Hasil MotoGP Jepang 2024: Manfaatkan Celaka Pedro Acosta, Francesco Bagnaia Juara Sprint Race

Francesco Bagnaia sukses keluar sebagai juara sprint race di MotoGP Jepang 2024, setelah Pedro Acosta selaku pemilik pole position mengalami crash meski sempat memimpin balapan cukup lama.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 05 Okt 2024, 13:37 WIB
Dua pembalap dari Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia (kanan) dan Enea Bastianini finis sebagai duo teratas dalam balapan sprint MotoGP Jepang 2024 pada Sabtu (5/10/2024) siang WIB. Marc Marquez melengkapi podium setelah finis di urutan 3. (BAY ISMOYO/AFP)

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia berhasil keluar sebagai juara Sprint Race MotoGP Jepang 2024 yang digelar di Sirkuit Twin Motegi pada Sabtu (5/10/2024) siang WIB.

Dia menyeruduk ke posisi teratas setelah emmanfaatkan crash pemilik pole position, Pedro Acosta, dengan podium dua dan tiga kemudian dilengkapi oleh rekan setim Enea Bastianini serta rider Gresini Racing Marc Marquez.

Menilik jalannya laga, Pedro Acosta sempat kesulitan memanfaatkan previliesenya sebagai pemilik pole position. Posisinya di urutan terdepan balapan dengan cepat direbut oleh sang juara dunia Francesco Bagnaia di putaran pertama.

Acosta harus puas menghuni urutan kedua dengan interval 0.180 detik di lap dua. Dia diikuti oleh Enea Bastianini, Brad Binder, dan Marc Marquez yang melengkapi posisi 5 besar.

Rider Red Bull GASGAS coba mengganggu dominasi Bagnaia setelahnya. Upaya tersebut membuahkan hasil dengan dia mampu merebut kembali tempat terdepan memasuki lap ketiga MotoGP Jepang 2024.

Di sisi lain, Marc Marquez perlahan mulai memacu kuda besinya lebih kencang. Dia mampu naik satu setrip ke urutan empat ketika balapan menyisakan 10 putaran lagi, dengan Jorge Martin kini gantian menghuni rurutan 5.

Nestapa menimpa wakil tuan rumah di lap 5. Takaaki Nakagami mengalami crash usai bersinggungan dengan Zarco. Situasi tersebut memaksa dia keluar dari lintasan, sementara rider Jerman terkena long lap penalty.

 


Persaingan Sengit Acosta, Bagnaia, dan Bastianini

Pembalap Red Bull GasGas Tech3, Pedro Acosta. (Marco BERTORELLO / AFP)

Persaingan sengit tersaji di lap 7. Tiga pembalap yakni Acosta, Bagnaia, dan Bastianini saling berdekatan untuk memperebutkan posisi terdepan. Namun, Acota tak begitu saja mau menyerahkan takhtanya, dengan dia mampu menjaga dominasi untuk tetap berada di urutan pertama.

Tak ada perubahan di posisi 5 besar hingga balapan menyisakan 4 putaran lagi. Namun, Pedro Acosta yang sudah begitu nyaman menghuni tempat terdepan justru mendadak mengalami crash. Hal itu membuat otomatis terlempar dari posisinya, setelah sejak tadi menghuni peringkat teratas.

Sang juara Pecco Bagnaia Bagnaia naik mengambil alih urutan terdepan, diikuti Enea Bastianini dan Marc Marquez. Jorge Martin memasuki 4 besar dengan dibuntuti Franco Morbidelli.

Di dua lap tersisa, Marc Marquez terpaut 0.342 detik dari Enea Bastianini. Pembalap Gresini Racing itu lantas terlibat pertarungan sengit dengan rival terdekatnya di lap 11 untuk memperebutkan posisi dua.

Marquez sempat naik satu setrip untuk sesaat. Akan tetapi Bastianini langsung mengambil kembali posisinya hingga memasuki lap terakhir. Urutan 3 besar tak berubah sampai balapan usai. Bagnaia, Bastianini dan Marquez jadi pemilik 3 podium teratas.


Hasil Sprint Race MotoGP Jepang 2024

Dari kiri ke kanan, dua pembalap dari Ducati Lenovo Team Enea Bastianini yang berada di posisi kedua dan Francesco Bagnaia (posisi pertama), bersama Marc Marquez (Gresini Racing MotoGP) yang berada di posisi ketiga melakukan selebrasi di podium setelah balapan sprint MotoGP Grand Prix Indonesia 2024 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 28 September 2024. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Peringkat-Pembalap-Asal-Tim (Motor)

1. Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP24)

2. Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP24)

3. Marc Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)

4. Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP24)

5. Franco Morbidelli ITA Pramac Ducati (GP24)

6. Fabio Di Giannantonio ITA VR46 Ducati (GP23)

7. Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)

8. Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)

9. Maverick Viñales SPA Aprilia Racing (RS-GP24)

10. Marco Bezzecchi ITA VR46 Ducati (GP23)

11. Raul Fernandez SPA Trackhouse Aprilia (RS-GP24)

12. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)

13. Luca Marini ITA Repsol Honda (RC213V)

14. Johann Zarco FRA LCR Honda (RC213V)

15. Augusto Fernandez SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)

16. Alex Rins SPA Monster Yamaha (YZR-M1)

17. Lorenzo Savadori ITA Aprilia Factory (RS-GP24)

18. Remy Gardner AUS Monster Yamaha (YZR-M1)

19. Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)

Aleix Espargaro SPA Aprilia Racing (RS-GP24)

Pedro Acosta SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)

Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)


Jadwal MotoGP Jepang 2024

Dengan kemenangan ini, Francesco Bagnaia kini memiliki 329 angka menempel ketat Jorge Martin di puncak klasemen sementara MotoGP 2024. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Minggu, 6 Oktober 2024

07.40-07.50 WIB: Pemanasan

12.00 WIB: Balapan

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya