Jokowi Puji Prabowo di Upacara HUT TNI: Terima Kasih Telah Tingkatkan Kekuatan Pertahanan Indonesia

Jokowi mengatakan, Prabowo terus berupaya meningkatkan kekuatan pertahanan militer dengan modernisasi alat utama sistem persenjataan (Alutsista) TNI.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 05 Okt 2024, 10:13 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wapres Ma’ruf Amin dan presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto datang bersamaan menghadiri acara HUT TNI di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024) (Foto: BPMI Setwapres).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rasa terima kasih secara khusus kepada Prabowo Subianto atas kinerja selama menduduki jabatan Menteri Pertahanan.

"Secara khusus saya juga ingin menyampaikan terimakasih kepada Menteri Pertahanan, Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto sekaligus sebagai Presiden terpilih," kata Jokowi dalam sambutan di Upacara HUT ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024).

Jokowi mengatakan, Prabowo terus berupaya meningkatkan kekuatan pertahanan militer dengan modernisasi alat utama sistem persenjataan (Alutsista) TNI. Juga memperkuat diplomasi pertahanan dengan pelbagai negara.

"(Prabowo) telah meningkatkan kekuatan pertahanan Indonesia dalam menghadapi berbagai macam tantangan, dengan modernisasi alutsista, mendorong industri pertahanan dalam negeri dan memperkuat diplomasi pertahanan di kancah global dan masih banyak lagi," ujar dia.

Ucapan terimakasih juga disampaikan Jokowi untuk seluruh prajurit TNI yang telah mendukung kerja-kerja sebagai presiden selama 10 tahun terakhir.

"Terimakasih atas loyalitas dan pengabadian seluruh prajurit TNI bagi rakyat, bagi bangsa dan negara. Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia," ujar dia.

Jokowi mengatakan, TNI turut berkontribusi besar dalam mengatasi persoalan bangsa dan negara.

"10 tahun memimpin pemerintahan saya merasakan betul peran dan kontribusi nyata tni, dalam menjaga kedaulatan negara, dalam menjaga persatuan dan stabilitas politik, serta membantu mengatasi berbagai tantangan dan krisis," ujar dia.


Momen Gibran Sambut Kedatangan Jokowi-Iriana saat HUT ke-79 TNI

Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka ikut menghadiri upacara peringatan HUT ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lapangan Monas Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024).

Prabowo-Gibran telah tiba di Monas sekitar pukul 07.30 WIB. Keduanya pun menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana.

Prabowo menyalami Jokowi dan Iriana terlebih dahulu. Setelah itu, Gibran menyalami kedua orang tuanya, Jokowi dan Iriana. Jokowi tampak tertawa sejenak usai bersalaman dengan Gibran.

Mereka pun bersama-sama memasuki lokasi upacara. Jokowi, Prabowo, dan Wapres Ma'ruf Amin jalan terlebih dahulu, disusul Gibran dibelakangnya. Ada pula putra Gibran, Jan Ethes Srinarendra ikut menghadiri HUT ke-79 TNI.

Jokowi, Ma'ruf Amin, Iriana dan Prabowo tampak duduk berdekatan di barisan depan. Sementara itu, Gibran duduk di barisan kedua di sisi sebelah kiri Jokowi dan Prabowo.


Tema HUT TNI

Sebelumnya, Kapuspen TNI, Mayjen TNI Hariyanto, menjelaskan bahwa tema HUT kali ini adalah "TNI Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju".

Adapun Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertindak sebagai inspektur upacara dalam perayaan tersebut.

"Kegiatan ini tidak hanya melibatkan TNI, tetapi juga tiga matra, yaitu TNI AD, TNI AL, dan TNI AU," ujar Hariyanto kepada wartawan di Monas, Kamis (3/10/2024).

Infografis Jokowi Naikkan Pangkat Prabowo Jadi Jenderal Kehormatan TNI. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya