9 Tanda Pasangan Sedang Membohongimu, Gestur Tubuhnya Tak Bisa Menipu

Memastikan kejujuran pasangan adalah kunci untuk memelihara hubungan yang sehat dan memuaskan.

oleh Miranti diperbarui 18 Okt 2024, 15:39 WIB
Ilustrasi Foto Pasangan Bertengkar (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Dalam sebuah hubungan, kejujuran adalah fondasi yang sangat penting untuk membangun kepercayaan dan kedalaman emosional. Namun, terkadang pasangan dapat menyembunyikan kebenaran atau berbohong, yang dapat merusak kepercayaan dan mengganggu stabilitas hubungan.

Memastikan kejujuran pasangan adalah kunci untuk memelihara hubungan yang sehat dan memuaskan. Melalui pengamatan terhadap gerak-gerik dan perilaku mereka, kamu bisa mendapatkan wawasan yang lebih baik mengenai apa yang mungkin terjadi di balik kata-kata mereka.

Walaupun tidak mudah untuk mendeteksi kebohongan, ada beberapa indikator yang dapat membantumu mengetahui apakah pasanganmu sedang tidak jujur. Ayo, bahas lebih lanjut sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (18/10/2024):

 


1. Menghindari Kontak Mata

Ilustrasi Bertengkar dengan Pasangan Credit: pexels.com/cottonbro

Pasanganmu yang berbohong cenderung menghindari kontak mata secara langsung denganmu. Mereka mungkin melihat jam tangan atau ke arah lain dan tidak mau menatap matamu atau seakan-akan ingin menyudahi.  

2. Terlalu Banyak Detail 

Pasanganmu yang berbohong cenderung memberikan terlalu banyak detail yang tidak relevan. Mereka mungkin berbicara terlalu banyak dan tidak memberikan sedikit detail yang spesifik. 

3. Bicara Tidak Jelas

Pasanganmu yang berbohong cenderung berbicara tidak jelas dan tidak memberikan sedikit detail yang spesifik. Mereka mungkin berbicara dengan nada suara yang tinggi atau justru nadanya terlalu rendah. 


4. Menggunakan Bahasa Tubuh yang Tidak Sesuai

Gambar oleh Pexels/Vera Arsic

Pasanganmu yang berbohong cenderung menggunakan bahasa tubuh yang tidak sesuai dengan situasi. Mereka mungkin menghindari kontak mata, menggulung tangan, atau berbicara dengan nada suara yang tidak sesuai. 

5. Menghindari Pertanyaan 

Pasanganmu yang berbohong cenderung menghindari pertanyaan yang spesifik. Mereka mungkin tidak mau menjawab pertanyaan yang jelas dan cenderung menghindari diskusi yang jelas. 

6. Menggunakan Kalimat Tidak Jelas 

Pasanganmu yang berbohong cenderung menggunakan kalimat yang tidak jelas dan tidak memberikan sedikit detail yang spesifik. Mereka mungkin berbicara dengan nada suara yang tinggi atau justru nadanya terlalu rendah. 


7. Menghindari Kontak Fisik

Ilustrasi Bertengkar dengan Pasangan/https://www.freepik.com/lookstudio 

Pasanganmu yang berbohong cenderung menghindari kontak fisik denganmu. Mereka mungkin tidak mau berpegangan tangan, berpelukan, atau berbicara dengan nada suara yang tidak sesuai.

8. Reaksi Berlebihan

Jika pasanganmu bereaksi secara berlebihan terhadap pertanyaan sederhana, seperti menunjukkan kemarahan atau defensif, ini bisa menjadi tanda bahwa mereka merasa terpojok dan mungkin tidak jujur.

9. Kebiasaan Menggaruk atau Mengusap Wajah

Jika pasanganmu sering menggaruk atau mengusap wajah saat berbicara, ini bisa jadi tanda kecemasan. Tindakan ini sering kali merupakan respons fisik terhadap ketegangan emosional saat berbohong.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya