2 Gempa Dangkal Guncang Bogor dan Garut Dini Hari Tadi, Terasa hingga Bandung

Dua gempa dangkal terjadi hanya berselang empat menit di dua wilayah Provinsi Jawa Barat. Kedua gempa yang terjadi di Bogor dan Garut berpusat di darat.

oleh Nafiysul Qodar diperbarui 06 Okt 2024, 06:24 WIB
Dua gempa dangkal guncang wilayah Bogor dan Garut pada Minggu (6/10/2024) dini hari. Terasa hingga wilayah Bandung. (Foto: BMKG)

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi dangkal dua kali terjadi di wilayah Provinsi Jawa Barat pada Minggu (6/10/2024) dini hari tadi. Gempa pertama dengan kekuatan magnitudo 2,5 terjadi di wilayah Kota Bogor pada pukul 02:40:48 WIB.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di darat 7 km tenggara Kota Bogor atau pada koordinat 6.65 LS 106.83 BT. Getaran gempa dengan kedalaman 5 km itu dapat dirasakan dalam skala II MMI di wilayah Bogor.

Sekitar empat menit berselang, gempa dangkal kembali terjadi di wilayah Jawa Barat. Kali ini gempa berpusat di darat 16 km barat laut Kabupaten Garut atau pada koordinat 7.18 LS 107.75 BT. 

Gempa dengan kekuatan magnituod 2,7 itu terjadi pada pukul 02:44:39 WIB. Getaran gempa dengan kedalaman 8 km itu dapat dirasakan dalam skala II MMI di wilayah Majalaya dan Bandung.

Adapun skala II MMI adalah getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. 

Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan resmi terkait dampak yang ditimbulkan dari dua gempa dangkal yang terjadi di wilayah Jawa Barat tersebut.

 

Baca Juga: Cara Antisipasi Diri Hadapi Bencana Gempa Bumi

Infografis BMKG Sebut Gempa Megathrust di Indonesia Tinggal Tunggu Waktu. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya