2 Pulau Indonesia Masuk Daftar Pulau Terbaik di Asia Versi Conde Nast Traveler Readers Choice Awards 2024

Salah satu pulau terbaik di Asia itu adalah Bali. Namun, bukan sekali ini saja Pulau Dewata masuk dalam daftar bergengsi Conde Nast Traveler.

oleh Asnida Riani diperbarui 06 Okt 2024, 07:00 WIB
Sirkuit Mandalika yang kini menjadi venue ajang seri keempat Asia Road Racing Championship 2023, 11 hingga 13 Agustus 2023, menjadi salah satu arena balap motor dengan panorama yang indah. Keindahannya tak lain karena Sirkuit Mandalika berbatasan langsung dengan pantai pesisir selatan Pulau Lombok. Sungguh indah melihatnya dari atas ketinggian Bukit Seger seperti yang Bola.com alami pada Jumat, (11/8/2023). Berikut beberapa penampakannya. (Bola.com/Iqri Widya)

Liputan6.com, Jakarta - Conde Nast Traveler Readers Choice Awards kembali dirilis. Di edisi ke-27 tahun ini, majalah perjalanan tersebut masih membagi penghargaan ke dalam sejumlah kategori, termasuk Pulau Terbaik di Asia, yang ada dua pulau di Indonesia di dalamnya. 

"Setelah lima tahun jadi kurator penghargaan ini bersama 'saudara' kami di AS, kami memutuskan 'memisahkan diri,' yang berarti tanggapan di daftar penghargaan ini murni didasarkan pada suara dari Inggris," kata publikasi itu, dilansir dari situs webnya, Sabtu, 5 Oktober 2024.

Di balik semua tren, mulai dari coolcation, hingga astro-tourism, menurut Conde Nast Traveler, keinginan sederhana untuk menjelajah, bersantai, dan melarikan diri ke pulau yang dipenuhi pohon kelapa atau perkemahan safari alam liar, juga ke hotel perkotaan dengan bar di atap, adalah esensi perjalanan yang mereka tangkap.

Di daftar Pulau Terbaik di Asia, Bali kampiun sebagai juara, dengan skor 95,71. Sementara itu, Lombok, menutup daftar 10 besar, mencatat skor 90,21. Secara lengkap, berikut 10 Pulau Terbaik di Asia menurut Conde Nast Traveler Readers Choice Awards 2024:

  1. Bali, Indonesia (95,71)
  2. Phu Quoc, Vietnam (95,36)
  3. Koh Samui, Thailand (94,29
  4. Langkawi, Malaysia (94,21)
  5. Penang, Malaysia (91,34)
  6. Phuket, Thailand (90,83)
  7. Koh Lanta, Thailand (90,71)
  8. Andaman Islands, India (90,48)
  9. Sri Lanka (90,34)
  10. Lombok, Indonesia (90.21)

Bukan sekali ini saja Bali masuk dalam daftar bergengsi Conde Nast Traveler. Tahun lalu, outlet tersebut merilis daftar "51 Tempat Paling Cantik di Dunia" per 31 Oktober 2023. Di antara puluhan destinasi wisata, Ubud Bali memastikan tempatnya di sana.

Dalam deskripsnya ditulis, "Meski Ubud sangat ramai, area ini hanya berjarak beberapa menit dari puluhan desa kuno dan pemandangan pedesaan yang damai. Sewa sepeda motor atau sepeda di hotel Anda dan jelajahi pedesaan, kebun jeruk, dan sawah."


Wakil Lainnya dari Asia Tenggara

Menikmati keindahan alam di Tegalalang. (Foto: Fimela.dok)

Semuanya, kata CN Traveler, dirawat para petani yang menjaga terasering seperti yang dilakukan generasi sebelumnya selama ribuan tahun. Bukan peringkat, majalah itu mengulas tempat demi tempat menakjubkan di berbagai belahan dunia terdasarkan abjad.

Dari Asia Tenggara, ada juga Cameron Highlands, Malaysia. "Terletak di negara bagian Pahang, kawasan seluas 275 mil persegi (712 km persegi) ini merupakan rumah bagi perkebunan teh terbesar di negara ini," kata mereka.

Lalu, terdapat pula Ha Long Bay, Vietnam yang terkenal karena perairan birunya dan hamparan pulau-pulau kapur, "semuanya dipenuhi pepohonan tropis dan satwa liar," sebutnya.

Negara tetangga Filipina juga "mengirim" wakilnya, Palawan. "Dengan laguna biru dan tebing kapur, mudah dimengerti mengapa Palawan secara konsisten dipilih sebagai salah satu pulau terbaik di dunia oleh pembaca kami," kata mereka.

"Ini juga merupakan rumah bagi Puerto Princesa Subterranean River yang menakjubkan, sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO yang mengalir sejauh lima mil (sekitar delapan km) melalui sistem gua bawah tanah," imbuhnya.


Readers

Alila Villas Uluwatu menawarkan liburan musim panas yang indah untuk membangun ikatan dan menciptakan kenangan spesial. / Foto: Alila Villas Uluwatu.

Di Readers' Choice Awards 2023, beberapa destinasi di Indonesia berhasil masuk daftar, mulai dari kategori resort sampai pulau terbaik. Mengutip situs webnya, 5 Oktober 2023, publikasi itu menulis, "Jika 2022 adalah tahun untuk kembali melakukan perjalanan, 2023 merupakan waktu di mana kita mengkalibrasi ulang hal-hal yang benar-benar penting. Tampaknya hanya sedikit yang menghilang ke dalam metaverse, (orang) lebih memilih pertemuan di kehidupan nyata, mulai dari 'melarikan diri' ke hutan belantara hingga kemewahan perkotaan yang terhubung dengan baik."

"Dari hasil yang diperoleh dari penghargaan pilihan pembaca kami ke-26, yang merupakan tahun kelima berturut-turut kami bekerja sama dengan pembaca kami di AS, terlihat jelas bahwa Anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu dan uang dibandingkan sebelumnya untuk bepergian," sambung pihaknya.

"Sebagian besar dari tujuan tersebut merupakan destinasi baru, serta perjalanan yang didasari budaya, kuliner lokal, dan keberlanjutan," imbuhnya. Naik turunnya dunia pelayaran pun terus berlanjut, sementara bagi sebagian di antara pembaca, festival musik adalah sebuah tiket perjalanan.


Resort sampai Pulau Terbaik

ilustrasi destinasi kintamani di Bali//copyright unsplash/ayadi ghaith

"Namun, jangan lupa bahwa penghargaan-penghargaan ini dan para pemenangnya yang tersebar di seluruh dunia adalah contoh pengalaman perjalanan Anda selama bertahun-tahun, tempat yang Anda impikan untuk kembali lagi," sebut Conde Nast Traveler.

Di kategori "Resort Terbaik di Dunia," ada Alila Villas Uluwatu, Bali, Indonesia, bersama beberapa nama lain, termasuk The Ritz-Carlton Langkawi Malaysia sebagai pemenang "the rest of Asia," dan Banyan Tree Veya Phuket Thailand. Sementara di kategori "Pulau Terbaik di Dunia," Bali kampiun sebagai pemenang tunggal.

Penghargaan itu berbanding terbalik dengan daftar 100 lokasi tourist trap di dunia rilisan publikasi AS, USA Today, untuk menghindari pelancong "menghabiskan waktu atau uang untuk pengalaman yang mengecewakan." Di dalam list, terdapat tiga destinasi wisata di Bali.

Outlet itu menempatkan Tegallalang Rice Terrace di peringkat ke-12 dengan total 38.199 ulasan, 198 kali penyebutan tourist trap, dan frekuensi 0,52 persen. Kemudian, ada Sacred Monkey Forest Sanctuary di peringkat ke-82 dengan 38.867 ulasan, 37 penyebutan tourist trap, dan frekuensi 0,10 persen atas perhitungan tersebut.

Terakhir, dengan 82.499 ulasan, 68 penyebutan tourist trap, dan frekuensi 0,08 persen, ada Tanah Lot di posisi ke-89.

Infografis Ragam Ulah Turis Asing Sewa Sepeda Motor di Bali. (Liputan6.com/Trieyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya