Demo Supir Angkot di Kota Bekasi, Tri Adhianto Bakal Integrasikan Sistem Transportasi Umum

Tri mengatakan, solusi yang diajukan mencakup integrasi angkot ke dalam sistem transportasi umum yang lebih besar sebagai feeder atau penghubung rute pemukiman ke jalur utama Transpatriot.

oleh Tim News diperbarui 04 Okt 2024, 11:50 WIB
Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto dan Abdul Harris Bobihoe sampaikan komitmen menciptakan sistem angkotan umum terintegrasi di Kota Bekasi. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, merespons demo pengemudi angkot yang melakukan aksinya di Gedung DPRD siang ini, Rabu, 2 Oktober 2024 lalu dengan menawarkan solusi terbaik untuk menjaga kesejahteraan para pengemudi angkot, sembari tetap mendukung keberlanjutan transportasi umum terintegrasi.

Tri Adhianto, yang juga menjadi  figur utama dalam pengembangan sistem transportasi di Kota Bekasi pada masa jabatanya sebagai Wakil Walikota dan Plt Walikota periode 2019-2024, menegaskan bahwa keberadaan Biskita ataupun Transpatriot adalah bagian dari upaya besar untuk menghadirkan transportasi publik terintegrasi yang lebih nyaman, efisien, dan terjangkau bagi seluruh warga kota Bekasi.

Dia juga mengakui bahwa kekhawatiran yang disampaikan oleh para pengemudi angkot adalah hal yang perlu diperhatikan serius.

"Saya sangat memahami keresahan para pengemudi angkot terkait dampak yang mereka rasakan. Kita semua ingin mencari solusi terbaik untuk semua pihak. Saya yakin, angkot dan Biskita atau Transpatriot bisa berjalan berdampingan sebagai bagian dari sistem transportasi yang terintegrasi," ujar Tri Adhianto dalam pernyataannya.

Tri mengungkapkan solusi yang diajukan mencakup integrasi angkot ke dalam sistem transportasi umum yang lebih besar sebagai feeder atau penghubung rute pemukiman ke jalur utama Transpatriot. 

Selain itu, ia juga menyebutkan rencana untuk peremajaan angkot serta memberikan pelatihan keterampilan bagi para pengemudi angkot, yang memungkinkan mereka beradaptasi dengan perubahan, atau bahkan mengalihkan mereka ke sektor transportasi modern dengan pendapatan yang lebih stabil.

"Kami tidak hanya fokus pada pembangunan sistem transportasi yang modern, tetapi juga memastikan bahwa para pengemudi angkot tidak ditinggalkan. Kami ingin mereka terlibat dalam perubahan ini, melalui program peremajaan angkutan umum, pelatihan, insentif, dan subsidi yang dapat membantu mereka selama masa transisi," tambahnya.

 


Pentingnya Kedepankan Dialog

Calon Walikota dan Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto dan Harris Bobihoe atau RIDHO mendapatkan nomor urut 3 (Istimewa)  

Tri juga menekankan pentingnya dialog terbuka antara pengemudi angkot, pemerintah, dan masyarakat. Menurutnya, kolaborasi adalah kunci untuk mencapai solusi yang menguntungkan semua pihak, tanpa mengabaikan kepentingan siapapun.

"Kita harus mencari solusi yang inklusif. Nanti kita ajak dialog dan kolaborasi, saat itu (peluncuran Biskita) kita juga sering berdialog dengan pengemudi.saya yakin kita bisa mewujudkan publik transport Kota Bekasi yang semakin nyaman, dan sejahtera bagi semua warganya," pungkasnya.

Sejak diluncurkannya Transpatriot dan BisKita, masyarakat Kota Bekasi sangat antusias menyambut kehadiran moda transportasi tersebut. Terlebih hadirnya LRT dan pembangunan MRT semakin mendekatkan warga untuk mendapatkan solusi transportasi terintegrasi yang lebih nyaman, aman, murah dan tepat waktu.

Namun, di sisi lain, para pengemudi angkot merasa bahwa keberadaan Transpatriot mengurangi jumlah penumpang mereka secara signifikan.

Dengan upaya untuk menyeimbangkan kepentingan semua pihak, Tri Adhianto yang kini sedang mencalonkan diri sebagai Walikota Bekasi berkomitmen menciptakan sistem transportasi yang lebih baik bagi Kota Bekasi, sekaligus memperhatikan kesejahteraan para pengemudi angkot yang telah lama menjadi bagian dari dinamika transportasi di kota ini.

Infografis Bila Kotak Kosong Menang di Pilkada 2024, Apa yang Terjadi? (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya