5 Foto Perpisahan Wahana Antariksa yang Dikirim ke Bumi

Selama misi penjelajahan alam semesta, sudah ada ribuan wahana antariksa yang diluncurkan manusia. Beberapa wahana antariksa berhasil pulang ke bumi, sementara sisanya menghancurkan diri setelah misi selesai ataupun melanjutkan misi.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 05 Okt 2024, 01:00 WIB
Planet Merkurius (Sumber: Pinterest/fatima)

Liputan6.com, Jakarta - Wahana antariksa menjadi salah satu teknologi yang sangat berjasa bagi perkembangan ilmu astronomi. Wahana ini dapat berupa pesawat luar angkasa, robot penjelajah, hingga satelit.

Selama misi penjelajahan alam semesta, sudah ada ribuan wahana antariksa yang diluncurkan manusia. Beberapa wahana antariksa berhasil pulang ke bumi, sementara sisanya menghancurkan diri setelah misi selesai ataupun melanjutkan misi.

Seolah ingin berpamitan dengan bumi, wahana antariksa ini mengirimkan foto terakhir mereka sebelum pergi. Melansir laman NASA pada Jumat (04/10/2024), foto perpisahan wahana antariksa yang dikirim ke bumi.

1. Pemandangan kawah di Merkurius oleh Messenger

Wahana antariksa robot Messenger mengirimkan foto hitam putih salah kawah Jokai Merkurius. Foto tersebut diambil oleh pesawat ruang angkasa Messenger dari jarak 93 kilometer, hanya sesaat sebelum ia menabrakkan diri ke permukaan Merkurius.

Messenger merupakan pesawat ruang angkasa pertama yang berhasil mengorbit Merkurius. Messenger diluncurkan pada 3 Agustus 2004 dan baru tiba di orbit Merkurius pada 18 Maret 2011.

Bertugas selama 4 tahun, Messager berhasil mengabadikan 200 ribu foto. Ia juga mempelajari geologi, medan magnet, hingga komposisi kimiawi dari Merkurius.

Berkat Messenger pula, kita tahu kalau planet ini menyimpan sejumlah besar air es di wilayah kutub yang gak pernah terkena sinar Matahari. Pada Desember 2014, NASA mengumumkan bahwa Messenger akan kehabisan bahan bakar.

Robot ini tidak mungkin kembali ke Bumi, NASA sengaja menghancurkan Messenger dengan cara menabrakkan dirinya ke permukaan Merkurius pada 30 April 2015 lalu.

 


Potret Pemandangan Venus oleh Venera 14

2. Potret Pemandangan Venus oleh Venera 14

Venera 14 memang bukan pesawat pertama yang dikirim ke Venus. Namun, robot ini yang pertama kali mengirimkan foto daratan Venus pada 1981.

Melansir Space Jumat (04/10/2024), Venera 14 diluncurkan pada 4 November 1981. Tidak seperti pesawat lain yang hanya bisa mengamati dari orbit, pesawat ini berhasil mendarat di permukaan Venus pada 5 Maret 1982.

Begitu tiba, Venera 14 melakukan pengeboran, menganalisis tanah dan batuan, hingga memotret panorama di permukaan Venus. Sedihnya, suhu Venus yang mencapai 470 derajat Celsius membuat wahana antariksa ini tidak dapat bertahan lama di sana.

Venera 14 mati total setelah 57 menit dari pendaratannya di Venus.

3. Foto Selfie Mars InSight di Mars

NASA mengirimkan pesawat Mars InSight untuk meneliti planet Mars. Mars InSight diluncurkan pada Mei 2018 dan tiba di Mars pada November 2018.

Hampir mirip dengan Venera, InSight bertugas untuk mempelajari interior Mars yang berlapis-lapis. Selain itu, InSight yang dilengkapi dengan seismometer juga berhasil merekam gempa berkekuatan 4,7 magnitudo yang terjadi di Planet Merah.

Sayangnya setelah bekerja selama 4 tahun, InSight harus pensiun. Lapisan debu tebal yang menutupi panel surya membuat pesawat ini kehabisan daya.

Pada 19 Desember 2022, NASA membagikan sebuah swafoto Mars InSight tertutup debu lengkap dengan cuitan selamat tinggal.

 


Suasana Malam Hari di Saturnus oleh Cassini

4. Suasana Malam Hari di Saturnus oleh Cassini

Wahana Cassini mengirimkan gambar hitam putih suasana malam di Saturnus dari jarak 634 ribu kilometer. Diambil pada 14 September 2017 lalu, foto ini merupakan foto terakhir wahana robotik Cassini sebelum akhirnya menjatuhkan diri ke atmosfer planet gas pada keesokan harinya.

Cassini diluncurkan pada 15 Oktober 1997, menempuh perjalanan sejauh 1,2 miliar kilometer, dan tiba pada 30 Juni 2004. Berkat wahana robotik ini, ilmuwan mendapat banyak informasi berharga mengenai planet Saturnus, mulai dari sifat awan, komposisi atmosfer, struktur cincin.

Cassini juga menemukan lautan metana cair di Titan dan aktivitas hidrotermal di Enceladus. Setelah 13 tahun penelitian, pada 15 September 2017, Cassini terbang memasuki atmosfer Saturnus.

Lalu, ia terbakar dan hilang di antara awan-awan tebal Saturnus.

5. Foto Bumi oleh Voyager I

Voyager 1 sempat mengambil potret bumi dari kejauhan, foto ini dikenal dengan nama Pale Blue Dot. Pale Blue Dot diambil dari jarak 6,4 miliar kilometer.

Saking jauhnya, bumi yang besar hanya terlihat seperti titik biru pucat di tengah kegelapan alam semesta. Foto yang diambil pada 14 Februari 1990 ini semakin istimewa karena menjadi foto terakhir Voyager I di tata surya.

Pasalnya begitu keluar dari tata surya, NASA mematikan kamera Voyager I untuk menghemat daya. Voyager I diluncurkan pada 5 September 1977 dan masih aktif hingga saat ini.

Selama perjalanannya, Voyager I berhasil menemukan beberapa satelit baru milik Jupiter dan Saturnus. Saat ini, Voyager I sudah memasuki ruang antar bintang yang berjarak 20 miliar kilometer dari bumi.

Mengingat jaraknya yang jauh, mustahil bagi Voyager I untuk kembali terbang ke bumi.

(Tifani)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya