5 Makanan dan Minuman Penyebab Vertigo, Hindari untuk Kesehatan Tubuh!

Jika kamu sering mengalami vertigo, ada baiknya memperhatikan beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat memperburuk gejalanya.

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 08 Okt 2024, 19:26 WIB
Gambar makanan pemicu vertigo/Hak cipta unsplash/Tunatura

Liputan6.com, Jakarta Vertigo adalah sensasi memusingkan yang membuatmu merasa seolah-olah ruangan di sekitarmu berputar, menciptakan pengalaman yang sangat mengganggu. Kondisi ini bisa dipicu oleh berbagai faktor, seperti masalah pada telinga bagian dalam, gangguan saraf, hingga pola makan yang kurang sehat. Jika kamu sering mengalami vertigo, ada baiknya memperhatikan beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat memperburuk gejalanya.

Sering kali, vertigo muncul akibat tubuh kekurangan cairan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan kamu mendapatkan asupan air putih yang cukup setiap hari. Selain itu, mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang dapat memicu vertigo juga sangat disarankan.

Yuk, lihat lima jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari agar terhindar dari vertigo, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (8/10/2024).


Makanan dan minuman penyebab vertigo

Gambar makanan pemicu vertigo/Kredit: pexels.com/Kaboompics

1. Hidangan kaya akan garam

Makanan yang mengandung natrium tinggi, seperti makanan olahan, makanan kalengan, dan makanan cepat saji, dapat menyebabkan dehidrasi dan memicu vertigo. Natrium dapat membuat tubuh menahan air, yang pada akhirnya dapat mengganggu aliran darah ke otak. Kondisi ini dapat memicu vertigo dan membuat Anda merasa pusing.

Untuk menghindari asupan natrium berlebih, Anda dapat memilih makanan segar dan memasaknya sendiri di rumah. Bacalah label makanan dengan seksama untuk mengetahui kandungan natriumnya.

2. Makanan berlemak dan gorengan

Makanan yang berlemak dan digoreng, seperti makanan cepat saji, makanan berminyak, dan makanan yang digoreng dengan banyak minyak, sulit dicerna oleh tubuh. Jenis makanan ini juga dapat menyebabkan dehidrasi dan memperburuk gejala vertigo.

Hindari konsumsi makanan berlemak dan gorengan secara berlebihan. Jika Anda ingin mengonsumsinya, pilih makanan yang digoreng dengan sedikit minyak dan hindari makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.


Makanan dan minuman penyebab vertigo

Gambar makanan pemicu vertigo. Sumber: pexels.com/Dominika

3. Kopi

Kafein adalah stimulan yang dapat mempercepat detak jantung dan meningkatkan tekanan darah. Efek ini dapat memicu vertigo, terutama bagi mereka yang sensitif terhadap kafein.

Disarankan untuk membatasi konsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman energi. Jika sulit untuk mengurangi asupan kafein, cobalah menguranginya secara bertahap.

4. Makanan dengan kandungan gula tinggi

Makanan dengan kandungan gula tinggi, seperti makanan manis, minuman bergula, dan makanan olahan, dapat menyebabkan lonjakan gula darah secara tiba-tiba. Kondisi ini dapat membuat Anda merasa pusing dan lemas, yang akhirnya dapat memicu vertigo.

Pilihlah makanan dengan kandungan gula rendah dan hindari makanan manis. Jika ingin mengonsumsi makanan manis, pilihlah yang mengandung gula alami, seperti buah-buahan.


Makanan dan minuman penyebab vertigo

Gambar makanan yang dapat memicu vertigo/https://unsplash.com/Kelsey Knight

5. Minuman keras

Konsumsi alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan memicu rasa pusing atau vertigo. Alkohol juga dapat mengganggu keseimbangan tubuh, sehingga membuatmu merasa tidak stabil.

Untuk mengonsumsi alkohol, sebaiknya batasi jumlahnya dan hindari meminumnya saat perut kosong. Jika mengalami vertigo, sebaiknya hindari alkohol sepenuhnya.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya