Tyson Fury Ngebet Betul Ingin Lawan Anthony Joshua

Mantan pemegang sabuk WBC kelas berat, Tyson Fury katakan ia dan Anthony Joshua (AJ) harus bertanding di atas ring. Hal ini ia sampaikan lantaran Fury dan AJ merupakan rival sejak lama.

oleh Michael Ludovico Palma De Manggut diperbarui 08 Okt 2024, 14:00 WIB
Tyson Fury. (Fayez NURELDINE / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Mantan pemegang sabuk WBC kelas berat, Tyson Fury mengatakan dirinya dan Anthony Joshua (AJ) harus bertanding di atas ring. Hal ini ia sampaikan lantaran Fury dan AJ merupakan rival sejak lama.

Melansir Boxing247, petinju berjulukan “Gypsy King” ini mengatakan hal tersebut harus terjadi. Fury merasa ia dan AJ tersebut harus terjadi untuk memberikan tontonan menarik kepada para penggemar tinju di Inggris.

“Kami (Fury dan AJ) harus bertarung untuk fans di negara ini (Inggris),” tutur petinju 36 tahun tersebut.

Kemudian, Fury pun menutururkan ia sama sekali tidak peduli dengan rekor kekalahan AJ. Fury hanya ingin bertarung dengan petinju sesama Inggris tersebut.

“Tidak masalah apabila ia (AJ) kalah satu pertarungan atau bahkan 21 pertarungan. Ia sama sekali tidak akan bisa kabur dari ‘The Gypsy King’,” lanjutnya.


Tyson Fury: Ia (AJ) Harus Melawanku Meskipun Sering Kalah

Petinju Inggris Tyson Fury berselebrasi setelah mengalahkan Dillian Whyte juga asal Inggris untuk memenangkan pertarungan gelar kelas berat WBC di Stadion Wembley, London, Minggu (24/4/2022) dini hari WIB. (Nick Potts/PA via AP)

Fury terlihat begitu ingin melawan AJ karena ingin mewujudkan “The Battle of Britain”. Saking ingin hal tersebut terjadi, ia bahkan menyatakan secara terang-terangan ia sama sekali tidak peduli apabila AJ sudah tua atau tidak pernah menang lagi.

“Ia harus melawanku. Tidak peduli jika umurnya 49, 42, 55, atau 65 tahun, kita akan bertinju. Aku tidak peduli juga apabila ia sama sekali tidak pernah menang untuk 20 tahun ke depan. Ini untuk semua fans tinju di Inggris,” katanya.

Pertarungan kedua petarung Inggris ini juga tidak dapat terjadi begitu saja. Saat ini, Fury dikabarkan sedang mempersiapkan diri untuk pertandingan ulang melawan petinju kelas berat asal Ukraina, yakni Oleksandr Usyk. 

Pertandingan ulang antara Fury dan Usyk akan berlangsung pada 21 Desember mendatang di Kingdom Arena, Riyadh, Arab Saudi. Sebelumnya, Fury kalah dari Usyk dengan split decision.


AJ Sedang Beristirahat Lantaran Baru Saja Kalah Dari Dubois

Petinju Anthony Joshua merayakan kemenangannya atas Andy Ruiz Jr dalam kejuaraan tinju kelas berat dunia di Diriyah Arena, Riyadh, Arab Saudi, Minggu (8/12/2019). Anthony Joshua menang angka mutlak atas Andy Ruiz Jr. (Nick Potts/PA via AP)

Berkaitan dengan pertarungan antara Fury melawan AJ, hal ini juga tidak dapat terjadi lantaran Joshua sedang beristirahat. Usai kalah melalui KO dari Daniel Dubois, petinju 34 tahun tersebut diberikan larangan bertanding oleh British Boxing Board of Control (BBBofC).

Merujuk pada aturan BBBofC, AjJdiminta untuk tidak bertarung di atas ring tinju dalam jangka waktu 28 hingga 45 hari. 

Ketika sudah melewati periode waktu yang telah ditentukan, ia juga tidak dapat langsung tanding begitu saja. Harus ada izin dari dokter yang telah ditunjuk BBBofC sebelum bisa benar-benar kembali ke atas ring.

Sejumlah kabar mengatakan bahwa AJ akan tanding ulang melawan Dubois setelah vakum sekian waktu. Hanya saja, apabila pertandingan ulang tersebut terjadi dan AJ kalah, ia bisa saja pensiun dari tinju.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya