Blusukan ke Kota Malang, Cagub Risma Tinjau Sungai Bandulan dan Tawarkan Solusi Atasi Banjir

Risma menawarkan beberapa solusi untuk mengatasi banjir akibat sungai yang meluap. Ia menyarankan perbaikan infrastruktur pintu air dan pengerukan sedimentasi sungai yang sudah dangkal

oleh Muhamad Ridlo diperbarui 05 Okt 2024, 14:41 WIB
Cagub Tri Rismaharini didampingi calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Heri Cahyono dan Ganis Rumpoko bersama Warga Kota Malang meninjau sungai di Kampung Bandulan Gang 1, Kecamatan Sukun, Kota Malang. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Satu demi satu daerah rawan banjir disisir Tri Rismaharini, Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur (Jatim) nomor urut 3. Setelah Kabupaten Sampang dan Kota Pasuruan, kini giliran Kota Malang mendapat perhatian.

Pada Kamis (3/10/2024), Cagub Risma blusukan ke Kampung Bandulan Gang 1, Kecamatan Sukun, untuk meninjau langsung kondisi sungai yang sering meluap dan menyebabkan banjir saat hujan deras.

Risma didampingi Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim, Sri Untari Bisowarno, serta calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Heri Cahyono dan Ganis Rumpoko, mendengarkan keluhan dan aspirasi masyarakat yang terdampak banjir.

Setibanya di lokasi, Risma menyaksikan sistem drainase yang harus diperbaiki dan penumpukan sampah yang menyumbat aliran air.

“Setiap hujan deras, Bu. Airnya masuk ke rumah-rumah, segini Bu,” ungkap salah seorang warga, sambil menunjuk genangan air setinggi lutut.

Risma menyusuri Kampung Bandulan Gang 1, berjalan di antara gang-gang sempit yang diapit rumah-rumah kecil. Ia berhenti sejenak di tepi sungai, memandang aliran air keruh dan pintu air tua yang sudah berkarat.

 


Dengarkan Aspirasi Masyarakat Langsung

Cagub Tri Rismaharini didampingi calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Heri Cahyono dan Ganis Rumpoko bersama Warga Kota Malang meninjau sungai di Kampung Bandulan Gang 1, Kecamatan Sukun, Kota Malang. (Foto: Istimewa)

Dalam peninjauan ini, Risma menawarkan beberapa solusi untuk mengatasi banjir akibat sungai yang meluap. Ia menyarankan perbaikan infrastruktur pintu air dan pengerukan sedimentasi sungai yang sudah dangkal.

“Perlu normalisasi sungai, tapi yang saya pikirkan adalah bagaimana mendatangkan alat beratnya,” ujarnya.

Risma juga mengusulkan peningkatan kapasitas drainase serta penghijauan di daerah sekitar aliran sungai untuk mengurangi dampak air meluap saat hujan deras.

Kunjungan ini menjadi bagian dari komitmen Risma untuk mendengarkan langsung aspirasi masyarakat dan mengambil langkah nyata dalam mengatasi permasalahan yang ada di Jawa Timur, terutama terkait penanganan bencana.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya