Be Careful! Ini Cara Jitu Terhindar dari Link Palsu Pemulihan Akun DANA

Biar nggak terjebak dalam jebakan badman link palsu pemulihan akun DANA, kamu perlu berhati-hati sama modus penipuan tersebut.

oleh Fachri pada 04 Okt 2024, 12:40 WIB
Ilustrasi perempuan menerima link palsu. (sorapopu@gmail.com/Depositphotos.com)

Liputan6.com, Jakarta Sekarang ini, kamu pasti sudah akrab banget dengan transaksi digital, terutama lewat aplikasi kayak DANA. Meskipun praktis, ada satu hal yang perlu diwaspadai, yakni link palsu untuk pemulihan akun. 

Bagaimana nggak? Sering kali, banyak orang yang tanpa sadar mengklik link tersebut dan berisiko kehilangan data pribadi mereka. Jadi, penting banget buat kita semua lebih hati-hati dan tahu cara menghindarinya!

Selain itu, biasanya penipu mengemas link palsu tersebut sangat rapi dan terlihat seolah-olah resmi. Misalnya yang sering ditemui, penipu bakal bilang kalau akun DANA kita dibekuin dan ia mengirimkan link palsu pemulihan akun serta akan mendesak kita buat buru-buru klik linknya.

Melihat hal itu, sangat rapi bukan modus operandi yang dilakukan penipu yang mengatasnamakan DANA? Nggak cuma itu, para penipu juga pintar banget nyamar jadi pihak DANA dengan mengirim pesan yang meyakinkan.

Bayangkan, kamu bisa saja tanpa sadar memberikan akses ke akun kita hanya karena kurang teliti. Oleh karena itu, penting untuk mengenali tanda-tanda yang bisa membantu kita membedakan mana yang benar-benar asli dan mana yang cuma tipuan.

Biar nggak terjebak dalam jebakan badman link palsu pemulihan akun DANA, kamu perlu berhati-hati sama modus penipuan tersebut. Untuk itu, kamu perlu melakukan beberapa hal di bawah ini, ya!

Langkah hindari jebakan link palsu pemulihan akun DANA. (Foto: Istimewa)

Monitor

Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah monitor setiap ada pesan yang mencurigakan. Jika ada yang mengirim link pemulihan akun DANA, jangan langsung di klik. Kamu harus mengecek sendiri terlebih dahulu akun DANA kamu dan memastikan apa akun DANA kamu benar dibekukan atau tidak. Jika tidak, abaikan link atau laporkan oknum tersebut.

Konfirmasi

Setelah monitor, kamu pun perlu memeriksa kembali aktivitas mencurigakan tersebut apakah benar dari sumber terpercaya dengan copy paste link/nomor/atau sosial media ke fitur yang sudah disediakan di DANA Protection.

Lapor

Terakhir, kamu perlu melaporkan oknum mencurigakan yang menghubungi melalui DANA Protection. Laporan itu pun bisa dibuat melalui fitur Lapor via Aduan Nomor yang nantinya akan menyambungkan kamu ke layanan dari KOMINFO.

Itulah ketiga cara jitu yang bisa dilakukan agar nggak terkena Jebakan Badman Link Palsu Pemulihan Akun DANA. Eits, kamu pun bisa melakukan konfirmasi dan lapor di DANA Protection yang ada di aplikasi DANA, lho.

Nggak cuma itu, kamu pun bisa mengecek nomor atau link atau akun sosmed palsu atau asli dari DANA. So, selalu tingkatkan kewaspadaan agar tidak terjebak Jebakan Badman Link Palsu Pemulihan Akun DANA, ya!

Kalau akun DANA kamu dibekukan, langsung saja lapor ke DANA Customer Care melalui DIANA atau melalui email resmi help@dana.id dan call center 1500 445. 

Last but not least, jangan lupa juga untuk unduh dan gunakan aplikasi DANA sekarang juga agar transaksi sehari-hari kamu makin mudah dan satsetsatset.

 

(*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya