Top 3 News: 20 Oktober 2024 Pensiun, Jokowi Sebut Tak Boleh Putuskan Hal Strategis

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan dirinya saat ini sudah tak bisa lagi memutuskan kebijakan-kebijakan yang bersifat strategis. Itulah top 3 news hari ini.

oleh Devira PrastiwiDelvira HutabaratAdy AnugrahadiLizsa Egeham diperbarui 04 Okt 2024, 10:16 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan sambutan dalam Gala Dinner KTT Indonesia-Africa Forum II di The Intercontinental Bali, Minggu (1/9/2024) malam. (Dok. Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan dirinya saat ini sudah tak bisa lagi memutuskan kebijakan-kebijakan yang bersifat strategis. Itulah top 3 news hari ini.

Pasalnya, masa jabatan Jokowi sebagai presiden akan berakhir pada 20 Oktober 2024. Hal ini disampaikan Jokowi saat menjawab pertanyaan awak media tentang pencabutan kebijakan dan membuka moratorium Daerah Otonomi Baru di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jokowi pun menjawab hal tersebut harus ditanyakan kepada pemerintahan baru sebab dirinya akan pensiun 17 hari lagi.

Sementara itu, Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI periode 2024-2029 resmi dilantik. Pimpinan MPR baru mengucapkan sumpah janji jabatan dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin.

Sidang paripurna pelantikan dan penetapan pimpinan MPR RI telah digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis 3 Oktober 2024.

Sembilan pimpinan MPR baru telah ditetapkan, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani terpilih sebagai Ketua MPR periode 2024-2029.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait seorang pria dilaporkan meninggal dunia dengan sejumlah luka di sekujur tubuhnya. Korban tewas diduga akibat dikeroyok.

Peristiwa ini terjadi di Jalan Kamal Muara, Penjaringan Jakarta Utara. Hal itu dibenarkan oleh Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Gidion Arif Setyawan.

Gidion mengatakan, awalnya, korban dengan terduga pelaku cekcok hingga akhirnya berujung penganiayaan. Terkait kejadian ini, satu orang terduga pelaku pun sudah diamankan.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Kamis 3 Oktober 2024:


1. 20 Oktober 2024 Pensiun, Jokowi: Saya Tak Boleh Putuskan Hal Strategis

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Senin, (4/12/2023). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan dirinya saat ini sudah tak bisa lagi memutuskan kebijakan-kebijakan yang bersifat strategis.

Pasalnya, masa jabatan Jokowi sebagai presiden akan berakhir pada 20 Oktober 2024.

Hal ini disampaikan Jokowi saat menjawab pertanyaan awak media tentang pencabutan kebijakan dan membuka moratorium Daerah Otonomi Baru di Nusa Tenggara Timur (NTT). Jokowi pun menjawab hal tersebut harus ditanyakan kepada pemerintahan baru sebab dirinya alan pensiun 17 hari lagi.

"Nanti ditanyakan ke presiden baru, ke pemerintahan baru. Saya ini tinggal tiga minggu, tidak boleh memutuskan hal yang strategis," kata Jokowi kepada wartawan di Kabupaten Alor, NTT, Kamis 3 Oktober 2024.

 

Selengkapnya...


2. Pimpinan MPR 2024-2029 Resmi Dilantik, Ada Rusdi Kirana hingga Ibas

Pelantikan pimpinan MPR periode 2024-2029. Pimpinan MPR baru mengikuti pembacaan sumpah dan janji jabatan di depan Ketua Mahkamah Agung, Kamis (3/10/2024). (tangkapan layar Youtube MPR)

Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI periode 2024-2029 resmi dilantik. Pimpinan MPR baru mengucapkan sumpah janji jabatan dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin.

Sidang paripurna pelantikan dan penetapan pimpinan MPR RI telah digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis 3 Oktober 2024.

Sembilan pimpinan MPR baru telah ditetapkan, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani terpilih sebagai Ketua MPR periode 2024-2029.

 

Selengkapnya...


3. Pria di Jakut Meninggal dengan Luka Sekujur Tubuh, Diduga Dikeroyok

Ilustrasi Penganiayaan di Banyuwangi (Istimewa)

Seorang pria dilaporkan meninggal dunia dengan sejumlah luka di sekujur tubuhnya. Korban tewas diduga akibat dikeroyok.

Peristiwa ini terjadi di Jalan Kamal Muara, Penjaringan Jakarta Utara.

Hal itu dibenarkan oleh Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol. Gidion Arif Setyawan. Dia mengatakan, awalnya, korban dengan terduga pelaku cekcok hingga akhirnya berujung penganiayaan.

"Persoalannya personal kemudian dianiaya hingga meninggal dunia. Korban cowok dewasa," kata Gidion dalam keterangannya, Kamis 3 Oktober 2024.

 

Selengkapnya...

Infografis Ragam Tanggapan Pertemuan SBY-Jokowi di Istana Bogor. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya