Erik ten Hag di Ujung Tanduk, Manchester United Kembali Lirik Incaran Lama dari Jerman

Manchester United kembali melirik pelatih yang pernah mereka minati musim panas lalu, Thomas Tuchel. Hal itu menyusul situasi Erik ten Hag yang berada di bawah tekanan usai mencatatkan serangkaian hasil kurang memuaskan bersama MU di awal musim 2024/2025.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 08 Okt 2024, 09:00 WIB
Pelatih Manchester United Erik ten Hag kembali gagal mempersembahkan kemenangan buat Setan Merah saat bertandang ke markas Aston Villa pada Minggu (6/10/2024). (AP Photo/Rui Vieira)

Liputan6.com, Jakarta- Manchester United kabarnya kembali melirik pelatih asal Jerman Thomas Tuchel untuk menjadi kandidat suksesor Erik ten Hag apabila dia dipecat dari Old Trafford.

Eks juru taktik Chelsea sebelumnya juga pernah masuk dalam daftar calon manajer baru MU musim panas kemarin, sebelum Ten Hag lolos dari ancaman pengusiran menyusul keberhasilan dia mengantar Setan Merah keluar sebagai juara Piala FA 2023/2024.

Adapun Ten Hag sendiri saat ini memang kembali berada di bawah tekanan usai mencatatkan serangkaian hasil buruk pada awal kapanye 2024/2025. MU di bawah racikannya terlempar ke urutan 14 klasemen sementara Liga Inggris lantaran baru mengoleksi 8 poin dari 7 pertandingan.

Teranyar, Setan Merah hanya bisa mendulang satu angka ketika bertamu ke markas Aston Villa, Minggu (6/10/2024). Bruno Fernandes dan kawan-kawan dipaksa bermain imbang tanpa gol, sehingga membuat kursi Erik ten Hag Hag makin panas jelang jeda internasional.

Sejumlah laporan memang sempat mengindikasikan ada kemungkinan masa depan pelatih Belanda bakal ditentukan lewat dua laga terakhir sebelum "libur" klub pertengahan bulan ini. Sang juru taktik bisa lolos untuk kedua kalinya dari potensi pemecatan, andai dia mampu mempersembahkan kebangkitan buat MU.

Sayangnya dalam dua pertandingan tersebut, Setan Merah selalu gagal menang. Anak-anak asuh Ten Hag mencatatkan hasil seri 3-3 saat menantang tim Portugal di Liga Europa, sebelum dipaksa berbagi poin oleh Aston Villa di Liga Inggris.


MU Siapkan Kandidat Pengganti

Pelatih Bayern Munchen, Thomas Tuchel pada laga leg pertama 16 besar Liga Champions 2023/2024 melawan Lazio di Olympic Stadium, Roma, Italia, Kamis (15/02/2024) WIB. (AFP/Alberto Pizzoli)

Buntut dari situasi tersebut, laporan Manchester Evening News yang dinukil dari The Sun mengeklaim bos INEOS Sir Jim Ratcliffe kini mulai menyaring suksesor potensial untuk menggantikan Erik ten Hag.

Eks manajer Chelsea dan Bayer Munchen, Thomas Tuchel, muncul sebagai salah satu target prioritas. Kebetulan, pria asa Jemran sedang menganggur sejak dia cabut dari klub raksasa Bundesliga pada Juni lalu.

Dia juga berpengalaman mengarungi persaingan Liga Inggris sebab pernah menghabiskan waktu 20 bulan untuk menukangi The Blues.


Tuchel Ogah Tangani MU?

Thomas Tuchel dipecat dari Chelsea pada awal musim 2022/2023. Performa buruk The Blues menjadi alasannya. Posisinya kini digantikan oleh Graham Potter yang pada akhir-akhir ini juga sering menuai hasil buruk bersama Chelsea. Selama 1,5 tahun di Stamford Bridge, Tuchel berhasil membawa pulang berbagai gelar bergengsi, termasuk gelar juara Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub. Pria 49 tahun itu saat ini sedang tak menukangi klub manapun per Januari 2023. Namun, Tuchel sepertinya tak akan kesulitan mencari pelabuhan baru dalam waktu dekat. (AFP/Denis Lovrovic)

Hanya saja yang jadi persoalan, Thomas Tuchel mungkin ogah menangani Manchester United. The Sun menyebut, pria asal Jerman pernah mengatakan kepada Sir Jim Ratcliffe bahwa dia tidak menginginkan pekerjaan di Old Trafford.

Kala itu, Tuchel yang juga masuk dalam daftar pelatih incaran Setan Merah pada musim panas mengaku dirinya ingin menjauh sejenak dari dunia kepelatihan. Namun, belum diketahui apakah sikapnya sudah berubah di awal musim ini.


Posisi MU di Liga Inggris 2024/2025

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya