OpenAI Dapat Suntikan Modal Baru, Nilai Perusahaan Lampaui Goldman Sachs

OpenAI, perusahaan pembuat ChatGPT, telah mengumpulkan USD 6,6 miliar dalam putaran pendanaan terbaru. Para investor termasuk pendukung awalnya, Microsoft terus bertaruh besar pada perkembangan kecerdasan buatan (AI).

oleh Satrya Bima Pramudatama diperbarui 03 Okt 2024, 21:00 WIB
Kreator ChatGPT OpenAI Bikin Alat untuk Deteksi Teks Buatan AI atau Manusia. (Doc: OpenAI)

Liputan6.com, Jakarta - OpenAI, pembuat ChatGPT, kembali mendapat pendanaan baru senilai USD 6,6 miliar. Tambahan pendanaan yang sangat besar ini karena para investor termasuk pendukung awalnya, Microsoft yakin akan perkembangan kecerdasan buatan (AI).

Dikutip dari BBC pada Kamis (03/10/2024), dengan adanya pendanaan baru kepada OpenAI ini membuat nilai perusahaan membesar hingga menyentuh USD 157 miliar. Jumlah ini mirip dengan nilai perusahaan dari bank investasi Goldman Sachs dan lebih dari sebagian besar perusahaan terbesar Amerika Serikat (AS).

Pendanaan besar ini tentunya dapat menjadi tolak ukur bahwa perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan yang paling berharga di dunia.

OpenAI mengatakan uang itu akan memungkinkannya untuk tetap menjadi yang terdepan dalam penelitian AI.

Masuknya dana dikarenakan perusahaan itu telah menjadi sorotan, namun sebagian karena drama kepemimpinan internal dan adanya perdebatan tentang status masa depan perusahaan tersebut.

Kepala Eksekutif OpenAI Sam Altman disebut-sebut tengah merestrukturisasi perusahaan untuk menjadi entitas yang mencari laba, dengan mencopot dewan nirlaba.

Meskipun transformasi perusahaan telah membantu menarik investor, transformasi tersebut telah mengasingkan beberapa anggota staf dan kritikusnya.

Kritikus tersebut termasuk salah satu pendiri OpenAI, Elon Musk, yang meninggalkan perusahaan tersebut pada tahun 2018 mengatakan bahwa perusahaan tersebut telah mengabaikan misi pendiriannya untuk mengembangkan AI demi kepentingan umat manusia.

OpenAI secara luas dianggap membantu membawa alat kecerdasan buatan ke arus utama dan memicu lonjakan investasi dan minat yang lebih luas di sektor tersebut.

 

 

 


Siapa Saja yang Suntik?

"Pendanaan baru ini akan memungkinkan kami untuk menggandakan kepemimpinan kami dalam penelitian AI tingkat lanjut, meningkatkan kapasitas komputasi, dan terus membangun alat yang membantu orang memecahkan masalah sulit," kata OpenAI.

Pendana dalam putaran pendanaan terbaru tersebut termasuk perusahaan investasi Thrive Capital, konglomerat teknologi Jepang SoftBank, raksasa chip Amerika Nvidia, dan Microsoft, yang telah memiliki saham besar di perusahaan tersebut.

Berdasarkan ketentuan kesepakatan, investor dapat merundingkan ulang atau menarik kembali dana mereka jika perubahan struktural menjadi perusahaan yang mencari laba namun tidak berlaku dalam waktu dua tahun. Hal itu juga bergantung pada penghapusan batasan pengembalian bagi investor.

Meskipun valuasi yang diumumkan pada rabu (02/10/2024) tampak tinggi menurut standar normal, namun "ini bukan saat yang normal," kata analis utama di Cambrian AI Research, Karl Freund.

"Kecuali AI entah bagaimana gagal, yang tidak dapat saya bayangkan, OpenAI akan menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan."


Versi Baru Chatbot Blockbuster

OpenAI mengatakan memiliki 250 juta pengguna aktif mingguan, serta satu juta pelanggan bisnis yang membayar.

Perusahaan tersebut berada di jalur yang tepat untuk menghasilkan pendapatan sebesar USD 3,6 miliar. Namun, kerugian yang diproyeksikan lebih dari $5 miliar akan melampaui pendapatan, menurut Reuters.

Tekanan untuk segera meluncurkan versi baru dari chatbot blockbusternya juga telah membuat hubungan antara tim penelitian dan keselamatan OpenAI dan staf yang berfokus pada monetisasi produk perusahaan menjadi tegang, menurut laporan. OpenAI telah mengalami eksodus eksekutif utama sejak Tn. Altman digulingkan sebagai eksekutif puncaknya pada bulan November, termasuk mantan kepala ilmuwan Ilya Sutskever.

Kepala teknologi perusahaan yang telah lama menjabat, Mira Murati, mengundurkan diri, dan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ia telah membuat keputusan sulit untuk mengundurkan diri setelah banyak pertimbangan. Dua peneliti utama OpenAI juga mengumumkan pengunduran diri mereka pada hari yang sama dengan Murati.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya