Final IBL All Indoensian Cup 2024: Satria Muda Menang Dramatis atas Pelita Jaya di Game Pertama

Satria Muda memenangi game pertama final IBL All Indonesia Cup 2024 yang berlangsung begitu ketat melawan Pelita Jaya.

oleh Thomas diperbarui 03 Okt 2024, 21:09 WIB
Ilustrasi Bola Basket/Unsplash

Liputan6.com, Jakarta- Final IBL All Indonesian Cup 2024 game pertama berlangsung seru nan dramatis. Satria Muda Jakarta berhasil menang tipis 80-76 atas Pelita Jaya di Hall Basket Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2024) malam WIB. SM pun selangkah lagi merebut Piala Menpora.

IBL All Indonesia Cup 2024 memakai format best of three khusus untuk partai final. SM akan juara Piala Menpora jika menang lagi pada game kedua yang berlangsung 5 Oktober 2024 di tempat yang sama. Pelita Jaya wajib memenangi game kedua untuk memaksakan laga ketiga di final.

Pertemuan SM dengan PJ di final berlangsung begitu sengit dan ketat sejak awal. Pada kuarter pertama, Pelita Jaya memimpin 21-19. Keunggulan ini terus dipertahankan hingga kuarter dua. Saat jeda babak pertama, pasukan Johannis Winar mampu unggul tiga angka atas SM.

Di kuarter ketiga, Satria Muda bangkit. Dimotori Avan Seputra, Ali Bagir dan Julian Alexander Chalias, Satria Muda bisa membalikkan keadaan. Tim asuhan Youbel Sondakh itu sempat unggul enam poin lewat three poin play point guard Antoni Erga.

Namun Pelita Jaya bisa memangkasnya lewat tembakan tiga angka Brandon Jawato di akhir kuarter tiga sehingga cuma terpaut dua poin saja. Jawato kemudian membuka kuarter empat dengan kembali membuat tembakan tiga angka sehingga Pelita Jaya kembali unggul setengah bola.


Drama Kuarter Empat

SM langsung menjawabnya dengan tembakan tiga angka rookie Mario Davidson. Selanjutnya terjadi kejar mengejar angka di kuarter keempat.

Skor sering kali berimbang antara kedua tim. Dalam kondisi genting Julian dan Abraham Damar Grahita muncul sebagai pahlawan SM.

Julian melesakkan dua angak berharga guna membawa SM unggul 78-76 lewat lay-up ketika laga tersisa satu menit 28 detik. Kemudian dia juga melakukan defensive rebound penting. Selanjutnya SM menjauh unggul empat poin lewat dua lemparan bebas dari Abraham.

Malapetaka hampir dialami SM. Widyanta Putera Teja kehilangan bola di wilayah sendiri akibat dikepung tiga pemain Pelita Jaya. Beruntung, Andakara Prastawa kepeleset. Bola kemudian di amankan Abraham. SM tak lagi terbendung untuk menang di game pertama.


Julian Alexander Cetak Double-Double Dahsyat

Abraham memimpin perolehan angka SM dengan membuat 19 poin. Jualn Alexander juga bermain luar biasa. Dia meraih double-double dengan 12 poin dan 15 rebound. Yang mencengangkan, 10 diantaranya merupakan offensive rebound.

Di kubu Pelita Jaya, Muhammad Arighi memimpindengan 15 angka. Menyusul kemudian Jawato dengan 12 poin, dan Prastawa yang finis dengan 11 angka.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya