Kolaborasi Diaz Hendropriyono dan Deddy Corbuzier, Rilis Film Dokumenter Dangerous Humans

Dokumenter ini merupakan hasil kerja Diaz selama menjabat sebagai Staf Khusus Presiden RI, dan film ini bisa diakses oleh publik melalui kanal YouTube.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 04 Okt 2024, 18:09 WIB
Kolaborasi Diaz Hendropriyono dan Deddy Corbuzier, Rilis Film Dokumenter Dangerous Humans (doc: Liputan6/SulungLahitani)

Liputan6.com, Jakarta Diaz Hendropriyono baru saja meluncurkan film dokumenter berjudul "Dangerous Humans: Towards Zero eMissions?" dalam acara yang digelar di The Lounge XXI Plaza Senayan. Dokumenter ini merupakan hasil kerja Diaz selama menjabat sebagai Staf Khusus Presiden RI, dan film ini bisa diakses oleh publik melalui kanal YouTube.

Dalam film tersebut, Diaz mengangkat permasalahan besar terkait krisis iklim yang menurutnya dapat mengancam kelangsungan hidup manusia di Bumi, kecuali gaya hidup kita bertransformasi menjadi lebih ramah lingkungan.

“Pada akhir buku itu saya tanya dengan penjelasan mengenai climate change, global warming, kita ini sebenarnya sedang ada di persimpangan jalan, teman-teman mau ke arah mana? Mau ke arah Indonesia net zero emissions atau kita menuju ke arah tanpa atau zero ecological missions?” ujar Diaz dalam sambutannya.

Dalam pembuatan film ini, Diaz tidak bekerja sendirian. Deddy Corbuzier, yang turut hadir di acara peluncuran, juga ambil bagian dalam produksi film dokumenter tersebut. Deddy menjelaskan alasannya terlibat dalam proyek ini adalah karena ia merasa perlu menyuarakan isu-isu krisis iklim kepada generasi muda.

“Yang jadi masalah adalah di zaman sekarang buku setebal itu dengan isi yang luar biasa seperti itu, saya tidak yakin anak-anak zaman sekarang punya attention attached selama itu untuk membaca buku. Jadi idenya adalah bagaimana kalau bukunya kita filmkan karena kalau nanti kita filmkan attentionnya lebih lama,” jelas Deddy.

 


Menampilkan kisah-kisah EcoPreneurs

Kolaborasi Diaz Hendropriyono dan Deddy Corbuzier, Rilis Film Dokumenter Dangerous Humans (doc: Liputan6/SulungLahitani)

Film yang berdurasi sekitar satu jam ini menampilkan kisah ratusan EcoPreneurs dari berbagai daerah di Indonesia. Diaz berharap para EcoPreneurs ini dapat didukung oleh masyarakat luas agar inovasi-inovasi produk ramah lingkungan yang mereka kembangkan bisa berkontribusi dalam mengurangi emisi Gas Rumah Kaca.

Sebelum pemutaran film, acara ini juga diramaikan dengan diskusi panel bedah buku yang menjadi landasan pembuatan film tersebut. Buku dengan judul yang sama telah dirilis pada November 2023.

Diskusi panel dipandu oleh Cazadira Fediva Tamzil, Head of Public Policy Pijar Foundation, dan menghadirkan lima perwakilan EcoPreneurs terkemuka, yaitu Kevin Pudjiadi dari Casion, Helga Angelina dari Green Rebel Foods, Bob Effendi dari Thorcon Power Indonesia, Juan Apriliano dari Plana, serta Tommy Tjiptadjaja dari Greenhope Indonesia.

 


Apresiasi terhadap EcoPreneurs

Dalam diskusi tersebut, Tommy Tjiptadjaja memberikan apresiasi atas dukungan Diaz terhadap para EcoPreneurs di Indonesia. “Terima kasih Mas Diaz atas dukungannya terhadap kami-kami ecopreneur. Saya rasa buat kita semua beliau adalah Father of Ecopreneurs,” ujarnya.

Film dokumenter "Dangerous Humans: Towards Zero eMissions?" tayang secara serentak pada 4 Oktober 2024 melalui kanal YouTube di laman @DangerousHumansMovie.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya