Kolaborasi Bibit dan Stockbit dalam Seni dan Investasi di Art Jakarta 2024

Dalam gelaran Art Jakarta 2024, memamerkan karya rajutan dalam bentuk hewan yang terinspirasi dari celengan ayam bentuk plastik dan tanah liat untuk menambung.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 05 Okt 2024, 14:03 WIB
Booth Bibit.id dan Stockbit di Pameran Art Jakarta, Jiexpo, Kemayoran.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk kelima kalinya, Bibit.id dan Stockbit, berkolaborasi dengan Art Jakarta. Pada edisi kali ini, mereka bekerja sama dengan Komunitas Rajut Kejut untuk menyampaikan pesan bahwa keuangan dan seni dapat berjalan seiring, saling memberikan manfaat.

Acara Art Jakarta 2024 berlangsung dari 4 hingga 6 Oktober di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Dalam gelaran ini, memamerkan karya rajutan dalam bentuk hewan yang terinspirasi dari celengan ayam bentuk plastik dan tanah liat untuk menambung.

“Ini terinspirasi dari hal simpel dan mengingatkan kita pada zaman kecil dulu. Dari kecil kita diajarkan untuk menambung. Setelah dewasa Bibit.id dan Stockbit berupaya mengajak orang di luar bukan hanya menabung, tetapi juga berinvestasi,” ujar PR & Coroporate Communication Lead Bibit.id, William, dalam Acara Art Jakarta, Jumat (4/10/2024).

Karya seni yang dipamerkan ini diberi nama ‘Knit by Knit’ atau sehelai demi sehelai. Merupakan karya dari seniman Cinanti Astria Johansjah (Keni) dan Komunitas Rajut Kejut.

“Di masa yang segalanya serba instan ini, saya dan Komunitas Rajut Kejut mengajak pengunjung untuk melihat dan mengalami kembali ketekunan, membuat sesuatu dengan perlahan-lahan dan bersama-sama. Para pengunjung yang mampir ke booth Bibit dan Stockbit juga bisa ikut serta merajut karya seni yang sudah kami sediakan,” ujar Keni.

Bibit.id dan Stockbit mengajak para pengguna dan pengunjung booth di acara Art Jakarta ini untuk konsisten dalam menyisihkan uang dan mencapai tujuan keuangan di masa depan dengan melakukan investasi.

Sama hal nya dengan merajut yang dilakukan oleh ibu-ibu komunitas Rajut Kejut yang menekankan pada proses dimulai dari nol hingga menjadi hasil yang utuh. Bibit.id dan Stockbit juga menekankan hal demikian dalam mencapai tujuan keuangan perlu konsisten pada prosesnya terlebih dahulu.

Selain itu, pengunjung dan investor aplikasi Bibit.id dan Stockbit juga diberi kesepatan belajar secara langsung membuat rajutan hewan besama dengan ibu-ibu komunitas Rajut Kejut.


Hubungan Seni dan Investasi

Ibu-ibu Komunitas Rajut Kejut sedang merajut bentuk hewan dalam Booth Bibit.id dan Stockbit di Pameran Art Jakarta.

Bibit.id dan Stockbit menggundang para pengguna untuk menikmati karya seni rajut dan karya seni Art Jakarta sebagai bentuk apresiasi sudah menjadi investor dari aplikasi ini.

Dengan adanya undangan kegiatan seni ini, Bibit.id dan Stockbit berharap dapat meningkatkan conversation dan juga awareness kepada para pengguna dan calon pengguna yang ingin bergabung. Sehingga, pengguna dapat memberikan masukan kepada Bibit.id dan Stockbit untuk melakukan peng-upgradean sesuai dengan kebutuhan pengguna. 

Bibit.id dan Stockbit juga ingin mengingatkan bahwa investasi bukan judi, pertarungan, atau sesuatu yang dapat membuat seseorang kaya dalam semalam. 

“Kalau mau cari hal tersebut di Bibit engga bisa. Seperti reksadana butuh waktu dan proses yang konsisten untuk mencapai tujuan keuangan. Bibit juga menawarkan solusi-solusi yang aman,” ucap William

Selama tiga hari bersamaan dengan Art Jakarta Bibit.id dan Stockbit berupaya menegaskan bahwa perlu konsisten, pengorbanan, dan kesabaran dalam mencapai tujuan keuangan. Sama halnya dengan pembuatan rajut hewan dalam pameran booth Bibit.id dan Stockbit yang membutuhkan waktu. 

Hal ini didorong atas dasar masalah investor pemula yang ingin terjun, tetapi belum punya pengetahuan tentang hal tersebut. Selain itu, dorongan rasa malas dan godaan lainnya menjadi alasan Bibit. id ikut berkolaborasi di tengah-tengah seni.

“Untuk bisa mencapai kesadaran itu, kami merasa bahwa pameran seni adalah cara untuk mengingatkan kepada masyarakat bahwa ayo berinvestasi yang engga ribet,” ungkap William. 


Penawaran Bibit.id dan Stockbit kepada Para Pengguna

Wawancara dengan William, PR & Coroporate Communication Lead Bibit.id dalam Acara Art Jakarta.

Berdasaran data Google Play Store per Mei 2024 pengguna Bibit.id sudah mencapai 10 juta orang hal ini dilihat dari jumlah download apikasi. Pengguna dari aplikasi investasi ini sendiri 91% merupakan kalangan generasi milenial dan generasi z usia dibawah 30 tahun.

Selama penggunaanya, pengguna sekaligus investor dari berbagai kalangan baik menegah hingga level atas mendapatkan perlakuan yang sama dari segi pelayanan dan sebagainya.

Pada acara ini beberapa investor diundang untuk hadir dalam acara Art Jakarta. Hal ini menjadi salah satu benefit yang dirasakan oleh pengguna aplikasi Bibit.id dan Stockbit. Selain itu, bibit juga memanfaatakan situasi ini sebagai ajang pertemuan dengan para investor loyal yang bergabung di dalam aplikasi ini.

Hal ini dapat meningkatkan interaktivitas antara brand dan customer untuk meningkatkan loyalitas.

Selama acara Bibit.id dan Stockbit juga menawarkan promo khusus yang memberikan manfaat kepada penggunanya. Selain itu, aplikasi investasi ini juga terbuka untuk calon pengguna baru.

“Di pojok sana ada orang-orang yang engga berhenti berinvestasi dan mencari promo-promo menarik. Untuk nasabah yang baru juga bisa buat akun dan bisa nanya langsung soal produk dan investasi. Tim kami stand by selama tiga hari,” ujar William.

Dalam aplikasi ini, penyebutannya bukan lagi penggunakan investasi, melainkan menggunakan kata SIP atau Systematic Invesment Plan seperti negara luar. Hal ini mempermudah pengguna dalam memetakan tujuan keuangan sesuai dengan kebutuhannya.

SIP dalam aplikasi ini dibuat secara transparan tanpa biaya admin, tanpa biaya penjualan, serta biaya pembelian.

Bibit. id dan Stockbit juga bekerja sama dengan Bank Jago me-launching RND Syariah berbasis digital. Nasabah dapat berinvestasi reksadana, obligasi negara fixed rate (FR), dan saham.

Infografis 6 Keuntungan Indonesia bila Kuasai 61 Persen Saham Freeport. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya