Resep Membuat Bola Ubi Ungu Santan, Dessert Manis Dijamin Bikin Ketagihan

Bola ubi merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari ubi ungu dan gula merah.

oleh Miranti diperbarui 09 Okt 2024, 18:43 WIB
ilustrasi ubi ungu untuk kesehatan usus/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Beragam camilan bisa kamu buat sendiri di rumah daripada harus membelinya di luar, salah satunya adalah gorengan manis berbentuk bola-bola ubi yang disajikan dengan kuah santan yang gurih. Bola ubi merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari ubi ungu dan gula merah. Dengan rasa manis yang lezat, bola ubi menjadi favorit banyak orang.

Bola ubi ungu santan adalah salah satu hidangan penutup yang jarang ditemukan. Daripada membelinya, lebih baik mencoba membuatnya sendiri di rumah. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan yang diperlukan.

Ubi ungu yang menjadi bahan utama memiliki rasa manis dan gurih yang membuat siapa saja ketagihan setelah mencobanya. Ayo, simak resep bola ubi ungu sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Rabu (9/10/2024).


1. Bahan-Bahan

ilustrasi ubi ungu untuk sistem kekebalan tubuh/pixabay
  • 120 gram ubi ungu
  • Gula secukupnya
  • Sedikit garam
  • 80 gram tepung tapioka
  • 40 ml air
  • 500 ml air
  • Daun pandan
  • Tepung tapioka
  • 100 ml santan instan

2. Cara Membuat

Ilustrasi kue dari ubi ungu/copyright freepik.com/dashu83
  1. Potong 120 gram ubi ungu menjadi beberapa bagian, kukus hingga empuk, lalu haluskan dalam sebuah wadah.
  2. Dalam wadah yang berisi ubi ungu yang sudah dihaluskan, tambahkan 2 sendok makan gula, sedikit garam, 80 gram tepung tapioka, dan 40 mililiter air. Aduk hingga merata dan bentuk menjadi bola-bola kecil.
  3. Didihkan 500 mililiter air bersama 100 gram gula dan sedikit garam. Tambahkan daun pandan yang sudah diikat agar aromanya keluar, lalu masukkan bola ubi saat air sudah mendidih. Setelah itu, tambahkan sedikit tepung tapioka yang sudah dilarutkan untuk membuat kuahnya lebih kental ketika disajikan bersama bola ubi ungu.
  4. Untuk membuat kuah santan, campurkan 200 mililiter air dengan 100 mililiter santan instan. Masukkan daun pandan, garam, dan gula secukupnya ke dalam wajan yang berisi campuran santan. Tambahkan tepung tapioka yang sudah dilarutkan dalam air untuk mengentalkan kuahnya.
  5. Siapkan wadah saji, letakkan bola ubi yang sudah matang, dan tuangkan saus santan hangat di atasnya.
  6. Bola ubi ungu dengan saus santan hangat siap untuk dinikmati sebagai hidangan penutup.

Itulah resep bola ubi ungu dengan saus santan yang mudah dibuat di rumah. Selamat mencoba!

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya