5 Pernyataan Ridwan Kamil saat Sampaikan Visi Misi di Debat Perdana Pilkada Jakarta 2024

Mengawali debat perdana, para pasangan calon (paslon) memaparkan visi misi maju di Pilkada Jakarta 2024. Paslon nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono pun memaparkan pertama kali visi misi keduanya.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 07 Okt 2024, 14:45 WIB
Pasangan Calon Pemilihan Kepala Daerah Jakarta atau Paslon Pilkada Jakarta 2024 nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024, Minggu (6/10/2024) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. (YouTube KPU Provinsi Jakarta)

Liputan6.com, Jakarta - Debat perdana Pemilihan Kepala Daerah Jakarta atau debat perdana Pilkada Jakarta 2024 telah berlangsung pada Minggu 6 Oktober 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Mengawali debat, para pasangan calon (paslon) memaparkan visi misi maju di Pilkada Jakarta 2024. Paslon nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono pun memaparkan pertama kali visi misi keduanya.

Ridwan Kamil mengatakan, ada enam urusan yang menjadi perhatiannnya dalam debat perdana malam ini.

"Malam ini kita akan debat soal 6 urusan, soal sumber daya manusia yang harus menghadapi persaingan global menuju Indonesia emas 2025, tentang generasi Z saya punya punya anak gen Z juga," kata Ridwan Kamil saat debat perdana Pilkada 2024 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu 6 Oktober 2024.

"Insyaallah anak-anak Gen Z yang lagi nonton, kami sebagai orang tua akan membersamai anda dalam kesulitan-kesulitan dan harapannya tentang pekerjaan," sambung dia.

Ridwan Kamil mengaku juga akan berdebat tentang perlindungan kepada perempuan, anak, dan disabilitas. Dia mengatakan, mereka harus dilindungi.

Namun sebelum memaparkan visi misi, Ridwan Kamil alias RK sempat pamer latar belakang saat memperkenalkan diri di momentum penyampaian visi dan misi dalam debat perdana pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

RK bilang, pernah menjadi arsitek di luar negeri selama 7 tahun. Selain itu, dia menyebut juga pernah menjadi penasehat untuk mantan Gubernur Sutiyoso dan Mantan Gubernur Fauzi Bowo atau Foke.

"Nama saya Muhammad Ridwan Kamil background pendidikan saya arsitek 7 tahun saya diaspora di luar negeri, mendesain tata kota dunia kemudian dipanggil pulang oleh ibunda sempat menjadi penasihat Gubernur Pak Sutiyoso dan Pak Foke," kata RK.

Berikut sederet visi misi yang disampaikan Ridwan Kamil dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024 pada Minggu 6 Oktober 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat dihimpun Tim News Liputan6.com:

 


1. Pamerkan Latar Belakang

Calon Gubernur Jakarta (Cagub Jakarta) nomor urut 1 Ridwan Kamil dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024, Minggu (6/10/2024) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. (YouTube KPU Provinsi Jakarta)

Calon Gubernur (Cagub) Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil (RK), pamer latar belakang saat memperkenalkan diri di momentum penyampaian visi dan misi dalam debat perdana pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

RK bilang, pernah menjadi arsitek di luar negeri selama 7 tahun. Selain itu, dia menyebut juga pernah menjadi penasehat untuk mantan Gubernur Sutiyoso dan Mantan Gubernur Fauzi Bowo atau Foke.

"Nama saya Muhammad Ridwan Kamil background pendidikan saya arsitek 7 tahun saya diaspora di luar negeri, mendesain tata kota dunia kemudian dipanggil pulang oleh ibunda sempat menjadi penasihat Gubernur Pak Sutiyoso dan Pak Foke," kata RK di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu 6 Oktober 2024.

Selain itu, RK menuturkan ia merupakan menjadi wali kota Bandung dan juga pernah memimpin Jawa Barat (Jabar). Tak hanya itu, RK berujar ia adalah kurator Ibu Kota Nusantara (IKN)

Lebih lanjut, RK juga memperkenalkan pasangannya Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Suswono. RK menyampaikan, Suswono adalah sosok yang pintar dan pernah diangkat Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai menteri pertanian.

"Di samping saya orang tua yang saya cintai Pak Suswono seorang pendidik, seorang pengayom, seorang pintar dan cerdas dan oleh Pak SBY dijadikan menteri pertanian," ujar RK.

RK menjelaskan, ia dan Suswono maju Pilkada Jakarta karena disatukan oleh satu cita-cita, yakni untuk membawa Jakarta baru dan maju pasca tidak lagi menyandang status ibu kota negara.

"Jakarta itu di masa depan kita ibaratkan sebagai lukisan dimana kami calon pemimpin dan anda warga di Jakarta bisa turut serta menggambar, melukis dan mewarnainya," kata RK.

 


2. Janji pada Gen Z dan Penyandang Disabilitas

Dalam segmen pertama, tiga pasangan calon gubernur-wakil gubernur diperkenankan membacakan visi-misi masing-masing. Tampak pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono sesaat sebelum menyampaikan visi misi dalam segmen pertama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ridwan Kamil memaparkan visi misinya dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024. Dia mengatakan, ada enam urusan yang menjadi perhatiannnya dalam debat malam ini.

"Malam ini kita akan debat soal 6 urusan, soal sumber daya manusia yang harus menghadapi persaingan global menuju Indonesia emas 2025, tentang generasi Z saya punya punya anak gen Z juga," kata Ridwan Kamil.

"Insyaallah anak-anak Gen Z yang lagi nonton, kami sebagai orang tua akan membersamai anda dalam kesulitan-kesulitan dan harapannya tentang pekerjaan," sambung dia.

Dia mengatakan, dia juga akan berdebat tentang perlindungan kepada perempuan, anak, dan disabilitas. Dia mengatakan, mereka harus dilindungi.

"Kemudian juga kita akan berdebat tentang transportasi publik yang harus menyeluruh harus menjangkau sehingga rasa aman nyaman saat berkendara Sebelum pulang ke rumah itulah yang akan kami harapkan," kata Ridwan Kamil.

 


3. Lestarikan Budaya Betawi dan Mau Bikin Riverway Melintasi 13 Sungai

Calon Gubernur Jakarta (Cagub Jakarta) nomor urut 1 Ridwan Kamil dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024, Minggu (6/10/2024) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. (YouTube KPU Provinsi Jakarta)

Ridwan Kamil juga menyinggung soal perlindungan kelestarian budaya. Dia mengatakan, Jakarta memang simpul dari segala budaya, tapi budaya Betawi sebagai kearifan lokal tentu akan didahulukan dengan gerakan membangun budaya Betawi.

"Kemudian ada tata kelola pemerintahan yang sifatnya harus responsif, adaptif, bukan soal pelayanan secara teknis tapi kami juga akan membangun kepercayaan dari masyarakat Jakarta kepada pemerintahan barunya," ucap dia.

Kemudian, Ridwan Kamil mengatakan punya inovasi untuk membangun riverway atau perahu yang dapat melintasi sungai-sungai di Jakarta. Hal tersebut guna mengatasi kemacetan di Jakarta.

"Mengatasi macet ada dua ideologi, ideologi memfasilitasi pergerakan MRT, LRT, Transjakarta, Busway dan lain sebagainya. Kita mungkin akan berinovasi membuat riverway atau perahu melintasi 13 sungai di Jakarta," kata RK.

Selain inovasi riverway, RK menyebut juga berencana melakukan perluasan flyover yang ada di Jakarta. Tak hanya itu, RK juga ingin membangun pusat perekonomian di wilayah lain Jakarta selain Jakarta Pusat.

"Sehingga orang Selatan tinggalnya di Selatan tidak usah ke Pusat. Tinggal di Selatan kerja di Selatan, nge-mal di Selatan. Orang di barat tinggal di Barat kerja di Barat," ucap dia.

Lebih jauh, RK menyampaikan cara itu dimaksudkan mengurangi pergerakan warga ke satu wilayah administrasi Jakarta.

Dia berpandangan bahwa cara semacam itu bakal efektif mengurangi kemacetan. Pasalnya, ujar dia, kemacetan di Jakarta disebabkan oleh pergerakan warga yang berkegiatan satu arah menuju pusat Jakarta.

 


4. Sekolah Gratis dan Janjikan Dana RW Rp1 Miliar

Calon Gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil pada Pemilihan Kepala Daerah Jakarta atau Pilkada Jakarta 2024 saat memaparkan visi dan misi dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024, Minggu (6/10/2024) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. (YouTube KPU Provinsi Jakarta)

Ridwan Kamil menyampaikan, bahwa pihaknya memiliki program sekolah gratis. Menurutnya, program ini sangat penting untuk menghadapi persaingan global menuju Indonesia Emas 2045.

"Tentang gen Z kami sebagai orang tua akan membersamai anda dalam kesulitan-kesulitan dan harapannya tentang pekerjaan dan ekspreai budaya," kata Ridwan Kamil.

Selain itu, paslon Cagub dan Cawagub ini dalam bahan paparannya menyampaikan akan memberikan dana RW sebesar Rp 1 miliar dalam 5 tahun.

Selanjutnya, pihaknya juga akan menyediakan transportasi publik yang lebih terintegrasi dan terjangkau bagi warga Jakarta.

"Kita akan berdebat soal transportasi publik yang harus menyeluruh dan menjangkau sehingga rasa aman, nyaman sebelum pulang ke rumah itulah yang akan kami harapkan," ujarnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga berjanji akan meningkatkan perlindungan dan pelestarian budaya Jakarta. Lantaran, kata Ridean, Jakarta merupakan simpul dari berbagai budaya.

 


5. Marak Gen Z Kena PHK, Janji Beri Dana Kekuatan Sosial hingga Gratiskan Minum Kopi

Calon Gubernur Jakarta (Cagub Jakarta) nomor urut 1 Ridwan Kamil dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024, Minggu (6/10/2024) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. (YouTube KPU Provinsi Jakarta)

Ridwan Kamil alias RK menawarkan sejumlah program kepada Generasi Z atau Gen Z yang belakangan marak kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di Jakarta. Salah satunya, memberikan dana kekuatan sosial selama 3 bulan.

"Secara teknis kalau mereka kena PHK, pasangan RIDO akan bikin program memberikan dana kekuatan sosial selama 3 bulan sebelum mereka bisa melamar kerja lagi," kata RK.

Menurut RK, besaran angkanya bakal dihitung sesuai dengan kebutuhan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta. "Itulah negara hadir kepada adik-adik Gen Z di rumah kena PHK," ujar dia.

Tak hanya itu, dia sepakat dengan gagasan work from anywhere. Hanya saja, ia dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Suswono berencana untuk memperbanyak co-working bagi Gen Z hingga menggratiskan kopi.

"Bedanya Insyaallah pasangan RIDO akan memperbanyak co working-co working yang gratis buat Gen Z di Jakarta termasuk minum kopinya, karena Gen Z ini konsumsi kopinya besar sekali dan mahal. Nanti kita kasih gratis kopinya," jelas RK.

Lebih jauh, RK mengajak Gen Z untuk fokus mengembangkan ekonomi baru di Jakarta. Khususnya, kata dia ekonomi digital yang tidak mengharuskan bekerja dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

"Mari fokus kekuatan ekonomi baru yaitu ekonomi digital, ekonomi kreatif yang akan berbeda dengan ekonomi orang tuanya yang sifatnya 9 to 5, bisa di mana saja, kapan saja, gitu dari pasangan RIDO," pungkas Ridwan Kamil.

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya