6 Fakta Menarik Gunung Kuta, Objek Wisata Favorit Trekking di Sentul Bogor

Gunung Kuta terbilang pendek, puncaknya hanya memiliki ketinggian Gunung Kuta 1050 mdpl. Namun level pendakian ke lokasi ini terbilang menengah.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 08 Okt 2024, 08:30 WIB
Pendaki Gunung Kuta di Bogor. (Dok: IG @_nrhlzh25 https://www.instagram.com/p/C_WsM0CytAa/?igsh=bWt1dnk1aDdkbDl0)

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Kuta adalah sakah satu rute trekking di kawasan Sentul Bogor. Gunung ini terbilang pendek, puncak Gunung Kuta memiliki ketinggian Gunung Kuta 1050 mdpl. 

Mengutip dari laman Jwest Adventure, Senin, 7 Oktober 2024, gunung ini cocok untuk pendaki dengan level kesulitan pendakian menengah dan tinggi. Jarak rute pendakian yang akan ditempuh sekitar 7 km dari pintu masuknya.

Masih banyak hal mengenai Gunung Kuta selain lokasi maupun ketinggiannya. Berikut enam fakta menarik Gunung Kuta yang dirangkum Tim Lifestyle Liputan6.com dari berbagai sumber.

1. Titik Awal Pendakian

Dengan jarak sekitar 7 Km dari titik awal pendakian yaitu pintu masuk Curug Mariuk atau  9-10 Km dari Rest Area Kampung Loji. Setelah melewati pintu gerbang pendakian Gunung Kuta, anda akan melewati lintasan yang cukup menanjak menuju ke Puncak Kuta. 

Pendakian ke Gunung Kuta memiliki tiga pos, sangat cocok bagi para pendaki kangen naik gunung karena tak perlu waktu berhari-hari mendaki. Anda juga tak perlu berkemah, jadi pergi ke sini bisa dilakukan dalam waktu singkat di akhir pekan.

2. Asal-usul Nama Gunung Kuta

Gunung ini baru dibuka pada 2019 lalu dan tempat ini ramai saat akhir pekan, terutama oleh pendaki asal Jakarta yang ingin merasakan hawa pegunungan. Sementara itu gunung ini dinamakan Gunung Kuta, sebab puncak gunung tersebut merupakan batu. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kuta juga berarti tempat berlindung.  


3. Vegetasi Alam Terbuka

Lanscape Gunung Kuta di Sentul Bogor. (Dok: IG @romadonina.id https://www.instagram.com/p/C_WsM0CytAa/?igsh=bWt1dnk1aDdkbDl0)

Pendaki juga dapat trekking hingga malam hari, sebab jalur yang dilalui tidak rumit. Jalurnya melintasi vegetasi yang terbuka, sinar matahari bisa sangat terik, terutama bila mendaki di siang hari.

Oleh karena itu, sebaiknya mulai pendakian di pagi atau menjelang sore. Di sepanjang perjalanan, Anda dapat melihat hamparan perkebunan dan persawahan warga, selain hijaunya perbukitan. Dari total tiga pos pendakian, estimasi waktu pendakian dari basecamp menuju puncak sekitar satu jam.

4. Melewati Bukit Wanapa 

Sebelum tiba di puncak Gunung Kuta, pendaki akan melewati Bukit Wanapa. Di atas bukit ini, anda dapat menikmati hamparan pemandangan yang indah.

Setelah melewati Bukit Wanapa, anda akan tiba di puncak Gunung Kuta. Pemandangan di sini tidak kalah indahnya dengan pemandangan di Bukit Wanapa. Selama Anda berhati-hati, bermain dan beristirahat di puncak Gunung Kuta relatif aman buat anda. 


5. Bisa Sekalian ke Curug Mariuk

Pendaki Gunung Kuta di Sentul Bogor. (Dok: IG @staisyhh20 https://www.instagram.com/p/C_cTRPIp2y4/?igsh=MWZuN3FiZmZ2bmpmaw%3D%3D)

Jangan lewatkan untuk pergi ke Curug Mariuk, Anda harus kembali ke jalur yang pernah dilewati sebelumnya (Pos-2). Setelah melewati Pos-2, anda akan menemukan jalan akses turun menuju ke Curug Mariuk.

Curug Mariuk dan Curug Romantis adalah satu primadona wisata disentul yang harus anda kunjungi. Jurang disebelah sisinya dengan jalan yang penuh bebatuan melalui beberapa tanjakan yang menantang juga dikelilingi pepohonan tinggi yang akan memayungi anda sepanjang jalan.

Berbeda dengan perjalan sebelumnya, perjalanan dari Gunung Kuta ke Curuig Mariuk merupakan perjalanan yang mudah. Pendaki akan melalui Lapangan Gunung Kuta, Perkebunan Bambu, Bukit Rumah Pohon, Lereng Gunung Kuta, Perkebunan Kopi, Curug Romantis, Curug Mariug, Perkebunan Singkong, dan berakhir di parkiran.  

Di kedua curug ini pendaki bisa menyeburkan diri maupun hanya berfoto dengan latar air terjunnya dan merasakan sejuknya hawa pegunungan. Namun tetap berhati-hatilah terhadap batu yang licin.

 

 


6. Harga Tiket Masuk dan Biaya Parkir

Para pendaki di Gunung Kuta Sentul Bogor. (Dok: IG @kokoanang_ https://www.instagram.com/p/C_cTRPIp2y4/?igsh=MWZuN3FiZmZ2bmpmaw%3D%3D)

Mengutip dari laman blog Get Lost, Senin, 7 Oktober 2024, untuk menikmati keindahan alam Gunung Kuta, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp20 ribu per orang. Sementara itu, biaya parkirnya hanya Rp5 ribu untuk motor dan Rp10 ribu untuk mobil.

Dengan biaya yang terjangkau ini, Anda sudah bisa mendapatkan pengalaman mendaki yang luar biasa dan menikmati alam Bogor yang masih hijau. Banyak jasa tur yang menawarkan pendaki sebagai operator, Anda juga bisa memesan paket tur melalui platform online seperti Traveloka atau Tiket.com. 

Dengan akses yang mudah, jalur pendakian yang ramah untuk pemula, dan kesempatan untuk berkemah di alam terbuka, Gunung Kuta Bogor menjadi pilihan yang sempurna bagi semua kalangan. Jadi, kalau mencari petualangan alam yang dekat dengan Jakarta, pertimbangkan Gunung Kuta Bogor sebagai tujuan petualangan berikutnya, sekalian Anda menjelajahi wisata sekitarnya seperti curug maupun melihat pemandangan sawah dan perkebunan kopi.

Infografis Riwayat Letusan Gunung Semeru. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya