7 Desain Rumah Klasik dan Jadul yang Populer, Ciptakan Suasana Nostalgia

Gaya rumah klasik dan jadul kini kembali populer, menggabungkan elemen retro dan vintage yang digemari oleh generasi milenial serta generasi Z.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 10 Okt 2024, 17:32 WIB
Rumah bergaya klasik (Sumber: Pinterest/Ümit Altkrdslr)

Liputan6.com, Jakarta Gaya desain rumah klasik dan jadul menawarkan pesona tersendiri bagi para pecinta arsitektur yang menginginkan nuansa nostalgia dalam hunian mereka. Dengan sentuhan elemen-elemen khas masa lampau, seperti ornamen kayu, jendela besar, dan atap tinggi, desain ini mampu menghadirkan atmosfer yang hangat dan mengundang kenangan.

Rumah dengan desain klasik tidak hanya memancarkan keindahan estetika, tetapi juga menawarkan kenyamanan yang beradaptasi dengan iklim tropis Indonesia, menjadikannya pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin merasakan kesejukan alami dalam rumah. Memadukan elemen klasik dengan sentuhan modern dapat menciptakan harmoni yang memukau, menjadikan rumah tidak hanya sekedar tempat tinggal, tetapi juga karya seni yang mempesona.

Renovasi dengan memadukan gaya jadul dan modern memungkinkan pemilik rumah untuk menikmati keindahan masa lalu tanpa mengorbankan kenyamanan dan fungsionalitas modern. Dengan pilihan desain yang tepat, rumah dapat menjadi ruang yang tidak hanya estetis, tetapi juga nyaman dan efisien, memenuhi kebutuhan gaya hidup masa kini sambil tetap mempertahankan pesona klasik yang abadi, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (10/10/2024).


1. Rumah Belanda Kuno dengan Sentuhan Modern

Rumah Belanda Kuno dengan Sentuhan Modern (Sumber: Pinterest)

Desain rumah kuno modern yang banyak diminati pertama adalah rumah dengan gaya Belanda klasik yang memiliki elemen modern. Gaya ini sering ditemukan di daerah Bandung dan Malang.

Banyak orang tertarik dengan desain rumah kuno modern ini karena tampilannya yang sederhana dan suasananya yang lebih sejuk dibandingkan dengan desain rumah tradisional. Penampilan yang bersih dan estetis membuat gaya ini kembali populer. Biasanya, desain ini cocok jika dipadukan dengan taman yang luas di bagian depan rumah.


2. Rumah Klasik Modern Bergaya Jadul

Rumah Klasik Modern dengan Sentuhan Jadul (Sumber: Pinterest/Ulrika von Yxkull)

Rumah dengan desain klasik modern yang menggabungkan elemen tradisional banyak diminati karena tampilannya yang khas dan menarik. Gaya ini menyatukan elemen klasik dengan sentuhan budaya Betawi, sehingga memberikan estetika yang lebih pada rumah.

Penggunaan warna merah dan hijau dalam desain rumah klasik modern ini menghadirkan nuansa mistis. Interior yang sangat modern menjadi pilihan ideal untuk menambahkan sentuhan yang unik.


3. Rumah Klasik Eropa Bergaya Modern

Rumah gaya Eropa klasik dengan sentuhan modern (Pinterest/Fabiola)

Apakah kamu tertarik dengan desain ala Barat? Rumah klasik dengan sentuhan modern ini mungkin cocok untukmu! Gaya Mediterania klasik yang dipadukan dengan elemen fasad modern memberikan daya tarik tersendiri untuk rumahmu. Jendela berbentuk lengkung di bagian bawah dan jendela panel persegi di bagian atas menjadi ciri khas dari rumah klasik ini, menciptakan tampilan yang unik dan tidak membosankan.

Untuk menambahkan elemen modern pada fasad rumah, kamu bisa mempertimbangkan lampu depan dengan desain kontemporer atau memilih pintu besi berdesain modern.


4. Rumah 2 Lantai Gaya Klasik Modern

Rumah 2 lantai dengan desain klasik modern (Sumber: Pinterest/Ümit Altkrdslr)

Desain rumah klasik modern ini bisa menjadi inspirasi untuk merombak rumah lamamu menjadi dua lantai. Kamu dapat mempertahankan dinding batu di bagian bawah untuk memberikan tampilan yang lebih menarik. Keunggulan dari desain ini adalah penerapan gaya kontemporer di lantai atas, sementara nuansa klasik tetap dipertahankan di lantai bawah. Rancangan ini tidak hanya menciptakan harmoni, tetapi juga bisa menghemat biaya sekaligus memberikan tampilan rumah yang istimewa!


5. Rumah Jawa Klasik Bergaya Modern

Rumah Gaya Jawa dengan Sentuhan Modern (Sumber: Pinterest/desneldi dausmar)

Merenovasi rumah tua di desa dengan menggabungkan gaya tradisional Jawa dan elemen modern menjadi salah satu pilihan yang digemari. Atap limasan atau desain khas Jawa bisa memberikan sentuhan budaya yang unik pada hunian Anda.

Mempertahankan dinding putih dengan pondasi batu dapat menciptakan tampilan khas dari desain rumah tradisional yang modern. Di bagian depan rumah, gunakan jendela geser besar sebagai pengganti dinding untuk memberikan sentuhan modern. Untuk keselarasan, gunakan kusen jendela dari bahan kayu!


6. Rumah Desa dengan Sentuhan Modern

Rumah bergaya klasik modern di pedesaan (Sumber: Pinterest/lee_yoon)

Apakah Anda ingin memperbarui rumah bergaya klasik dengan elemen modern di desa? Lihatlah desain yang satu ini! Usahakan untuk menjaga karakter asli rumah lama sambil menambahkan elemen modern yang tidak terlalu mencolok, seperti pencahayaan atau perabotan interior.

Desain rumah tradisional dengan sentuhan modern ini sangat cocok bagi Anda dengan anggaran terbatas yang ingin merenovasi secara bertahap. Anda bisa memulainya dengan mengecat ulang dinding menggunakan warna yang lebih segar dan modern serta mengganti lampu dengan yang memiliki nuansa lebih sejuk.


7. Rumah Bergaya Klasik Modern Estetik

Rumah Gaya Klasik Modern yang Estetis (Sumber: Pinterest/Susana Gómez)

Desain rumah klasik modern yang terakhir memiliki dimensi yang lumayan besar. Dengan estetika yang sangat minimalis, desain ini cocok untuk kamu yang menggemari tampilan simpel namun tetap menawan.

Desain ini terlihat lebih cerah dengan mengganti warna rumah klasik yang umumnya redup dan kusam menjadi putih dan merah bata yang lebih terang. Kamu juga bisa menambahkan elemen batu bata yang sedang populer saat ini!

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya