. Bahan-Bahan

Ilustrasi Adonan / Sumber: Pixabay
  • 100 gram beras pulen
  • 500 ml susu cair murni
  • 100 ml gula pasir
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 1 sdm tepung maizena
  • air secukupnya

2. Cara Membuat

Ilustrasi Puding Jahe Credit: unsplash.com/Jade
  1. Cuci beras hingga bersih, lalu masukkan ke dalam panci. Tambahkan air hingga beras terendam sepenuhnya, masak sampai nasi matang dan empuk.
  2. Tambahkan susu sedikit demi sedikit, aduk rata, dan masak sambil terus diaduk hingga nasi menjadi lembut dan menyatu dengan susu.
  3. Setelah mengental dan mulai meletup-letup, tambahkan gula pasir dan aduk hingga gula larut sepenuhnya.
  4. Apabila campuran terlalu kental, tambahkan sisa susu dan vanili bubuk, aduk hingga rata dan masak kembali hingga mendidih.
  5. Larutkan tepung maizena dengan sedikit air, lalu tuangkan ke dalam adonan puding sambil terus diaduk hingga tercampur rata.
  6. Lanjutkan memasak adonan hingga mengental selama 5-10 menit dengan api kecil agar bagian bawah tidak mudah gosong. Jika sudah matang, kental, dan rasanya pas, angkat dari api.
  7. Siapkan cetakan atau mangkuk-mangkuk kecil, tuangkan adonan puding susu ke dalamnya secukupnya.
  8. Letakkan mangkuk di atas loyang yang telah diberi sedikit air agar dasar mangkuk terendam.
  9. Panaskan oven, panggang dengan api atas selama 5-10 menit atau hingga permukaan berwarna kecokelatan. Angkat dari oven.

Biarkan hingga dingin agar teksturnya lebih padat. Sajikan rice pudding sebagai hidangan penutup setelah makanan gurih atau sebagai pilihan sarapan. Selamat mencoba.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya