Silaturahmi Lintas OKP dan Ormas, Pj Gubernur Sulbar Tegaskan Selalu Buka Dialog

Pj Bahtiar memberi kesempatan OPK dan Ormas untuk menyampaikan pandangan mereka terkait program pemerintah

oleh Abdul Rajab Umar diperbarui 06 Okt 2024, 00:00 WIB
Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin silaturahmi dengan OKP (Foto: Liputan6.com/Istimewa)

Liputan6.com, Mamuju - Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Bahtiar Baharuddin menggelar silahturahmi dan dialog dengan sejumlah Organisasi Kepemudaan (OKP) se Sulbar yang dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sabtu (05/10/24).

Pada kesempatan itu, perwakilan sejumlah OKP menyampaikan pandangannya terkait jalannya pemerintahan saat ini, khususnya Pemprov Sulbar. Lima perwakilan yang mendapat kesempatan dalam sesi tanya jawab, yakni perwakilan GMNI, Permahi Mamuju, HMI, PMII dan Ipmapus.

Bahtiar Baharuddin pun membuka seluas-luasnya kesempatan kepada OKP dan Ormas untuk menyampaikan pandangan dan pendapatnya atas program yang saat ini tengah dijalankan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar. 

Kesempatan itu pun tak disia-siakan oleh OKP dan Ormas yang hadir. Lima perwakilan menyampaikan apresiasi kepada Bahtiar Baharuddin atas ruang silaturahmi yang dibuka, seperti yang disampaikan Ketua HMI Manakarra, Ansar. Menurutnya, dialog menjadi sesuatu yang di tunggu-tunggu dan menjadi budaya sipakalaqbi di Sulbar, demi menyelesaikan sebuah permasalahan. 

Terkait program pemerintah yang saat ini tengah dijalankan, para mahasiswa dan pemuda memberikan mendukungan penuh, khususnya dalam mendorong sektor pertanian, perkebunan, kelautan dan perikanan, yang telah digagas Bahtiar Baharuddin sejak ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sulbar.

Selain apresiasi, OKP dan Ormas menyampaikan aspirasinya dalam kesempatan itu. Seperti, penyelesaian konflik agraria yang melibatkan perusahaan dan masyarakat. Selain itu, mengenai stunting dan kemiskinan ekstrem, kasus pelecehan yang perlu mendapat perhatian lebih, serta anak putus sekolah. 

Bahtiar Baharuddin pun berterimakasih atas kehadiran sejumlah OKP dalam forum silaturahmi yang pihaknya gelar. Ia menjelaskan, forum silaturahmi bertujuan untuk memikirkan bersama membangun Sulbar. Hal itu juga dilakukan sebagai upaya menjaga agar proses demokrasi di Sulbar tetap beradab.

"Setelah pertemuan ini bagaimana teman-teman bisa menjadi bagian dari program yang akan dijalankan pemerintah. Kita tumbuh bersama, program ini bukan kepada siapa-siapa, tetapi untuk masyarakat," kata Bahtiar Baharuddin.

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri itu pun berharap, agar OKP lebih sering berdialog dengan pemerintah dan bersmama-sama bergerak, mengelola alam secara bijaksana, agar bermanfaat bagi peradaban kedepannya.

"Kami mohon maaf, mungkin kami belum memberikan pelayanan terbaik. Namun sekali lagi, jangan ragukan ketulusan kami untuk masyarakat. Saya mendukung aspirasi kawan-kawan, selama itu untuk mensejahterakan rakyat," tuturnya. 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya