Polisi Kerahkan 1.634 Personel Amankan Debat Perdana Pilkada Jakarta 2024

Penjagaan paling banyak difokuskan di pintu masuk dan area pendukung paslon sebanyak 231 personel.

oleh Muhammad Ali diperbarui 06 Okt 2024, 08:24 WIB
Sebelumnya, pada Minggu (22/9/2024), Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menetapkan tiga pasang calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian mengerahkan 1.634 personel gabungan untuk mengamankan jalannya debat pertama pasangan calon (paslon) gubernur dan calon wakil gubernur (cagub-cawagub) Pilkada Jakarta di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, mulai pukul 19.00 WIB.

"Dalam rangka pengamanan debat pertama Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024 ini, kami melibatkan sejumlah 1.634 personel gabungan yang akan ditempatkan di Jakarta International Expo (JIExpo)," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro, Jakarta, Minggu (6/10/2024).

Personel gabungan yang dikerahkan berasal dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI Jakarta, dan instansi terkait. Personel yang terlibat pengamanan ditempatkan di ring 1 yakni pada area debat Pilkada Jakarta, ring 2 sekitar lobi dan pintu masuk JIExpo, kemudian ring 3 pada sektor terluar pintu-pintu masuk ke kawasan JIExpo hingga di kantong-kantong parkir.

Penjagaan paling banyak difokuskan di pintu masuk dan area pendukung paslon sebanyak 231 personel, sedangkan di sekitar lobi untuk menjaga massa paslon sebanyak 494 personel, lalu pintu masuk VIP pasangan calon gubernur dan wakil gubernur sebanyak 208 personel.

"Penjagaan kami fokuskan di pintu masuk dan area lobi untuk menjaga massa ataupun pendukung setiap pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, sedangkan yang lainnya berjaga di ring 1, 2, dan 3," ujar Susatyo.

Terkait pengalihan arus lalu lintas di sekitar area JIExpo Kemayoran, kata Susatyo, hal itu bersifat situasional. Artinya, rekayasa arus lalu lintas akan diberlakukan melihat perkembangan dinamika di lapangan.

"Bila nanti di sekitar JIEXpo Kemayoran ini ada massa tim sukses (timses), pendukung paslon cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka akan kami lakukan rekayasa lalu lintas," ucap Susatyo.

Susatyo mengimbau kepada masyarakat pengguna jalan raya untuk menghindari kawasan JIExpo Kemayoran yang menjadi lokasi debat pertama paslon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, serta mencari jalan alternatif lainnya untuk menghindari kepadatan lalu lintas.

Selain itu, Susatyo menegaskan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak humanis dan melayani warga dengan santun. Personel yang terlibat pengamanan juga tidak ada yang membawa senjata.

 


KPU Gelar Debat Pilkada Jakarta

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggelar debat pertama pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada DKI Jakarta 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat hari ini mulai pukul 19.00 WIB.

Durasi debat nantinya berlangsung selama 150 menit. Peserta debat tersebut adalah Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) paslon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dari independen nomor urut 2, dan Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel) nomor urut 3. KPU DKI Jakarta membagi menjadi enam segmen debat perdana calon gubernur dan wakil gubernur (cagub-cawagub) di Pilkada Jakarta 2024 yang diawali dengan pemaparan visi dan misi masing-masing paslon.

Kemudian, segmen kedua dan ketiga menjadi bagian setiap pasangan calon, segmen keempat dan kelima akan tanya-jawab antarpaslon serta segmen keenam penutup. Adapun KPU DKI Jakarta menjadwalkan debat tahap dua dari calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jakarta pada 27 Oktober yang dilanjutkan debat ketiga pada 17 November.

Infografis Adu Program 3 Paslon di Debat Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya