Top 3: Teka-Teki Upah Minimum 2025

Berita mengenai teka teki UMP 2024 ini menjadi informasi yang paling banyak dibaca di kanal Bisnis Liputan6.com.

oleh Septian Deny diperbarui 04 Okt 2024, 06:30 WIB
Ilustrasi upah minimum provinsi (UMP). Foto: Freepik/Skata

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah masih menunggu data-data laporan dari Badan Pusat Statistik (BPS) terkait upah minimum. Sebelumnya, pemerintah akan tetap melakukan perhitungan upah minimum sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2023 tentang Perubahan atas PP 36 tahun 2021 tentang Pengupahan. 

Artinya, jika mengacu pada PP tersebut, maka akan terjadi kenaikan upah minimum pada 2025. Namun, sejalan dengan pernyataan Menko Airlangga, kata Susi pihaknya belum bisa memastikan berapa besarannya.

Berita mengenai teka teki UMP 2024 ini menjadi informasi yang paling banyak dibaca di kanal Bisnis Liputan6.com. Berikut daftarnya per Jumat (3/10//2024):

1. Teka-Teki Upah Minimum 2025, Bakal Naik?

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Pelaksana Tugas Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), mengatakan pihaknya masih menunggu data-data laporan dari Badan Pusat Statistik (BPS) terkait upah minimum.

"Kalau UMP siklusnya di bulan November nanti. Jadi, kita tunggu saja hasil daripada report dari BPS dulu," kata Airlangga saat ditemui di kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (3/10/2024).

Sebelumnya, Sekretaris Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso, mengatakan pemerintah akan tetap melakukan perhitungan upah minimum sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2023 tentang Perubahan atas PP 36 tahun 2021 tentang Pengupahan. 

Artinya, jika mengacu pada PP tersebut, maka akan terjadi kenaikan upah minimum pada 2025. Namun, sejalan dengan pernyataan Menko Airlangga, kata Susi pihaknya belum bisa memastikan berapa besarannya.

 

Baca artikel selengkapnya di sini


2. Deretan Alutsista Termahal TNI, Sambut HUT ke-79

Setelahnya, atraksi dilanjutkan dengan aksi pesawat tempur udara yang melintas di udara Halim sambil membentuk formasi angka 77. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar gladi bersih untuk mempersiapkan perayaan HUT TNI ke-79 yang berlangsung di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, pada Kamis pagi.

Acara ini dihadiri oleh Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto, bersama sejumlah pejabat keamanan dari berbagai negara. Gladi bersih ini diwarnai oleh berbagai pertunjukan menarik yang melibatkan aksi di darat, laut, dan udara.

Dimulai dengan atraksi udara, sejumlah penerjun payung dari pasukan TNI melakukan terjun bebas yang memukau para penonton. Setelah itu, pertunjukan berlanjut di darat, di mana prajurit TNI menampilkan keterampilan menggunakan kendaraan bermotor, mobil, serta kuda dalam simulasi pertahanan dari serangan musuh.

Salah satu aksi yang menarik perhatian adalah penampilan prajurit yang menuruni Monumen Nasional menggunakan tali, dengan posisi kepala mengarah ke bawah, menambah keseruan suasana gladi bersih tersebut.

 

Baca artikel selengkapnya di sini


3. Ahmad Muzani Resmi Jadi Ketua MPR Periode 2024-2029, Intip Rincian Kekayaannya

Wakil Ketua MPR yang juga Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani (Istimewa)

Ahmad Muzani resmi menjadi Ketua MPR periode 2024-2029. Hal itu telah ditetapkan dalam Sidang Paripurna MPR RI yang digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, 3 Oktober 2024.

Dari 732 anggota MPR, yang hadir sidang paripurna ada 545 anggota. Sidang dipimpin sementara MPR oleh Guntur Sasono.

"Rapat gabungan kemarin telah menyepakati Ketua MPR 2024-2029 H. Ahmad Muzani. Apakah hasil rapat gabungan terkait pimpinan MPR periode 2024-2029 dapat disetujui?," tanya Guntur.

"Setuju," jawab anggota Dewan.

"Alhamdulillah," Guntur mengetuk palu, demikian mengutip dari Kanal News Liputan6.com.

 

Baca artikel selengkapnya di sini

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya