Debat Pilkada Jakarta, Suswono: Biasa Saja, Tak Ada Persiapan Khusus

Terkait tema debat, Suswono menyatakan akan fokus menyampaikan sesuai visi-misi RIDO yakni Jakarta menjadi kota global.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 04 Okt 2024, 18:18 WIB
Ridwan Kamil-Suswono akan bersaing dengan pasangan Pramono Anung-Rano Karno dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Debat perdana Pilkada Jakarta akan digelar pada Minggu (6/10/2024). Calon Wakil Gubernur nomor urut 01, Suswono mengaku tak ada persiapan khusus. Namun ia memastikan sudah menguasai materi yang akan disampaikan.

“Saya biasa saja, enggak ada persiapan khusus, yang penting menguasai atau paling tidak gagasan apa yang akan disampaikan,” kata Suswono di DPRD Jakarta, Jumat (4/10/2024).

Terkait tema debat, Suswono menyatakan akan fokus menyampaikan sesuai visi-misi RIDO yakni Jakarta menjadi kota global.

“Seperti dalam visi menjadikan Jakarta sebagai kota global dan maju dengan karya inovatif berkeadilan dan sejahtera, itukan visi RIDO. Sebagai kota global pasti diperlukan SDM yang mengiringi bagaimana tantangan kota global ke depan, yang tentu saja tidak lagi berbasis ke industri tetapi lebih kepada ekonomi kreatif yang diperlukan SDM Yang kreatif pula,” paparnya.

Terkait rencana pelarangan penggunaan singkatan dalam debat, Suswono menilai pelarangan itu hal baik.

“Oh bagus lah, kalau namanya singkatan mestinya harus dijelaskan,” kata dia.

“Saya kira terlalu apa ya, terlalu naif lah kalau sekadar menjebak dengan singkatan yang menjadikan kurang kepada substansi gagasannya,” pungkasnya.


Respons RK

Sebelumnya, Calon Gubernur nomor urut 01 Ridwan Kamil (RK) mengaku persiapan ditinya dan Suswono sudah matang dan mantap sehingga sangat siap menghadapi debat. “Udah mantap, Insya Aallah aman,” kata RK di DPRD Jakarta, Jumat (4/10/2024).

RK mengaku sudah membaca detail poin-poin yang akan disampaikan selama debat, ia juga sudah berlatih agar bisa memanfaatkan waktu singkat atau durasi dalam debat.

“Gimana waktu yang pendek gimana caranya pesan diterima dengan semaksimal mungkin.

"Semoga tidak ada demam panggung, tapi Insya Allah siap,” kata RK.

Apalagi, kata RK, ia sudah berpengalaman mengikuti debat, sehingga sudah memiliki mental dan siap menghadapinya.

“Itu bedanya kami, kami ada sedikit pengalaman,” pungkasnya.


Debat Perdana

Sebelumnya, KPU Jakarta akan menggelar debat perdana Pilkada Jakarta pada Minggu, 6 Oktober 2024, berlokasi di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Jakarta, Astri Megatari, menyebut panelis debat akan berjumlah tujuh orang.

"7 orang (panelis) rencananya," kata kepada Astri wartawan, Rabu (2/10/2024).

Rencananya, menurut Asrti, tema debat akan diumumkan pada 3 Oktober mendatang. “Lokasi debat di JIExpo. Dimulai pukul 19.00 WIB. Tema debat kami umumkan di technical meeting tanggal 3 (Oktober) ya," kata dia.

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya