Polisi Siapkan Pasukan Khusus Kawal Para Pendukung Paslon di Debat Pilkada Jakarta

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro menyampaikan, berdasarkan pengalaman saat pendaftaran ataupun pengambilan nomor urut, momen tersebut selalu dihadiri oleh massa pendukung non-undangan.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 06 Okt 2024, 17:53 WIB
Deklarasi Kampanye Damai Pilgub Jakarta 2024. (Foto: Youtube Bawaslu DKI Jakarta)

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menyiapkan rangkaian pengamanan dalam rangka menyukseskan acara debat perdana Pilkada Jakarta 2024. Salah satunya demi mengantisipasi terjadinya gesekan antar pendukung paslon calon gubernur dan wakil gubernur.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro menyampaikan, berdasarkan pengalaman saat pendaftaran ataupun pengambilan nomor urut, momen tersebut selalu dihadiri oleh massa pendukung non-undangan. Undangan massa tiap paslon saat itu hanya 110 orang, namun yang datang bisa mencapai 500 sampai 600 orang.

“Itu baik masa dari ketiga paslon. Tentu ini juga menjadi perhatian kami, kami menyiapkan pasukan khusus per paslon agar tidak terjadi gesekan antar masa paslon,” tutur Susatyo kepada wartawan, Minggu (6/9/2024).

Menurutnya, ada sebanyak 1.634 personil gabungan yang diturunkan, terdiri dari TNI-Polri hingga penyelenggara Pilkada 2024. Seluruhnya mengisi ring 1 yakni di dalam area debat, serta ring 2 dan ring 3 yang berada di luar lokasi.

“Itu per 15 menit itu sudah diatur siapa yang datang duluan, kemudian pada pukul berapa. Kami juga berharap agar paslon bisa tepat waktu dan sampai dengan saat ini kami belum melakukan rekayasa lalu lintas. Kami masih memonitor dan berkoordinasi dengan para petugas pengawal,” jelas dia.

Dia pun mengimbau kepada seluruh pendukung untuk menjaga ketertiban dan mendukung kelancaran acara debat Pilkada Jakarta 2024. Pihaknya juga menyiapkan tempat khusus untuk massa non-undangan.

“Agar masa non-undangan bisa menjaga ketertiban, bisa dewasa berdemokrasi, tidak saling memprovokasi. Apalagi mungkin nanti situasi perdebatan ada dinamika tentu juga itu kami antisipasi. Agar masa non-undangan yang berada di luar juga tidak ikut terprovokasi dengan situasi perdebatan yang ada di dalam,” Susatyo menandaskan.

 


Debat Perdana Pilkada Jakarta Digelar Malam Ini

Tiga pasang cagub-cawagub mengangkat tangan bersama seusai Deklarasi Kampanye Damai untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024 di kawasan Kota Tua, Jakarta, Selasa (24/9/2024). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta akan menggelar debat perdana Pilkada Jakarta 2024 pada malam ini, Minggu (6/10/2024). Debat perdana yang akan digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat ini mengusung tema 'Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global'.

Mereka yang akan debat adalah ketiga pasangan calon (paslon) Pilgub Jakarta 2024, yaitu Ridwan Kamil-Suswono, Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan Pramono Anung-Rano Karno.

Sejumlah persiapan pun dilakukan oleh para calon gubernur (cagub). Salah satunya Ridwan Kamil (RK) yang mengaku siap menjalani debat terbuka perdana di Pilgub Jakarta 2024.

"Ya sesuai temanya sudah dibaca, poin-poin yang nanti disampaikan, sudah dihafalkan kira-kira begitu ya," kata RK ditemui di Jakarta Selatan, seperti dikutip Kamis 3 Oktober 2024.

Meski sudah berpengalaman saat maju di Pilgub Jabar, RK tidak mau menganggap enteng pesaingnya pada debat perdana Pilkada Jakarta 2024 malam nanri. Dia mengakui, segala sesuatunya tengah dipersiapkan, termasuk berlatih.

"Ya nanti disiapkan, hasilnya saya bahas di debat, panjang soalnya. Yang pasti sekarang latihan debat," kata RK kepada awak media di Jakarta, seperti dikutip Jumat (4/10/2024).


Paslon Lainnya

Kemudian, Cagub Jakarta nomor urut 2 Dharma Pongrekun mengaku tidak memiliki persiapan khusus menghadapi debat perdana Pilkada Jakarta 2024.

"Tidak ada persiapan khusus jelang debat. Tema debat sama dengan apa yang saya kampanyekan dalam program saya, menyelesaikan dari akarnya yaitu ekonomi," ucap Dharma.

Sementara, Cagub Jakarta nomor urut 3 Pramono Anung menyatakan sudah siap berlaga dalam debat perdana Pilgub Jakarta 2024. Sebab, bagi dia, mempersiapkan materi debat bukanlah hal baru.

"Jadi kalau secara materi kami sudah siap dan ini bukan hal yang baru bagi saya pribadi. Saya sudah berkali-kali menjadi pendamping utama untuk calon presiden," terang Pramono.

Infografis Moderator, Panelis hingga Jadwal Debat Perdana Pilgub Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya