Makna Anting Berharga Rp52 Juta yang Dipakai Kate Middleton Saat Memeluk Remaja Penderita Kanker

Kate Middleton mengenakan anting Kuil Surga dalam penampilan publik pertamanya pasca kemoterapi, sebagai simbol kekuatan dan harapan dalam perjalanannya menuju pemulihan.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 04 Okt 2024, 08:01 WIB
Kate Middleton memeluk hangat remaja penderita kanker langka yang diundang ke Istana Windsor. (dok. Instagram @princeandprincessofwales/https://www.instagram.com/p/DAoPPEMNX6F/?img_index=1/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Jakarta - Foto publik pertama Kate Middleton setelah mengumumkan proses kemoterapi yang dijalaninya selesai memancarkan kehangatan. Pada foto yang diunggah pada 2 Oktober 2024, ia terekam memeluk erat Liz Hafton, remaja Inggris berusia 16 tahun, yang sedang menjalani pengobatan untuk mengatasi kanker langka dan agresif yang dideritanya.

"Senang bertemu dengan Liz di Windsor hari ini. Seorang fotografer muda berbakat yang kreativitas dan kekuatannya telah menginspirasi kami berdua," tulis Pangeran dan Putri Wales itu di media sosial.

"Terima kasih telah berbagi foto dan ceritamu dengan kami," sambung mereka diakhiri dengan menuliskan inisial nama keduanya, "W&C".

Pangeran William mengundang Liz dan keluarganya momen tersebut sebagai bagian mewujudkan 'daftar keinginan fotografinya'. Kepada BBC Radio 4, Liz menganggap pertemuan itu sebagai 'kejutan besar'.

Dalam kesempatan itu, Kate kembali dalam setelan smart casual bernuansa merah marun dari atas sampai bawah. Ia melengkapi penampilannya dengan sepasang anting Kuil Surga dari brand Cassandra Goad. Perhiasan itu merupakan koleksi lama Kate Middleton yang bermakna penting.

"Anting-anting Kuil Surga dengan emas kuning terinspirasi oleh Kaisar Tiongkok. Kaisar dianggap sebagai putra Surga, yang bertanggung jawab atas kekuatan surgawi untuk keberhasilan atau kegagalan pemerintahannya," kata situs web Cassandra Goad tentang anting-anting panjang tersebut, yang dijual seharga USD3.347 (sekitar Rp52 juta) dengan material emas kuning. 

Anting-anting unik itu pernah digunakan Kate saat menghadiri perayaan pra-nikah sepupu William, Zara Tindall, pada 2011. Ia kembali memakainya ke acara resepsi Place2Be, sebuah badan amal yang bergerak dalam isu kesehatan mental anak-anak di mana Kate berperan sebagai pelindung, pada 2014.

 


Jarang Kenakan Cincin Pertunangan

Kate Middleton tiba di Parade Pengawal Kuda untuk Parade Ulang Tahun Raja "Trooping the Colour" di London, Inggris, 15 Juni 2024. (JUSTIN TALLIS/AFP)

Cassandra Goad adalah merek yang didirikan oleh seorang perempuan yang berbasis di London. Anting-anting itu bukan satu-satunya koleksi Cassandra Goad yang dimiliki oleh Kate.

Ibu tiga anak tersebut juga memiliki Cavolfiore Pearl Studs yang dikenakannya saat menghadiri acara Trooping the Color pada Juni tahun ini. Parade ulang tahun Raja Charles adalah salah satu dari dua penampilan publik resmi Kate sepanjang tahun ini setelah dia mengumumkan pada bulan Maret bahwa dia sedang menjalani perawatan karena kanker.

Karena sudah menjadi kebiasaan barunya, Kate memilih untuk tidak mengenakan cincin pertunangan safir ikonik yang pernah menjadi milik mendiang ibu mertuanya, Putri Diana, dan menukarnya dengan cincin lain — yang telah dia lakukan berkali-kali baru-baru ini. Salah satu alasannya karena perubahan ukuran jarinya akibat pengobatan yang dijalaninya.

Princess of Wales merilis pesan video pada 9 September 2024 untuk mengumumkan bahwa dia telah menyelesaikan perawatan kemoterapi dan berbagi sedikit tentang apa yang dia bayangkan di bulan-bulan mendatang. "Melakukan apa yang saya bisa untuk tetap bebas kanker kini menjadi fokus saya. Meskipun saya telah menyelesaikan kemoterapi, jalan saya menuju kesembuhan dan pemulihan penuh masih panjang dan saya harus terus menjalaninya setiap hari," kata Kate.


Tugas Pertama Kate Middleton Usai Umumkan Pengobatan Kanker Selesai

Umumkan selesai jalani pengobatan kanker, intip makna di balik gaun yang dikenakan Kate Middleton. [@princeandprincessofwales].

Kate pun mulai bekerja meski tak langsung tampil di publik. Tugas perdananya saat itu tertuang dalam Surat Edaran Pengadilan resmi tentang tugas-tugas yang dilakukan bangsawan yang bekerja.

Melansir Mirror, Rabu, 18 September 2024, sebuah entri pada Selasa, 17 September 2024, berbunyi, "Putri Wales, Joint Patron, Yayasan Kerajaan Pangeran dan Putri Wales, sore ini mengadakan 'Pertemuan Anak Usia Dini' di Kastil Windsor." Bahkan saat masih menjalani pengobatan, perhatian Kate pada isu tersebut tetap besar.

Istana Kensington mengonfirmasi bahwa ini adalah pertama kali Kate bekerja sejak ia dirawat di rumah sakit pada Januari 2024 untuk operasi perut. Sang putri menghabiskan dua minggu di rumah sakit sebelum pulang untuk memulihkan diri di rumah.

Beberapa minggu kemudian, dokter menginformasikan diagnosis sekunder kanker sebelum ia memulai kemoterapi pencegahan. Kate mendapat pujian minggu lalu atas pernyataannya yang membicarakan tentang perjalanan kankernya yang "rumit, menakutkan, dan tidak terduga."

Menantu Raja Charles III ini berbagi, "Dengan kerendahan hati, itu juga membawa Anda berhadapan langsung dengan kerentanan Anda sendiri dengan cara yang belum pernah Anda pertimbangkan sebelumnya, dan dengan itu, (muncul) perspektif baru tentang segala hal."


Menonton Pertunjukan Balet

Kate Middleton. (dok. Instagram @princeandprincessofwales/https://www.instagram.com/p/C8NCRQKt4fA/Dinny Mutiah)

Penampilan perdana Kate di publik sejak ia mengumumkan bahwa kemoterapinya selesai adalah saat ia terlihat duduk di samping Pangeran William yang mengendarai mobil, akhir September 2024. Pasangan Wales itu bergabung dengan Raja Charles III dan Ratu Camilla untuk kebaktian minggu di Gereja Crathie Kirk di Balmoral, Aberdeenshire.

Mengutip Hello Magazine, Senin, 23 September 2024, Kate terlihat mengenakan mantel kotak-kotak berwarna cokelat. Kate memadankan busananya dengan topi bulu dari Hicks & Brown yang pernah dikenakannya saat kebaktian pada Agustus 2024. Sementara, Pangeran William terlihat necis dalam setelan jas dan dasi biru pucat. 

Selanjutnya, Kate juga menghadiri rapat untuk program Natal tahun ini yang biasa ditanganinya sejak beberapa tahun terakhir. Minggu lalu, ibu tiga anak itu juga menghadiri undangan untuk menyaksikan pertunjukan siang Giselle dari English National Ballet di Sadlers Wells. Melalui media sosial setelah pertunjukan tersebut, anggota kerajaan itu menulis, "Selamat dan terima kasih kepada @ENBallet dan @Sadlers_Wells atas penampilan Giselle Akram Khan yang luar biasa kuat, mengharukan, dan menginspirasi. Kreativitas yang terbaik! C."

Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya