Review Buku Belajar Marketing Belajar Hidup Karya Henry Manampiring

Tahukah Anda bahwa beberapa konsep pemasaran dapat diambil dan dijadikan sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup?

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 18 Okt 2024, 20:27 WIB
Pahami Pemasaran, Pahami Kehidupan./Hak Cipta Endah

Liputan6.com, Jakarta Pembelajaran dan pengembangan diri merupakan proses yang berlangsung sepanjang hidup. Seiring bertambahnya usia, semangat seseorang untuk menjalani hidup yang lebih baik seharusnya semakin meningkat.

Ada banyak cara untuk menjalani kehidupan yang lebih baik, dan berbagai hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan pengembangan diri secara positif. Ilmu tentang kehidupan sangat luas, dengan banyak aspek yang dapat kita pelajari dan dalami terus-menerus.

Pernahkah terpikir bahwa ilmu pemasaran bisa menjadi bagian dari ilmu kehidupan? Tahukah Anda bahwa beberapa konsep pemasaran dapat diambil dan dijadikan sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup? Buku Belajar Marketing Belajar Hidup menawarkan pandangan ini.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (18/10/2024), dalam buku tersebut, kamu diajak untuk memahami sejumlah konsep dasar pemasaran serta berbagai cara untuk mengembangkan diri agar memiliki kehidupan yang lebih berarti.


Review Buku Belajar Marketing Belajar Hidup

Buku tentang Marketing dan Kehidupan oleh Endah./Hak Cipta

Judul: MEMAHAMI MARKETING, MEMAHAMI KEHIDUPAN: Strategi Marketing untuk Hidup Lebih Efektif

Penulis: Henry Manampiring

Editor: Novka Kuaranita dan Innezdhe A.M.

Desain sampul: Cindy Alif

Tata letak: Wiko Haripahargio

Ilustrasi: GhatGPT, Penulis, dan tim Penerbit Buku Kompas

Penerbit Buku Kompas

BISA KAH ILMU MARKETING MENJADI ILMU KEHIDUPAN?

Menurut Henry Manampiring, penulis buku laris Filosofi Teras dan The Alpha Girl’s Guide, jawabannya adalah ya. Setelah bekerja selama 25 tahun di bidang Marketing, Periklanan, dan Komunikasi Merek, penulis menemukan bahwa banyak prinsip Marketing yang bisa membuat kita lebih efektif dalam mencapai impian, cinta, dan bersaing dalam kehidupan. Buku Memahami Marketing, Memahami Kehidupan mungkin merupakan karya pertama yang memadukan topik Marketing dengan pengembangan diri dalam sebuah buku yang mudah dipahami oleh semua kalangan.

Berbagai konsep dasar seperti Positioning, Reach, 4P, hingga konsep modern seperti mental availability dan distinction, serta mitos-mitos tentang Kesetiaan Pelanggan dan Brand Purpose, diuraikan dengan bahasa yang sederhana dan humoris, lengkap dengan contoh penerapan yang mudah dipahami, tidak hanya oleh para brand, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini cocok untuk pelajar, mahasiswa, profesional muda yang tertarik pada dunia Marketing, praktisi Marketing yang ingin menyegarkan pengetahuannya, dan siapa saja yang ingin mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih efektif.

 


Review buku MEMAHAMI MARKETING, MEMAHAMI KEHIDUPAN: Strategi Marketing untuk Hidup Lebih Efektif

"Mungkin kamu sudah menyadari bahwa karakterlah yang sering kali menjadi penghalang dalam pendidikan, karier, dan hubunganmu. Sifat pemarah, terlalu sensitif, mudah cemas, cemburu, iri, malas, menunda pekerjaan, sering menyalahkan orang lain dan situasi untuk masalahmu, dan banyak lagi. Jika kamu sudah menyadari bahwa karaktermu bermasalah, selamat!" (hlm. 95)

"Semua kecerdasan, bakat, dan kreativitasmu tidak akan berarti tanpa tubuh yang bisa mewujudkannya." (hlm. 99)

"Penampilan bisa menjadi bentuk penghormatan. Kepada orang lain, dan kepada diri sendiri." (hlm. 104)

"Bagaimana cara membuat sesuatu mudah diingat? Ilmu saraf menemukan bahwa emosi yang kuat yang melekat pada suatu peristiwa atau komunikasi akan membuatnya lebih mudah diingat." (hlm. 146)

"Jika kita berpikir bahwa komunikasi dengan orang lain hanya terjadi saat kita berbicara, kita salah besar. Seperti halnya merek memiliki banyak pilihan media untuk berkomunikasi, begitu pula kita, sadar atau tidak sadar. Kita berkomunikasi dengan kata-kata, gestur, media sosial, dan lebih keras lagi melalui tindakan kita." (hlm. 153)

Memahami Marketing, Memahami Kehidupan, buku ini menjelaskan berbagai teori dasar marketing dan hal-hal yang berkaitan dengan dunia pemasaran. Biasanya kita langsung membayangkan tentang promosi dan periklanan saat mendengar kata marketing. Namun, ternyata banyak konsep sederhana dalam marketing yang bisa diadopsi sebagai ilmu kehidupan.

Mengenali karakter diri, misalnya, menjadi hal yang sangat penting dalam proses pertumbuhan dan pengembangan diri. Mungkin selama ini yang menghambat kesuksesan kamu adalah diri kamu sendiri. Sebelum meminta orang lain untuk menerima atau menyukaimu, ada baiknya kamu menempatkan diri dengan sebaik mungkin. Lebih baik kamu terus belajar dan mengembangkan diri ke arah yang lebih positif sebelum menyalahkan keadaan atau menuntut orang lain untuk memahami kita.

Ada juga konsep menarik dari dunia marketing yang bisa diadopsi dalam usaha mencari pasangan. Bagi yang merasa kesulitan menemukan pasangan hidup yang tepat, mungkin ini saat yang tepat untuk mulai memperbaiki beberapa aspek kehidupan dari dalam diri sendiri. Ada hal-hal yang bisa diupayakan lebih baik demi mendapatkan peluang lebih besar untuk menemukan pasangan yang tepat.

Bagi yang ingin mendapatkan pemahaman dasar tentang dunia marketing dan periklanan, buku ini bisa menjadi referensi yang menarik. Bahasa yang digunakan sangat mudah dipahami dan disertai dengan contoh-contoh praktis yang sangat mudah dimengerti. Jika kamu ingin mengetahui hal-hal dasar tentang dunia pemasaran, promosi, dan periklanan, membaca pembahasannya di buku ini bisa menjadi titik awal untuk memahami bidang ini lebih lanjut.

Bagi kamu yang selalu ingin berkembang dan belajar hal baru, buku Memahami Marketing, Memahami Kehidupan adalah pilihan yang tepat untuk menambah wawasan. Buku ini tidak hanya mengajarkan strategi pemasaran yang efektif, tetapi juga memberikan pelajaran berharga tentang kehidupan yang relevan dengan keseharian kita.

Dengan bahasa yang mudah dipahami dan penuh inspirasi, buku ini akan membimbing kita untuk lebih sukses dalam menemukan makna hidup yang lebih mendalam sekaligus belajar hal-hal dasar tentang dunia pemasaran. Segera dapatkan bukunya dan mulailah perjalanan belajar yang akan membawa perubahan positif dalam hidupmu!

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya